Cara Pasang Relay Klakson

Oleh: /

Halo sahabat otomotif di seluruh Indonesia, kali ini mamangbengkel akan membahas tentang bagaimana cara pasang relay klakson pada motor yang baik dan benar.

Adakah yang mengerti bagaimana cara memasang relay nya? Mungkin ada sebagian dari kamu yang belum paham seperti apa cara pemasangan nya.

Maka dari itu, simak ulasan berikut ini supaya sahabat otomotif bisa memahami bagaimana cara pasang relay klakson pada sepeda motor.

Sebelum masuk kedalam poin utama pembahasan, alangkah baiknya kamu mengenal terlebih dulu tentang..

Baca Juga Artikel Lainnya :

Pengertian Relay Klakson

cara pasang relay klakson
pengertian relay klakson

Klakson adalah salah satu bagian yang ada di dalam semua jenis kendaraan, baik motor atau pun mobil sekaligus. Nah relay klakson ini dapat mengeluarkan suara apabila diperlukan.

Apakah kamu mengetahui bahwa klakson ini terbagi menjadi dua jenis? Tidak! Maka dari itu, simak terus tulisan di bawah ini agar mengetahui bahwa klakson mempunyai dua jenis yang berbeda cara kerjanya.

Jenis klakson yang pertama adalah:

  1. Electric Horn merupakan bagian yang bisa mengeluarkan suara ketika adanya arus listrik yang mengalir. Cara kerja dari bagian ini ialah dengan menggerakkan baja spiral dikarenakan adanya daya ‘Elektromagnet’. Ketika baja spiral bergerak hingga titik maksimum, maka arus listrik akan hilang dan kemudian posisi dari baja spiral tersebut akan kembali ke seperti awal. Lalu baja tersebut akan kembali bergerak ketika arus listrik sudah mengalir kembali. Nah perlu kamu ketahui, nantinya gerakan seperti ini akan menyebabkan osilasi dan pada akhirnya akan menghasilkan suara yang sangat khas.
  2. Air Horn akan bekerja ketika adanya tekanan angin yang masuk sehingga menghasilkan sebuah energi. Cara kerjanya sama seperti terompet, yang mana angin atau udara tersebut akan masuk dan mengaliri pita suara sehingga bisa menghasilkan bunyi. Keunikan dari Air Horn ini adalah dapat mengatur bunyi yang dihasilkan dengan cara mengatur panjang dari selubung terompet tersebut. Sebenarnya kejadian ini sempat tenar beberapa tahun lalu, yaitu pada waktu itu bus-bus menggunakan klakson yang berbunyi ‘Telolet’.

Sebagai pengendara mungkin akan merasa bosan ketika kendaraan yang kita miliki hanya menggunakan klakson dengan jenis standar (Original).

Nah, bagi kamu yang ingin melakukan modifikasi terhadap klakson pun bisa, dengan catatan harus membeli komponen tambahan seperti:

  • Fiam
  • Hella
  • Bosch
  • Wolo
  • Hadley
  • Piaa
  • Fer
  • Relay

Baca juga: Cara Kerja Relay

Tujuan Memasang Relay

cara pasang relay klakson
tujuan memasang relay

Memasang relay pada bagian kelistrikan kendaraan biasanya akan dipasang dibagian komponen listrik yang membutuhkan arus sangat besar. Misal salah satunya seperti Klakson.

Nah, dengan memasang relay terhadap sistem kelistrikan kendaraan, hal tersebut tentu saja akan memberikan banyak manfaat dan juga keuntungan yang dapat kamu dapat. Misal seperti ini:

Memperpanjang Usia Saklar

Dengan menggunakan relay terhadap sistem kelistrikan yang memang sangat membutuhkan arus listrik bertegangan besar, maka arus listrik tersebut tidak akan melewati saklar lagi seperti biasa.

Nah fungsi saklar ini hanya sebagai generator induksi magnet yang ada di dalam relay, sementara untuk arus listriknya sendiri akan langsung dialirkan ke salah satu bagian, misal seperti lampu.

Dengan seperti itu, maka ketika kita tengah menyalakan sistem kelistrikan tidak akan terjadi bunga api yang sangat besar karena sudah diminimalisirkan agar percikan bunga api itu kecil.

Bahkan, pecikan-percikan bunga api ini akan hilang (tidak ada percikan bunga api lagi di dalam saklar).

Maka dari itu saklar pun tidak akan mengalami kerusakan.

Mengurangi Hambatan Arus Listrik

Selain dari memperpanjang usia saklar, tujuan pemasangan relay ini pun untuk mengurangi hambatan aliran pada arus listrik yang mengalir.

Kenapa? Pasalnya dengan memasang relay pada sistem kelistrikan bisa membuat tenaga dari baterai bisa langsung diterima oleh beberapa komponen yang menggunakan listrik.

Misal seperti:

  • Klakson
  • Lampu dan lain sebagainya

Penerimaan tenaga dari baterai untuk beberapa komponen pun akan diterima secara langsung, jadi tidak akan melalui saklar lagi.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa penambahan relay ini bisa memperpendek sirkuit rangkaian sehingga arus listrik yang mengalir pun tidak akan melemah.

Maka dari itu lampu akan menyala semakin terang, kemudian suara pada klakson pun akan terdengar lebih keras dan nyaring.

Pengaman Seluruh Komponen Kelistrikan

Sama seperti sikring, relay yang diaplikasikan terhadap sistem komponen kelistrikan mempunyai fungsi sebagai pengaman sirkuit listrik dari arus pendek.

Jadi jika kendaraan yang kamu miliki belum dipasang relay pada bagian klakson, alangkah baiknya pasangkay relay tersebut pada rangkaian klakson.

Jika sudah dipasang, kamu bisa merasakan apa perbedaan sesudah dan sebelum memasang relay.

Lantas bagaimana cara pasang relay klakson pada motor atau kendaraan lainnya? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Pasang Relay Klakson

cara pasang relay klakson
cara pasang relay klakson

Sebelum mengetahui bagaimana cara pasang relay klakson, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dulu mengenai apa saja jenis komponen yang harus ada.

Pertama-tama kamu harus menyiapkan ini terlebih dulu:

Jenis Komponen Relay

cara pasang relay klakson
komponen relay klakson
  1. Ring terminal 10 mm.
  2. Terminal konektor relay dengan merek Bosch.
  3. Socket relay yang merek nya Bosch.
  4. Kabel dengan ukuran tebalnya sebesar 5mm.
  5. Relay dengan merek Bosch berjumlah 4 kaki, dan tipe nya 0 332 019 453.
  6. Fuse box dan terminal konektor disesuaikan dengan beban arus yang ditampung oleh motor yang kamu miliki.

Setelah semua komponen relay itu terkumpul, maka langkah selanjutnya ialah memasang relay tersebut.

Cara Memasangnya

cara pasang relay klakson
cara pasang relay klakson

Perlu kamu ketahui, relay ini mengandalkan dua tegangan sistem, yaitu negatif dan positif. Sementara, untuk sistem negatif ini biasanya menggunakan dua kabel.

Sedangkan untuk sistem positifnya menggunakan satu kabel yang disambung kan kebagian saklar kontrol dan body motor.

Bagaimana cara pasang nya? Caranya pun cukup mudah untuk dipraktekkan ko, berikut cara pasang relay klakson yang bisa kamu pahami.

Pertama System Negatif

  1. Langkah pertama memasang kabel bagian ujung relay yang bernomor 30 diarahkan ke bagian positif aki (Wajib menggunakan kabel yang tebal dikarenakan langsung dari aki motor).
  2. Langkah kedua memasang kabel bagian ujung relay yang bernomor 87 diarahkan ke bagian positif klakson (Penggunaan kabel nya bisa menggunakan yang tebal atau pun yang sedang).
  3. Langkah ketiga memasang kabel pada bagian ujung relay dengan nomor 85 yang diarahkan ke bagian kabel klakson (A).
  4. Langkah keempat memasang kabel pada bagian ujung relay bernomor 86 yang diarahkan langsung ke bagian kabel klakson (B).
  5. Langkah kelima memasang ujung kabel relay pada nomer 85 dan 86 yang polaritas nya bisa di bolak balik.

Catatan:

Dikarenakan masing-masing dari relay klakson ini mempunyai perbedaan, agar tidak terjadinya kesalahan dalam pemasangannya, kamu harus benar-benar memperhatikan nomer pada kaki relay tersebut.


Sekian ulasan tentang Cara Pasang Relay Klakson pada motor, Jenis Komponen Relay, Tujuan dari Memasang Relay dan Pengertian Relay Klakson.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi semua sahabat otomotif yang membaca, di sisi lain mudah-mudahan penjelasan di atas bisa dipahami oleh teman-teman semua sehingga bisa pasang relay klakson sendiri.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar