Cara Mengganti Oli Motor

Sebelum masuk kedalam topik utama, saya akan bertanya terlebih dahulu kepada teman-teman apakah diantara kalian semua ada yang mengerti bagaimana cara mengganti oli motor yang baik dan benar?

Walaupun bisa dikatakan cukup mudah, tapi saya yakin ada beberapa diantara kamu yang belum mengetehaui bagaimana cara mengganti motor yang baik dan benar.

Maka dari itu, di sini mamangbengkel ingin sedikit berbagi informasi seputar Cara Ganti Oli Motor yang benar, dan apa saja yang harus kamu lakukan sebelum mengganti oli motor tersebut.

Baca Juga:

Ingin tau seperti apa? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cara Ganti Oli Motor

Car Mengganti Oli Motor
Cara Mengganti Oli Motor

Apa itu oli? Oli merupakan salah satu bagian yang memiliki peranan penting untuk kekuatan mesin pada kendaraan, mau itu motor atau mobil. Karena oli bekerja sebagai pelindung dari kerontokan mesin.

Untuk penggantian oli mesin sendiri memiliki jarak waktu yang tak sama, misal seperti mengganti oli untuk mobil itu harus dilakukan setiap mencapai 10.000 km perjalanan, untuk penggantian oli pada motor sendiri jaraknya cukup rentan, yaitu 3.000 km ( 1 – 2 bulan).

Perlu kita ketahui juga fungsi dari oli ini untuk meminimalisir gesekan-gesekan antar komponen mesin seperti piston, ring piston dan juga blok mesin yang terbuat dari bahan logam.

Selain itu, keunggulan dari oli juga bisa membersihkan serpihan logam yang disebabkan dari putaran mesin sendiri.

Sebenarnya bukan hanya membersihkan kotoran-kotoran didalam mesin saja yang disebabkan dari putaran seher itu sendiri, namun bisa melindungi mesin supaya bisa tetap stabil dari gejala kepanasan yang nantinya akan membuat over head.

Maka dari itu untuk kalian yang memiliki kendaraan harus benar-benar memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli, karena memiliki mesin yang kuat dan juga awet tergantung bagaimana kita merawat motor dengan cara mengganti oli rutin sesuai dengan waktunya.

Tentu saja kalian sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengganti oli motor yang baik itu, namun saya yakin bahwa diantara kalian ada saja yang belum mengetahui tentang bagaimana cara mengganti oli motor.

Jangan cuma hanya mengendarai nya saja, tapi merawatnya pun teman-teman harus bisa. Maka dari itu, lewat artikel ini saya akan memberikan sedikit ilmu tentang cara mengganti oli motor yang baik dan benar.

Berikut ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengganti oli motor. Diantaranya ialah.

Siapkan Oli Mesin

cara mengganti oli motor
motorplus-online.com

Pertama-tama dan paling utama sebelum mengganti oli itu ialah menyiapkan oli yang hendak kita gunakan untuk mesin motor. Pilih merek oli yang sesuai dengan kondisi motor, apabila motor anda motor matic, maka gunakanlah oli matic.

Namun, jikalau motor kalian motor bebek atau kopling, kalian bisa menggunakan oli khusus 4 tak. Apa saja merek oli yang bisa terbilang sangat rekomendasi untuk kita pakai? Banyak! untuk merek oli sendiri teman-teman bisa menggunakan beberapa merek ternama.

Misal seperti:

  1. Enduro Racing (4 tak)
  2. Enduro Racing (matic)
  3. AHM Oil
  4. Yamaha Lube
  5. Shell Advance
  6. Motul
  7. Federal

Itulah beberapa merek oli ternama yang bisa kalian gunakan untuk perawatan mesin motor. Masing-masing dari merek oli tersebut bisa kalian dapati di bengkel-bengkel terdekat di tempat kalian tinggal.

Kuras Oli Mesin

cara mengganti oli motor
gridoto.com

Langkah kedua yang perlu kalian lakukan yaitu membuang cairan oli yang masih ada didalam mesin. Buka baud pada bagian pembuangan mesin dengan menggunakan kunci ring pas, lalu biarkan oli tersebut keluar dengan sendirinya.

Tunggu sebentar sampai oli itu benar-benar keluar semua, kemudian cek kembali apakah masih terdapat oli didalam mesin motor apakah tidak, jikalau kalian mendapati masih ada cairan oli yang tersisa, maka semprot lah dengan angin kompresor blok mesin dibagian kanan yang ada lubang untuk memasukkan oli pada mesin.

Masukan Oli Motor

cara mengganti oli motor
carmudi.co.id

Langkah ketiga ialah membuka oli yang sudah kalian beli untuk di masukan kedalam mesin motor, masukan oli tersebut kedalam mesin dengan cara menggunakan alat bantu seperti corong agar cairan oli tidak tumpah berceceran kemana-mana.

Setelah semua oli sudah ditumpahkan dari tempatnya kedalam mesin, maka tugas kalian menutup kembali lubang oli dengan menggunakan baud atau tutup oli yang telah disediakan oleh perusahaan motor tersebut.

Hidupkan Mesin Motor

cara mengganti oli motor
liputan6.com

Setelah selesai menuangkan oli kedalam mesin motor, kalian bisa langsung menyalakan mesin untuk dipanaskan beberapa menit agar si mesin itu bisa bekerja seperti biasa dan juga menyerap dengan oli yang baru saja kalian tuangkan.

Perlu kalian perhatikan sebelum menghidupkan kembali mesin motor yang baru saja diganti, lakukan lah beberapa kali menyelah motor guna untuk menyerap oli yang baru saja kalian ganti. Setelah itu, kalian boleh langsung menghidupkan dan diamkan beberapa menit saja.

Setelah mesin motor terasa panas, kalian boleh coba untuk menjalankan motor itu agar oli yang baru kalian tuangkan semakin meresap kepada seluruh bagian mesin.

Jikalau teman-teman bersedia mengorbankan sedikit waktunya untuk menonton video dibawah ini, silahkan teman-teman bisa langsung melihat video tentang cara mengganti oli motor yang telah kami sajikan dibawah ini. Jangan dulu kemana-mana ya 🙂

Video Cara Mengganti Oli Motor

Itulah video cara mengganti oli motor yang telah kami sajikan untuk kalian semua. Semoga dengan adanya video ini bisa mempermudah proses teman-teman untuk mengganti oli tanpa harus membawa ke bengkel.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini tentang cara mengganti oli motor yang baik dan benar. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang membacanya, apabila terdapat kesalahan dalam segi penyampaiannya mohon diberi maaf.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like