Cara Menyetel Langsam Injeksi

Halo sahabat otomotif di seluruh Indonesia, kali ini mamangbengkel akan mengulas Cara Menyetel Langsam Injeksi. Motor yang mengusung teknologi injeksi bisa dikatakan banyak disenangi oleh para pengguna motor.

Namun, tidak selamanya bahwa motor injeksi ini akan aman-aman saja ketika digunakan. Karena ada masanya teknologi pada injeksi tersebut akan mendapati masalah dibagian langsamnya. Diantara kamu semua apakah ada yang mengetahui apa itu langsam?

Saya yakin sebagian dari sahabat otomotif ada yang belum tau mengenai apa itu langsam, maka dari itu saya buat artikel seperti ini agar bisa membantu kamu semua dalam mendapatkan informasi tentang bagaimana Cara Menyetel Langsam Injeksi dan apa itu langsam.

Pertama-tama saya akan membahas tentang…

Baca Juga:

Apa itu Langsam?

Cara Menyetel Langsam Injeksi
moladin.com

Langsam adalah putaran mesin dalam kondisi rendah yang dibolehkan ketika gas dibiarkan (tidak membuka gas).

Dari masing-masing jenis motor mempunyai putaran mesin yang berbeda. Misal seperti motor bebek, pada motor jenis bebek biasanya hanya 1.200 s/d 1.500 RPM.

Berbeda dengan motor sport yang hitungannya bisa mencapai 1.500 s/d 1.700 RPM. Sementara untuk motor matic bisa mencapai 1.500 s/d 2.000 RPM. Untuk mengukur putaran mesin tersebut kamu bisa menggunakan alat ukur seperti Tachometer.

Biasanya sistem teknologi Injeksi ini tidak akan selamanya mulus, ada masanya dimana langsam dari Injeksi tersebut bermasalah. Misal seperti motor yang kamu miliki mudah mati, performa pada mesin akan menurun, tingkat kerja oli menjadi tidak maksimal.

Jika motor mengalami gejala seperti itu, maka kamu harus menindak lanjuti dengan memeriksanya. Kenapa? Karena terjadinya hal tersebut bisa disebabkan setelan langsam pada sistem injeksi ada yang berubah yang berdampak buruk kesemua komponen motor.

Keadaan yang tidak beres dapat dipastikan dari posisi langsam yang posisinya terlalu rendah dan tinggi. Apabila setelan langsam terlalu rendah, maka motor tersebut bisa kehilangan performa pada bagian mesin, dan juga akan cepat mudah mati.

Sedangkan setelan langsam terlalu tinggi bisa membuat asupan bahan bakar motor akan boros.

Sebenarnya banyak faktor apabila terjadi ketidak beresan dalam setelan langsam pada motor, baik itu karburator atau pun injeksi.

Berikut ulasan mengenai penyebab setelan langsam motor tidak beres.

Faktor Injeksi Tidak Mau Langsam

Cara Menyetel Langsam Injeksi
Republika.co.id

Jika kamu mempunyai motor, dan motor tersebut kamu hidupkan untuk dipanaskan, namun tidak lama setelah mesin di hidupkan, motor tersebut akan mati secara tiba-tiba. Kenapa? Ko bisa? Bukan seharusnya tetap hidup seperti biasa?

Nah itu dia kenapa? Karena sistem pada teknologi Injeksi tersebut tidak mau memberikan langsam terhadap mesin motor, dan akibarnya mesin motor tersebut akan mati dengan sendirinya.

Untuk mengetahui apa saja faktor Injeksi tidak mau langsam? Berikut ulasan lengkapnya, baca dan simak baik-baik ya.

Komponen Kotor

Komponen kotor bisa menjadi salah satu faktor utama sistem Injeksi tidak mau memberikan langsam kepada mesin. Maka dari itu, ada beberapa komponen mesin Injeksi yang harus kamu bersihkan

Biasanya permasalahan ini bisa disebabkan dari Injektor dan Thorttle Body. Sisa-sisa karbon yang dihasilkan dari pembakaran bisa menyumbat, hal ini bisa mengakibatkan katup pada Thorttle Body dan Injektor tidak bekerja dengan baik.

Jika hal tersebut terjadi, maka sistem teknologi Injeksi pun tidak mau memberikan langsam kepada mesin.

Bensin Tercampur dengan Air

Jika seluruh komponen pada motor sudah kamu bersihkan secara total, namun mesin tersebut masih tetap sama saja tidak mau melangsam, maka langkah selanjutnya memeriksa isi dari tangki bensin.

Periksa dengan teliti apakah bensin yang ada pada tangki tersebut tercampur dengan air atau pun tidak, karena adanya air ini bisa mengganggu pada sistem pembakaran, yang akhirnya bisa membuat sistem teknologi Injeksi motor tidak bekerja dengan baik.

Hal tersebut tentu saja keadaan dari Injektor tidak akan memberikan langsam terhadap mesin.

Angin Masuk ke Penyaring Udara

Penyebab selanjutnya bisa diakibatkan adanya angin yang masuk ke saringan udara, hal ini bisa membuat sistem dari teknologi Injeksi tidak mau berhenti.

Jika benar adanya angin yang masuk ke saringan udara, maka mesin akan kekurangan asupan udara sehingga motor tidak akan melangsam.

Perawatan Busi yang Kurang Baik

Selain beberapa faktor di atas, ada juga faktor lainnya yang bisa membuat sistem teknologi Injeksi tidak mau memberikan langsam. Apakah itu? Yaitu perawatan pada busi yang kurang baik.

Seperti apa perawatan busi yang kurang baik? Yaitu tidak mengganti busi secara teratur, sesuai dengan waktunya. Hal tersebut sangat berpengaruh untuk sistem langsam pada Injeksi.

Biasanya untuk membersihkan busi dari kotoran, para mekanik selalu menggunakan bensin agar busi tersebut bersih dari kotoran yang menempel. Namun meskipun cara ini sudah kerap digunakan, hal tersebut tidak sepenuhnya berpengaruh.

Untuk aman nya, kamu bisa mengganti busi dengan yang baru demi melancarkan sistem langsam pada bagian Injeksi.

Lalu bagaimana Cara Menyetel Langsam Injeksi jika terjadi ketidak beresan pada komponen tersebut? Gampang! Untuk mengetahui caranya, kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Cara Menyetel Langsam Injeksi

Cara Menyetel Langsam Injeksi
Republika.co.id

Penggunaan motor Injeksi ini memang perlu perawatan yang bagus, terutama untuk bagian asupan bahan bakarnya. Namun, ketika ditemukan pengaturan pada sistem Injeksi yang sudah dirubah akan mengakibatkan kendala.

Yang akhirnya dibagian tatakan ujung baud untuk menyesuaikan Stasioner menjadi terkikis, bahkan bisa berlubang.

Ketika baud yang dijadikan untuk alas ini berubah, maka langsam pada motor pun akan ikut berubah secara otomatis. Perubahan tersebut akan menyesuaikan dengan katup yang berada di dalam Throttle Body yang juka akan ikut tertutup.

Apabila hal ini terjadi, maka bisa berdampak pada aliran bahan bakar yang akan terganggu ketika akan masuk kepada Injeksi.

Maka dari itu, kamu harus segera memperbaikinya dengan cara menyetel putaran pada baud tatakan pada Injeksi ke posisi awal seperti semula.

Berikut ulasan mengenai Cara Menyetel Langsam Injeksi yang perlu kamu ketahui agar memberi kemudahan dalam merubah semuanya ke posisi awal:

  1. Longgarkan mur yang mempunyai tanggung jawab untuk mengatur baud secara berlawan agar posisi dari baud tersebut tidak berubah.
  2. Setelah itu, kamu bisa menggunakan obeng min (-) untuk memutar baut ke arah kanan, dan pastikan ketika memutar baud langsam harus memperhatikan daya RPM dari mesin. Di usahakan menyetel langsam agar RPM pada mesin tidak terlalu tinggi.
  3.  Nah untuk menghindari dari geseran yang disebabkan oleh getaran, maka mur tersebut harus kamu kencangkan seperti semula.

***

Mungkin sekian ulasan kali ini yang bisa disampaikan oleh mamangbengkel tentang bagaimana Cara Menyetel Langsam Injeksi, pengertian Apa itu Injeksi, dan Faktor Injeksi Tidak Mau Melangsam.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu semua dalam menyelesaikan permasalahan pada Langsam Injeksi.

Mudah-mudahan artikel ini mudah dimengerti oleh kamu semua. Terimakasih, selamat mencoba!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like