Cara Mengatasi Motor Mogok

Halo sahabat otomotif di seluruh Indonesia, balik lagi dengan mamangbengkel yang kali ini akan membahas tentang Cara Mengatasi Motor Mogok. Mungkin sebagian dari kita semua sudah ada yang mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Walaupun seperti itu, saya yakin masih banyak orang-orang di luaran sana yang belum mengetahui hal tersebut.

Maka dari itu, di sini saya inisiatif untuk membuat artikel Cara Mengatasi Motor Mogok supaya bisa hidup dan digunakan seperti sedia kala.

Artikel ini dibuat bukan semata-mata untuk kepentingan pribadi, namun untuk kepentingan bersama dalam mendapatkan informasi yang bermanfaat.

Terlebih bagi orang-orang yang sama sekali belum mengetahui bagaimana tata cara yang baik dan benar untuk mengatasi motor mogok.

Ingin mengetahui lebih lanjut seperti apa Cara Mengatasi Motor Mogok yang benar? Dan apa penyebab motor mogok? Simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Motor Mogok

Cara Mengatasi Motor Mogok
mamangbengkel

Setiap kendaraan sepeda motor pasti punya masalah kerusakan masing-masing, entah itu kerusakan ringan atau berat yang bisa mengakibatkan motor mogok (tidak bisa digunakan).

Permasalahan tersebut memang pasti akan terjadi pada setiap sepeda motor, kenapa? Karena waktu terus berjalan tanpa henti, lama kelamaan performa dari motor tersebut akan berkurang dengan sendirinya.

Terlebih untuk motor yang tidak pernah mendapat perawatan dari pemiliknya jangan harap kondisi dari mesin dan motor nya akan baik-baik saja, bahkan bisa mengalami kerusakan yang sangat vital sehingga motor pun mogok dan tidak bisa digunakan seperti biasa.

Jika terjadi seperti itu, lantas bagaimana Cara Mengatasi Motor Mogok supaya bisa digunakan seperti sediakala?

Jangan khawatir, karena untuk mengatasi motor mogok ini banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan. Misal seperti memperbaiki komponen motor yang rusak, mengganti komponen mesin yang rusak, dan masih banyak ragam cara yang bisa kamu praktekan.

Setidaknya ada 6 Cara Mengatasi Motor Mogok yang harus kamu lakukan, agar lebih jelas seperti apa? Alangkah baiknya kamu bisa langsung menyimak semua ulasan yang sudah saya cantumkan di bawah ini.

Baca Juga Artikel Ini:

Memeriksa Bahan Bakar

Biasanya yang sering terjadi ketika motor mogok itu adalah ‘Kehabisan Bahan Bakar’. Selain itu, dalam menggunakan bahan bakar minyak pun harus setara dengan kapasitas mesin sehingga tidak terjadi kerusakan di dalam mesin.

Namun dalam pemilihan bahan bakar, alangkah baiknya menggunakan yang mempunyai oktan tinggi. Kenapa? Karena kualitas dari bahan bakar tersebut bisa terjamin, dan juga tidak akan khawatir adanya kerusakan pada bagian mesin.

Lantas bagaimana Cara Mengatasi Motor Mogok ini? Untuk caranya, kamu dapat menggunakan bahan bakar yang setara dengan spesifikasi mesin yang digunakan.

Misal seperti Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Shell dan lain sebagainya pun bisa digunakan untuk semua jenis motor.

Namun jika tingkatan oktan pada motor tersebut tidak memenuhi kriteria bahan bakar, maka hal tersebut bisa menyebabkan kendala terhadap motor.

Membersihkan Filter Udara

Filter atau bisa juga disebut dengan saringan udara. Nah filter ini merupakan komponen motor yang fungsinya untuk menghalangi udara agar tidak masuk ke dalam bahan bakar.

Jika keadaan bahan bakar yang digunakan untuk motor kamu kotor, maka hal tersebut bisa menyebabkan tarikan gas dari kerja carburator terasa berat dan pengap.

Jika itu terjadi, maka lama kelamaan motor yang kamu gunakan bisa mogok di jalan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya agar motor tersebut tidak mogok dan masih tetap bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari? Yaitu dengan cara mengecek filter motor ketika sedang melakukan service di bengkel terdekat atau pun resmi.

Nah jika filter pada saringan udara ini kotor, maka yang harus kamu lakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

Diusahakan untuk membeli filter udara yang jenisnya basah, karena ketahanan filter udara jenis basah ini mampu bertahan lama daripada filter udara dengan jenis kering.

Ganti Busi Motor

Jika telah memeriksa bahan bakar, dan ternyata kondisinya masih penuh namun motor masih tetap mati tidak mau nyala? Maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan terhadap kondisi busi.

Jika busi tersebut sudah dibuka, kamu bisa memasukkan busi itu kedalam cangkok nya, kemudian busi itu bisa kamu tempel kan ke permukaan mesin sambil di selah atau pun di starter.

Apabila busi itu mengeluarkan percikan api dari aliran listrik, maka kamu tidak perlu menggantinya dikarenakan keadaan dari busi tersebut masih bagus dan layak untuk digunakan. Namun jika sebaliknya, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Periksa Sistem Pengapian

Cara mengatasi motor mogok selanjutnya, kamu bisa memeriksa terhadap sistem pengapian yang ada pada motor. Misal seperti Coil, CDI, Sepul dan lain sebagainya. Perlu kamu ketahui, komponen yang baru saya sebutkan itu mempunyai peran yang sangat penting bagi motor.

Maka dari itu jika salah satu diantaranya ada yang rusak, maka seluruh komponen pada motor tidak akan bekerja dengan baik.

Nah untuk mengetahui rusak atau enggak nya, kamu bisa melakukan pengecekan satu-satu dimulai dari Sepul, Coil dan CDI.

Periksa Keran Bensin

Untuk cara mengatasi motor mogok lainnya, kamu bisa meriksa keran bensin yang menyambung ke bagian carburator motor. Periksa dengan teliti, apakah terdapat ke bocoran pada keran tersebut atau tidak, apakah keran itu dalam keadaan on atau off.

Terkadang permasalahan seperti ini kerap terjadi dikarenakan para pemilik motor lupa untuk memeriksa bagian keran bensin ketika motor di gunakan.

Jika kamu berkendara, namun keran bensin itu masih ada di posisi off, maka aliran bensin tidak akan masuk ke carburator sehingga tidak akan terjadi pembakaran di dalam ruang bakar, hasilnya motor yang kamu gunakan pun akan mati dengan sendirinya.

Maka dari itu, sebelum berkendara jangan sampai lupa memeriksa bagian keran bensinnya.

Membawa ke Bengkel

Jika semua cara di atas sudah kamu coba, namun hasilnya sama saja motor tersebut tidak bisa digunakan.

Cara mengatasi motor mogok selanjutnya ialah mengunjungi bengkel terdekat untuk memeriksa lebih lanjut permasalahan yang ada pada motor tersebut dan di selesaikan oleh pihak bengkel.

Penyebab Motor Mogok

Cara Mengatasi Motor Mogok
mamangbengkel

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa sih penyebabnya motor bisa mogok? Setiap motor itu pasti bakal mengalami yang namanya kerusakan, mau parah atau tidak semua nya tergantung dari si pemilik motor.

Apakah dia mau merawatnya dengan benar atau hanya sekedar menggunakannya saja. Jika si pemilik motor tersebut hanya bisa menggunakan saja tanpa memperhatikan kesehatan dari masing-masing komponen pada mesin, maka motor yang di miliki nya mudah rusak

Lantas apa penyebab motor mogok? penyebabnya adalah:

  • Ada gangguan dari sistem pembakaran
  • Filter atau saringan udara bermasalah
  • Settingan klep ngaco
  • Oli pada mesin kosong
  • Rusaknya sistem pengapian
  • Busi mati/banjir
  • Salah dalam memilih bahan bakar minyak

Demikian penyebab motor mogok yang harus kamu ketahui supaya paham ketika motor kamu mogok apa saja komponen yang harus di cek dan dibenarkan.

***

PENUTUP

Sekian ulasan tentang Cara Mengatasi Motor Mogok dan Penyebab dari Motor Mogok. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu semua, tentunya bagi kamu yang sedang mencari informasi seperti ini.

Terimakasih sudah membaca, semoga artikel ini bisa membantu ya 🙂

Salam otomotif!!!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like