Pengertian Transmisi

Oleh: /

Halo penggemar otomotif, pada kesempatan kali ini mamangbengkel akan mengulas tentang Pengertian Transmisi.

Sehubungan dengan perkembangan perusahaan otomotif yang semakin maju membuat pabrikan kendaraan bermotor terus melakukan perkembangan supaya selalu menciptakan produk-produk yang bagus untuk dijual.

Bahkan saat ini banyak pabrik kendaraan yang menerapkan sistem transmisi otomatis di setiap kendaraan yang dibuat.

Perlu kamu ketahui, transmisi otomatis adalah salah satu pembaruan yang bisa membuat para pengendara tidak kesulitan ketika mengendarai mobil tersebut.

Mungkin sebagian dari pengguna internet akan bertanya-tanya mengenai apa pengertian transmisi, kemudian apa saja fungsi transmisi tersebut, dan apa saja komponen transmisi yang ada di dalamnya?

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, silahkan simak ulasan berikut ini dengan baik.

Pertama-tama kita akan mengulas tentang

Pengertian Transmisi

Pengertian Transmisi

Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai Pengertian Transmisi. Transmisi adalah salah satu komponen dari sistem pemindahan daya dari bagian mesin kepada diferensial yang kemudian dilanjutkan ke bagian poros axle.

Hal ini bisa membuat roda berputar dan menggerakkan kendaraan.

Terjadinya hal ini supaya bisa berguna untuk mendapatkan kecepatan sesuai dengan keadaan jalan dan juga kondisi dari beban yang dimuat oleh kendaraan tersebut.

Serta pada umumnya transmisi ini digunakan untuk melakukan perbandingan roda gigi agar melakukan putaran sehingga dapat diperoleh tenaga mesin yang disesuaikan dengan beban yang dibawa oleh kendaraan.

Sistem Transmisi

Pengertian Transmisi

Setelah membahas secara pengertian transmisi secara detail, mari kita lanjutkan pembahasan selanjutnya. Yaitu membahas tentang sistem transmisi.

Jadi, sistem transmisi ini merupakan salah satu bagian dari sistem penyediaan air bersih yang mempunyai fungsi untuk menyambung kan cairan dengan mengalirkannya dari sumber air kepada reservoir air, instalasi pengolahan air, dan juga dari reservoir air ke bagian reservoir air lainnya.

Baca Artikel Lainnya:

Fungsi Transmisi

Pengertian Transmisi

 

Setelah memahami Pengertian Transmisi, dan Sistem Transmisi alangkah baiknya kamu juga harus memahami seperti apa fungsi transmisi pada kendaraan.

Jadi transmisi ini mempunyai fungsi untuk mengatur semua putaran dari komponen mesin dan putaran poros yang keluar dari bagian transmisi.

Yang dimaksud dari pengaturan putaran ini adalah supaya kendaraan bisa melaju sesuai dengan beban dan juga kecepatan dari kendaraan itu sendiri.

Berikut deretan fungsi transmisi yang perlu kamu ketahui:

  1. Bisa membuat gigi pada kendaraan berada di dalam posisi netral (berhenti) tapi mesin dari kendaraan tersebut masih tetap dalam keadaan menyala.
  2. Bisa membuat kendaraan mobil berjalan maju mundur sesuai dengan kebutuhan dari pengemudi.
  3. Bisa merubah tenaga yang dihasilkan oleh bagian mesin sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengendara.
  4. Dan bisa melanjutkan tenaga yang disebabkan oleh putaran mesin dari kopling ke bagian poros propeler.

Prinsip Tansmisi

Pengertian Transmisi

Prinsip dasar dari transmisi ini adalah bagaimana caranya agar bisa merubah kecepatan putaran pada suatu poros dirubah menjadi kecepatan yang diinginkan.

Serta, gigi transmisi ini mempunyai fungsi untuk mengatur bagian dari tingkat kecepatan mesin sesuai dengan keadaan yang sedang dialami oleh kendaraan tersebut.

Komponen Transmisi Manual

pengertian transmisi

Berikut bagian-bagian yang ada di dalam transmisi manual serta fungsinya:

  1. Speedometer Gear: untuk penggerak kabel supaya dapat mengukur kecepatan tenaga mobil yang sedang melaju.
  2. Hub Slave: untuk mengunci gigi percepatan yang disesuaikan, sehingga output shaft bisa berputar dan juga berhenti.
  3. Reverse Gear: merupakan komponen yang akan merubah arah putaran dari output shaft agar mobil dapat bergerak dalam posisi mundur ke belakang.
  4. Counter Gear: adalah salah satu komponen yang mempunyai peran penting dalam transmisi, tugas dari Counter Gear ini untuk menghasilkan melalui gigi input menuju gigi percepatan.
  5. Bantalan: Untuk mengurangi terjadinya gesekan yang akan terjadi di dalam bagian sistem transmisi.
  6. Output Shaft: untuk mengalirkan torsi yang dihasilkan oleh sistem transmisi ke gigi akhir.
  7. Bak Transmisi: adalah komponen berupa tempat untuk menaruh bearing transmisi beserta poros yang bersandar. Bukan hanya itu saja, komponen ini pun mempunyai fungsi untuk tempat penampungan oli transmisi.
  8. Tuas Pemindahan Gigi: Seperti yang sudah saya jelaskan pada bagian pengertian transmisi di atas, ada salah satu komponen yang namanya ‘Tuas Pemindah’ yang mana komponen ini tugasnya sebagai alat pemindah gigi transmisi sesuai dengan keadaan pengendara yang sedang mengemudikan kendaraannya.
  9. Tuas Penghubung: adalah komponen yang bentuknya berupa batang, fungsi dari komponen ini adalah untuk menghubungkan semua tuas persneling dan shift fork.
  10. Garpu Pemindah: Fungsi dari komponen ini adalah untuk memindahkan gigi pada porosnya, sehingga gigi tersebut akan gampang untuk dimasukkan dan dipindahkan sesuai dari keinginan si pengemudi.
  11. Gigi Penyesuaian: Tugas dari komponen ini adalah sebagai alat pemindah gigi ketika kondisi mesin sedang bekerja, sehingga si pengemudi dapat meletakkan posisi gigi sesaui dengan keinginan ketika sedang menggunakan tuas persneling.
  12. Gigi Transmisi: Sedangkan gigi transmisi ini kegunaannya untuk merubah input tenaga yang dihasilkan oleh mesin supaya menjadi torsi dengan kebutuhan yang diperlukan.
  13. Poros Input Transmisi: Bagian ini akan bekerja sama dengan kopling supaya bisa memutar gigi yang keberadaannya di dalam gear box.

Transmisi Adalah?

pengertian transmisi

Ada seseorang yang bertanya seperti ini, transmisi itu apa si? Jadi transmisi adalah proses penghubung informasi dari satu titik kepada titik-titik lainnya yang ada di dalam sebuah jaringan.

Jarak antar titik-titik tersebut bisa sangat berjauhan. Selain itu, ada banyak bagian jaringan yang terhubung, seperti itu bagian ini dihubungkan menjadi satu yang disebabkan oleh penghubung yang telah disediakan oleh sistem transmisi.

Cara Kerja Transmisi Manual

pengertian transmisi

Biasanya transmisi manual ini untuk salah satu bagian dari sistem pemindah tenaga yang memiliki beberapa fungsi. Lantas bagaimana cara kerja dari transmisi manual ini? Jawabannya ada di bawah ini:

  1. Melanjutkan putaran pada tenaga mesin yang mengalir dari mesin – transmisi dan roda penggerak.
  2. Mengubah tenaga kendaraan yang dihasilkan dari bagian mesin sesuai dengan kebutuhan, beban kendaraan, dan kondisi pada jalanan.
  3. Bisa membuat kendaraan berjalan mundur. Hal ini berlaku pada setiap kendaraan yang memiliki roda lebih dari 2 biji, misal seperti mobil dan lain sebagainya.

Jenis Transmisi

pengertian transmisi

Setelah mengetahui pengertian transmisi, alangkah baiknya sahabat otomotif mengetahui apa saja jenis-jenis dari transmisi.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan simak ulasan berikut ini:

Pertama-tama saya akan membahas…

Transmisi Semi Otomatis

pengertian transmisi

Pengertian transmisi semi otomatis ialah sebuah sistem yang bekerja untuk melakukan perpindahan gigi percepatan tanpa harus menginjak pedal kopling.

Transmisi Otomatis

pengertian transmisi

Pengertian transmisi otomatis adalah transmisi yang bekerja untuk memindahkan gigi percepatan secara otomatis.

Biasanya transmisi seperti ini akan bekerja dengan bantuan karet V-Belt.

Sedikit penjelasan mengenai bagian CVT, jadi komponen ini merupakan sistem transmisi dari mesin yang bekerja menyalurkan tenaga dari dalam mesin menuju ban belakang.

Cara kerjanya adalah menghubungkan antara Primary Sliding Shave dan Primary Vixed Shave dengan menggunakan sabuk atau bahasa lainnya V-Belt.

Transmisi Manual

pengertian transmisi

Pengertian Transmisi manual adalah transmisi yang bekerja untuk memindahkan gigi percepatan dengan cara manual.

Biasanya transmisi manual ini akan bekerja bila dioperasikan oleh pengendara untuk mengatur perpindahan gigi cepat dan lambat (sesuai dengan kebutuhan mesin dan kondisi jalan).

Mekanisme transmisi manual ini menggunakan organ tubuh si pengemudi, yaitu menggunakan tangan dan kaki.

Lantas bagaimana cara kerja dari sistem transmisi manual? Berikut penjelasannya!

Jadi begini, sistem transmisi manual ini akan bekerja dengan cara mengatur ukuran kecepatan ketika sedang proses pemindahan tenaga mesin ke bagian roda kendaraan.

***

Sekian pembahasan kali ini tentang Pengertian Transmisi, Sistem Transmisi, Komponen Transmisi Manual, Jenis-Jenis Transmisi.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi sahabat otomotif.

Terimakasih sudah membaca, tunggu artikel menarik selanjutnya ya 🙂

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar