Modifikasi Satria FU

Oleh: /

Saat ini saya akan membahas tentang Modifikasi Satria FU yang kini sedang marak dibicarakan oleh orang-orang. Namun sebelum masuk ke pembahasan utama, alangkah baiknya kita ketahui dulu tentang kemunculan Suzuki Satria FU.

Awal mulanya Suzuki Satria F150 yang kini dikenal dengan sebutan Satria FU diluncurkan pada tahun 2004 silam.

Satria FU membawa desain lebih sporty pada tampilan bodinya apabila kita bandingkan dengan generasi sebelumnya yang sudah hadir lebih dulu kurang lebih pada tahun 1997. Yang mana desain pada tampilan tersebut menggunakan konsep Ayam Jago (Ayago).

Suspensi bagian depan menggunakan teleskopik yang kesannya seperti motor sport. Bukan hanya itu saja, Perusahaan Suzuki pun memberikan mesin 4 Tak berkapasitas sebesar 150 cc terhadap Satria FU.

Suzuki Satria FU memang sangat dikenal sebagai motor yang memiliki desain sporty, terlebih jika motor tersebut sudah dilakukan modifikasi pada setiap sudutnya. Berbicara tentang modifikasi memang sudah menjadi trend di lingkungan anak-anak muda zaman now.

Kenapa seperti itu? Alasannya, karena mereka ingin memiliki kepuasan tersendiri dengan tampilan motor yang sudah mereka modif sehingga berbeda dengan yang lainnya.

Berbagai macam jenis Modifikasi Satria FU bisa kamu gunakan untuk mempercantik tampilan pada motor. Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung simak ulasan dibawah ini.

Jenis Modifikasi Satria FU

Modifikasi Satria FU
merdeka.com

Berikut daftar konsep modifikasi yang dapat diaplikasikan terhadap Suzuki Satria Fu:

  • Modifikasi Satria FU Thailook
  • Modifikasi Satria FU Airbrush
  • Modifikasi Satria FU Drag
  • Modifikasi Satria FU Road Race
  • Modifikasi Satria FU Jari-Jari
  • Modifikasi Satria FU Sederhana

Masing-masing dari daftar Modifikasi Satria FU mempunyai keunggulan dan kekurangannya sendiri. Akan tetapi, dalam modifikasi motor itu ada yang terpenting, yaitu melakukan modifikasi motor selalu dengan mengedepankan legalitas.

Oh iya, ada satu hal lagi yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan perubahan pada motor, yaitu kebutuhan dari modifikasi tersebut, apakah digunakan untuk keperluan sehari-hari atau memang untuk mengikuti ajang perlombaan otomotif.

Sebenarnya modifikasi terhadap motor itu tergantung dari selera pemodifnya sendiri, ada yang suka dengan konsep simple, racing, bahkan sampai yang ekstrem pun ada. Berikut ulasan mengenai konsep Modifikasi Satria FU yang bisa kamu gunakan:

Satria FU Thailook

Modifikasi Satria FU
otovarian.com

Konsep Thailook merupakan salah satu modifikasi yang awal mulanya berasal dari Thailand. Umumnya, konsep ini digunakan untuk mengikuti ajang kejuaraan kontes modifikasi motor, namun tak jarang juga orang-orang yang menggunakan konsep ini untuk diterapkan terhadap motor yang mereka miliki.

Konsep ini selalu menonjolkan perubahan dibagian velg dan rodanya, yaitu mengaplikasikan velg jari-jari ring 17 dan menggunakan ban berukuran kecil (ban cacing). Perlu kamu ketahui, konsep modifikasi Thailook ini tidak bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kenapa? Pasalnya konsep ini sangat melanggar peraturan lalu lintas yang sudah diterapkan oleh pihak kepolisian. Berikut gambar Modifikasi Satria FU Thailook yang bisa kamu lihat dan dijadikan sebagai bahan referensi.

Gambar Satria FU Thailook

Modifikasi Satria Fu
pinterest
Modifikasi Satria FU
drag-bike.com
Modifikasi Satria FU
youtube
Modifikasi Satria FU
otonesia.net
Modifikasi Satria FU
otosite.com
Modifikasi Satria FU
motoranmodif.blogspot.com

Satria FU Airbrush

Modifikasi Satria FU
otomotifnet.gridoto.com

Airbrush adalah seni lukis yang dilakukan dengan cara melakukan semprotan pada komponen tertentu. Sekarang, teknik lukis seperti airbrush bisa diaplikasikan pada seluruh bagian motor, misal seperti kerangka dan bodi motor.

Membuat Modifikasi Satria FU dengan konsep seperti ini, kamu harus mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit, alias besar. Kenapa? Karena konsep modifikasi seperti ini harus dikerjakan dengan orang yang sudah mahir dalam bidangnya, dan juga nilai dari seni ini memang mahal.

Selain membutuhkan yang namanya ketelitian, konsep ini pun membutuhkan fantasi dan kreativitas tinggi yang nantinya bisa membuat desain pada Suzuki Satria FU tampil terlihat lebih keren dan tentunya bisa menarik perhatian orang-orang.

Oh iya, modifikasi dengan konsep airbrush ini tidak hanya bisa diterapkan pada bagian bodi dan rangka motor saja, akan tetapi pada komponen lainnya juga bisa. Misal seperti blok mesin, velg, suspensi depan, dan ban.

Perpaduan dari berbagai macam komponen yang sudah di cat airbrush itu bisa membuat motor yang kamu modif akan terlihat lebih keren.

Gambar Satria FU Airbrush

Modifikasi Satria FU
kempoulmotor.blogspot.com
Modifikasi Satria FU
otosia.com
Modifikasi Satria FU
otosite.com
Modifikasi Satria FU
ototrend.com
Modifikasi Satria FU
otonesia.net

Satria FU Jari-Jari

Modifikasi Satria FU
otovarian.com

Modifikasi Satria FU selanjutnya ialah menggunakan konsep velg jari-jari. Konsep modifikasi seperti ini bisa dibilang masuk kedalam kategori modifikasi simple tapi bisa membuat tampilan pada motor terlihat lebih keren.

Adanya beberapa tambahan aksesoris pada motor bisa melengkapi motor Suzuki Satria FU yang kamu miliki. Aksesoris tersebut seperti merubah velg orisinil menjadi racing jari-jari serta menggunakan ban cacing.

Selain menggunakan velg jari-jari, kamu juga bisa merubah suspensi bagian depan agar terlihat lebih sporty dengan mengganti warnanya menjadi silver atau gold. Dan jika tampilan motor yang kamu modif itu ingin terlihat lebih menarik lagi, kamu bisa mengganti piringan cakram orisinil dengan yang racing.

Dalam konsep ini, biasanya hanya fokus kepada bagian kaki-kakinya saja, akan tetapi jika kamu ingin merubah pada bagian joknya pun bisa dilakukan, namun perubahan pada jok sendiri tergantung dari selera si pemilik motor.

Berikut merk velg jari-jari yang bisa kamu terapkan pada motor Suzuki Satria FU:

  • TDR
  • TK Racing
  • Comet
  • Akron
  • AHRS
  • Champ

Merk velg tersebut merupakan velg terbaik dengan kualitas yang sangat tinggi, banyak juga para pecinta otomotif di Indonesia yang menggunakan velg-velg diatas, salah satunya saya hehe 🙂

Motor saya sendiri menggunakan velg TK, kenapa? Karena velg TK ini selain bagus, dan simple, velg tersebut mempunyai kualitas bahan yang sangat bagus dan kuat.

Gambar Satria FU Jari-Jari

Modifikasi Satria FU
winudf.com
Modifikasi Satria FU
otosia.com
Modifikasi Satria FU
dapurotomotif.com
Modifikasi Satria FU
otonesia.net
Modifikasi Satria FU
otomaniac.com

Satria FU Drag Race

Modifikasi Satria FU
ototrend.com

Performa pada mesin motor Satria FU ini memang mampu mengeluarkan tenaga dan juga torsi dengan jumlah yang sangat besar, sehingga motor ini kerap dijadikan sebagai bahan motor balap, mau itu balapan drag atau road race.

Nah, jika kamu tertarik untuk membuat motor drag dari Suzuki Satria FU, kamu harus rela merubah kapasitas dari ruang mesin, dan juga melepas seluruh bodi yang menempel dirangka motor (kondisional).

Kenapa seluruh bodi motor yang nempel di rangka harus dilepas? Karena tipe motor drag ini memang menunjukkan gaya motor tanpa adanya cover body, sehingga yang terlihat itu hanya kerangka motor, ban dan mesinnya saja.

Selain itu, posisi motor juga harus kita buat senyaman mungkin agar ketika sedang dikendarai akan terasa nyaman dalam memacu kecepatan tinggi.

Oh iya, bukan hanya body dan kerangka saja yang harus kita rubah, tapi stang motor pun harus kita ganti dengan stang racing. Untuk kaki-kaki nya ada sedikit perubahan pada bagian suspensi depan belakang, velg dan ban yang menggunakan ukuran kecil.

Untuk penggunaan knalpot sendiri, biasanya orang yang sudah membuat motor balap dengan spek mesin yang gahar selalu menggunakan knalpot racing, dan knalpot tersebut harus sesuai dengan kapasitas mesin yang digunakan.

Berikut gambar dari hasil Modifikasi Satria FU yang menggunakan konsep drag bike.

Baca Juga: Modifikasi Ninja RR

Gambar Satria FU Drag

Modifikasi Satria FU
mobilunik.com
Modifikasi Satria FU
drag-bike.com
Modifikasi Satria FU
pinterest
Modifikasi Satria FU
otonesia.net
Modifikasi Satria FU
winudf.com

Satria FU Road Race

Modifikasi Satria FU
motorplus-online.com

Tipe modifikasi selanjutnya ialah road race. Dengan melakukan Modifikasi Satria FU road race, maka motor tersebut akan bertambah kesannya menjadi lebih garang dan sangar.

Untuk membuat Satria FU menjadi motor road race, kamu harus melakukan perubahan pada bagian kaki-kaki terlebih dahulu, kenapa? Agar posisinya akan terlihat lebih riding dan sedikit membungkuk kebagian depan.

Untuk tempat pengoperan gigi (perseneleng) bisa kamu rubah dengan jenis underbone, sehingga perseneling tersebut bisa membuat kamu terasa nyaman ketika sedang menggunakannya.

Jaki perubahan diatas sudah dilakukan, namun masih tetap kurang. Kamu bisa melepas spakbor bagian belakang agar tampilan motor Satria FU berkesan seperti motor balap internasional.

Konsep modifikasi road race ini, biasanya velg yang digunakan untuk motor tersebut ialah ‘velg racing’ dan dibalut dengan ban berukuran besar, rata-rata penggunaan ban untuk motor road race ini berukuran 90/80 & 90/90.

Jenis dan merek ban yang biasanya digunakan untuk motor road race ini ialah, sport comfone dan merek nya FDR, Battlax, IRC dan Corsa.

Gambar Satria FU Road Race

Modifikasi Satria FU
motorexpertz.com
Modifikasi Satria FU
dapurotomotif.com
Modifikasi Satria FU
drag-bike.com
Modifikasi Satria FU
gilamotor.com
Modifikasi Satria FU
otonesia.net

Modifikasi Satria FU Simple

Modifikasi Satria FU
otomotifo.com

Apabila kamu ingin melakukan modifikasi motor, alangkah baiknya harus teliti dalam memeriksa uang yang kamu miliki. Apakah dana tersebut cukup atau tidak untuk melakukan Modifikasi Satria FU dengan konsep yang kamu inginkan.

Jika kamu tidak mempunyai uang yang begitu banyak, kamu masih tetap bisa melakukan modifikasi dengan cara menghemat biaya. Wah, gimana nih caranya? Gampang! Kamu ambil aja konsep modifikasi simple yang nantinya diterapkan terhadap motor yang hendak di modif.

Kenapa harus mengambil konsep simple? Pasalnya, konsep ini tidak diharuskan untuk merubah semua komponen pada motor, hanya saja merubah pada bagian tertentunya saja. Misal seperti:

  • Velg
  • Ban
  • Cakram
  • Spion
  • Warna
  • Knalpot
  • Suspensi

Selain bisa menghemat biaya, konsep Modifikasi Satria FU Simple inipun masih layak digunakan untuk menemani bepergian dalam kota dan juga luar kota, kenapa? Karena perubahan pada motor tersebut masih tetap dalam peraturan lalu lintas.

Namun, bagi saya untuk menggunakan konsep ini memang cukup sederhana. Sesuai dengan namanya ‘Simple’ kamu hanya merubah velg orisinil menjadi racing jari-jari dengan penggunaan ban yang tidak terlalu kecil pun cukup untuk merubah tampilan agar terlihat lebih elegan.

Selain bisa menghemat biaya, kamu juga akan bisa menghemat waktu pengerjaannya. Kenapa? Karena proses pengerjaannya pun tidak akan lama, dalam waktu kurang lebih sekitar satu hari, mengerjakan konsep modifikasi simple ini bisa selesai.

PENUTUP

Mungkin sekian pembahasan kali ini tentang Modifikasi Satria FU dengan berbagai macam konsep yang bisa kamu tiru. Semoga dengan adanya artikel ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi teman-teman untuk menemukan ide yang tepat dalam melakukan perubahan bentuk pada motor.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar