Oli Motor Matic

Oli motor pada motor matic ini memang mempunyai peranan penting. Kegunaan Oli Motor Matic ialah untuk melindungi seluruh komponen yang ada di dalam mesin agar tidak mudah rusak.

Ketika mesin dari motor matic kamu hidupkan, otomatis seluruh komponen yang ada di dalam mesin motor itu akan bekerja agar motor tersebut bisa kamu gunakan untuk bepergian. Misal seperti Piston, Noken As, Klep, Setang Seher, Lahar, dan beberapa komponen lainnya.

Maka dari itu di sini saya akan sedikit memberi informasi mengenai apa saja merek oli yang bagus dan sangat rekomendasi untuk dijadikan sebagai sarana perawatan mesin motor matic yang kamu punya.

Pertama-tama yang akan saya bahas adalah:

Tips Memilih Oli Motor Matic

 

Oli Motor Matic
bp-guide.id

Kini masalah yang kerap dialami oleh pengguna motor matic ialah, memilih jenis Oli Motor Matic. Walaupun demikian, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membaca kembali buku arahan untuk perawatan motor yang kamu miliki.

Di dalam buku tersebut, perusahaan industri motor sudah memberikan penjelasan berupa tulisan yang berisikan tentang ‘rekomendasi tipe oli motor’ yang sesuai dengan kapasitas mesin motor yang kamu punya.

Supaya mesin dari motor yang kamu miliki selalu terjaga dan sehat. Berikut saya akan mengulas tentang beberapa langkah dalam memilih oli motor yang baik dan benar.

Memilih Oli Standar API

Harus memilih brand oli yang sudah mempunyai standarisasi. Adanya standarisasi dari oli motor ini bisa dilihat apakah merek oli tersebut mempunyai sertifikat American Petroleum Institute (API).

Setidaknya di seluruh dunia ada tiga lembaga yang berhak untuk melakukan uji kelayakan atau tidak dan memberikan sertifikat kualitas pada oli motor.

Ketiga lembaga tersebut diantaranya adalah JASO ‘Japanese Automotive Standard Association’, API ‘American Petroleum Institute’, dan SAE yang merupakan sebuah badan internasional yang berhak untuk mengeluarkan sertifikat penanda kekentalan dari produk oli.

Ketika kamu memilih merek oli yang sudah mempunyai salah satu sertifikat standarisasi dari ketiga lembaga di atas, di situ kamu jangan mengkhawatirkan kualitas dari oli yang kamu gunakan.

Kenapa? Pasalnya, kualitas daya tahan dari cairan oli ini sudah melewati berbagai tes yang langsung di uji oleh badan internasional yang mempunyai kewenangan, seperti ketiga lembaga yang sudah saya jelaskan di atas.

Oli yang di Produksi oleh Pabrik

Kenapa kamu dianjurkan untuk memilih Oli Motor Matic yang dibuat oleh pabrikan? Alasannya adalah supaya oli yang kamu gunakan untuk menjaga kesehatan mesin bisa bekerja dengan maksimal.

Kenapa? karena masing-masing dari industri oli benar-benar mengetahui secara rinci mengenai spesifikasi mesin, dan spesifikasi oli motor yang dibutuhkan untuk kapasitas mesin yang mereka buat.

Beberapa pabrikan otomotif besar di Indonesia ialah Yamaha, Honda, Suzuki, dan Kawasaki. Namun untuk kategori sepeda motor matic ini tidak ada di pabrikan Kawasaki, karena pabrikan yang satu ini hanya memproduksi motor-motor sport saja.

Oh iya, kamu bisa memilih oli berdasarkan dari kategori motor yang kamu punya, jika kamu menggunakan motor matic dari perusahaan Honda, maka yang harus kamu gunakan adalah oli AHM Oil.

Begitu pun sebaliknya, jika dari produk Yamaha, maka yang harus di Gunakan adalah Yamahalube Matic.

Mengetahui Kadar Kental Oli

Tips dalam memilah oli motor lainnya ialah paham dengan tingkat kekentalan oli yang dibutuhkan oleh kapasitas mesin motor matic yang kamu miliki. Perlu kamu perhatikan, Oli Motor Matic terbaik ini harus memiliki kadar kekentalan yang setara dengan keadaan motor.

Motor matic sendiri memerlukan oli yang kadar kekentalan nya sesuai dengan keadaan motor, kenapa? Karena untuk memastikan mesin terjaga dengan baik ketika sedang digunakan disaat berkendara.

Hal tersebut nantinya akan melindungi semua komponen mesin dari kerusakan yang diakibatkan adanya gesekan masing-masing dari komponen yang ada di dalam mesin.

Jadi, ketika kamu belanja oli alangkah baiknya harus dicek terlebih dulu mengenai kadar kekentalan dari oli yang kamu beli. Bila kadar kekentalan oli itu sesuai, maka oli tersebut layak untuk kamu beli karena kekentalan nya bagus untuk mesin motor matic.

Lalu seperti apa memilah kadar kekentalan pada oli yang tepat itu? Umumnya, pada kemasan oli kamu bisa melihat kode yang sudah dicantumkan, misal salah satu contohnya seperti “10W-40”, bila kamu merasa bingung apa sih kode tersebut, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Arti dari 10W ialah kadar kekentalan oli ketika mesin motor sedang berada pada suhu yang dingin, sedangkan untuk huruf ‘W’ ini adalah singkatan kata dari ‘Winter’. Sementara untuk penjelasan angka ’40’ ini adalah kadar kekentalan oli ketika suhu pada mesin sedang tinggi.

Nah, untuk tipe Oli Motor Matic ini biasanya menggunakan kode 5W/140, 20W/40, dan 10W/40. Jadi. mulai sekarang kamu harus benar-benar memperhatikan kode yang ada pada kemasan Oli Motor Matic.

Memahami Jenis Oli Motor

Dengan kamu memahami jenis oli motor, maka hal tersebut akan memberikan pengaruh yang bagus, kenapa? Karena bisa membantu kamu untuk memilah Oli Motor Matic terbaik yang sesuai dengan kebutuhan motor matic kamu.

Oh iya, untuk oli motor matic ini terbagi menjadi dua jenis. Diantaranya seperti Synthetic Motorcycle Oil dan Fully Synthetic Motorcycle Oil. Masing-masing dari kedua jenis oli tersebut mempunyai perbedaan.

Ingin tau perbedaan dari jenis-jenis oli di atas, berikut penjelasannya. Simak baik-baik.

  • Syinthetic Oil, merupakan oli yang bahan dasarnya adalah oli sintetis yang dipadukan dengan oli mineral. Kedua oli tersebut diolah secara bersamaan agar bisa menghasilkan oli yang mempunyai kualitas tinggi.
  • Fully Synthetic, adalah jenis oli motor terbaik yang paling kerap direkomendasikan kepada para pengguna kendaraan motor jenis matic. Oli dengan jenis Fully Synthetic adalah oli motor yang mempunyai kualitas sangat baik, dan kualitas dari oli tersebut akan selalu terlindungi walaupun penggunaan dengan kurun waktu yang cukup lama. Selain itu, jenis oli Fully Synthetic ini berguna untuk meningkatkan daya performa pada mesin.

Kapan Harus Mengganti Oli Motor Matic?

Oli Motor Matic
motorplus-online.com

Setelah mengetahui langkah-langkah dalam pemilihan Oli Motor Terbaik untuk kebutuhan motor kamu, di sisi lain kamu juga harus mengetahui kapan waktu yang ideal untuk penggantian oli tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut biasa kerap muncul bagi pengguna motor, karena sebagian dari mereka masih ada yang belum begitu paham mengenai waktu penggantian oli motor yang tepat untuk perawatan motor yang mereka miliki.

Sebenarnya, untuk waktu penggantian oli motor itu sudah dijelaskan pada buku panduan service motor yang kamu punya.

Umumnya, semua produsen motor di seluruh dunia menganjurkan untuk melakukan penggantian oli motor setiap dua bulan sekali. atau setelah mencapai 2.000 – 3.000 KM dan untuk oli gardan bisa diganti setiap pada pencapaian km 5.000.

Tapi, hal tersebut tidak bisa kamu jadikan sebagai patokan untuk merawat sepeda motor yang kamu punya.

Ada pun penyebab lainnya yang bisa memberikan pengaruh terhadap kualitas oli motor kamu adalah bisa dilihat dari seperti apa cara berkendara, dan juga pada jarak tempuh perjalanan yang kamu lalui.

Apabila cara kamu mengendarai sepeda motor sering mengoptimalkan per putaran pada mesin dengan kecepatan maksimum, maka hal tersebut akan menjadikan mesin pada motor yang kamu miliki akan cepat terasa panas dan membuat kadar kekentalan oli berkurang.

Jadi jawaban dari pertanyaan kapan harus ganti Oli Motor Matic yang tepat adalah aman nya setiap satu bulan sekali.

Pilihan Oli Motor Matic Terbaik

Oli Motor Matic
ridergalau.com

Setelah selesai membahas mengenai langkah-langkah dalam memilih tipe Oli Motor Matic, waktu yang tepat dalam penggantian oli motor, dan jenis-jenis dari oli motor. Sekarang saatnya saya membahas tentang poin utamanya.

Berikut ulasan lengkap dengan harganya:

Baca juga:

Yamalube Matic

Oli Motor Matic
detik.net

Produsen motor matic Yamaha selain membuat motor, perusahaan tersebut pun membuat produk Oli Motor Matic yang di khususkan untuk setiap motor matic yang mereka buat dan dijual di pasaran.

Nah, oli Yamalube Matic ini merupakan oli yang dibuat oleh perusahaan Yamaha. Oli ini bisa digunakan untuk motor NMAX, Aerox, Mio, Fino, Lexi dan berbagai macam merek motor matic lainnya yang dibuat oleh Yamaha.

Berikut spesifikasi dan harga dari oli Yamalube Matic:

HARGARp 37.500
VISCOSITY10W/40
APISL
VOLUME800 ml
JASOMB
MATERIALSemi synthetic
PENGGANTIAN3.000 km

Bisa dilihat dari spesifikasi pada kolom di atas, jenis oli seperti ini di dalamnya mempunyai teknologi X-SPEED yang dinyatakan bisa membuat mesin bekerja secara optimal untuk pemakaian dalam kebutuhan sehari-hari.

AHM Oil MPX 2

Oli Motor Matic
tokopedia

Apabila kamu menanyakan apa Oli Motor Matic terbaik dari Honda yang paling rekomendasi kepada mekanik, maka jawaban mereka adalah, AHM Oil MPX-2. Oli ini memang sengaja dibuat oleh PT. Astra Honda Motor untuk bisa melindungi komponen mesin agar tidak mudah rusak.

PT. Astra Honda Motor menyatakan bahwa Honda AHM Oil MPX-2 adalah hasil dari penelitian dan juga pengembangan oleh insinyur Honda yang berasal dari Jepang.

Insinyur menyatakan bahwa oli ini bisa memberikan perlindungan yang sangat optimal, serta bisa meningkatkan performa mesin pada motor matic supaya dari tenaganya akan terasa seperti baru walaupun sering digunakan bepergian dalam sehari-hari.

Oh iya, perlu kamu ketahui bahwa AHM Oil MPX-2 sudah mempunyai sertifikat dan memenuhi standar API dan jua JASO MV. Oleh karena itu untuk kualitas dari oli ini sudah tidak usah diragukan lagi.

Berikut spesifikasi lengkap mengenai oli yang di produksi oleh PT. Astra Honda Motor.

HargaRp 46.500
Volume800 ML
JASOMB
APISL
SAE10W-30

Dengan adanya spesifikasi yang telah di cantumkan pada kolom di atas, bisa membuktikan seperti apa kualitas oli dari AHM Oil MPX-2 ini.

Maka dari itu, bagi kamu yang ke seharian nya menggunakan sepeda motor matic dari Honda, AHM Oil MPX-2 ini sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Repsol Moto Matic

Oli Motor Matic
alanbikers.com

Repsol merupakan salah satu pabrikan pembuat oli yang bekerja sama dengan PT. Astra Honda Motor. Pabrikan ini memproduksi oli Repsol Moto Matic yang bisa digunakan untuk semua jenis sepeda motor matic.

Oli Repsol Moto Matic ini sengaja dibuat secara khusus untuk cuaca dan keadaan jalan di Indonesia, untuk standarisasi nya pun sudah memenuhi karena Repsol Moto Matic ini sudah mempunyai standar API dan JASO MB.

Bukan hanya itu saja, oli ini pun sudah dinyatakan sangat baik kualitasnya untuk digunakan oleh motor matic yang menggunakan teknologi FI (injeksi) atau pun karburator. Berikut spesifikasi lengkapnya ada di kolom ini.

HARGA35.500
VISCOSITY10W/30
APISJ
VOLUME800 ml
JASOMB
PENGGANTIAN2.000 KM

Motul Scooter 4T

Oli Motor Matic
vmx.id

Siapa sih dikalangan pengguna motor yang tidak kenal dengan produk oli yang satu ini? Ya! Motul adalah salah satu oli yang mempunyai kualitas sangat baik untuk melindungi kesehatan pada komponen mesin.

Selain digunakan untuk keperluan motor balap atau sport, oli ini pun bisa digunakan untuk sepeda motor matic biasa. Karena banyak sekali jenis dari oli Motul, Motul Scooter 4T ini adalah salah satu Oli Motor Matic terbaik diantara oli-oli lainnya.

Motul Scooter Matic ini dibuat khusus untuk motor matic yang di dalamnya sudah menggunakan teknologi HC-Tech. Tentunya oli ini bisa melindungi mesin motor matic yang kamu punya supaya tetap dingin walaupun sering digunakan.

Berikut spesifikasi lengkapnya!

HARGARp 75.000
VISCOSITY10W/30
APISJ
VOLUME800 ml
JASOMB
PENGGANTIAN2.000

Oli Castrol Activ Matic

Oli Motor Matic
shopee

Apakah kamu mengetahui tentang kehausan mesin itu disebabkan dari apa? Perlu kamu ketahui, sebagian besar yang sering terjadi mesin cepat haus adalah ketika sedang memanaskan mesin.

Biasanya oli mesin itu akan mengalir keluar dari komponen mesin ketika si mesin tersebut berhenti, hal itu bisa berdampak sangat buruk pada mesin, sehingga si mesin tersebut akan cepat haus ketika sedang pemanasan.

Nah untuk Oli Castrol Activ Matic ini dibuat dengan menggunakan bahan Actibond yang kegunaannya untuk melekat pada seluruh komponen penting pada mesin, bahkan ketika mesin mati pun masih bisa memberikan lapisan pelindung ketika kamu menghidupkan kembali si mesin motor tersebut.

Untuk detail spesifikasi nya, kamu bisa melihat kolom yang akan saya cantumkan di bawah ini.

HARGARp 43.500
VISCOSITY10W/30
JASOMB
APISL
VOLUME800 ml
PENGGANTIAN2.000 KM

Suzuki Genuin Oil

Oli Motor Matic
otomotifo.com

Bagi kamu yang ke seharian nya menggunakan motor matic suzuki, kamu bisa memilih Oli Motor Matic yang dibuat langsung oleh pabrik Suzuki. Oli ini sengaja dibuat oleh pabrik Suzuki yang dikhususkan untuk motor matic buatan suzuki.

Suzuki Genuine Matic adalah oli yang dibuat secara khusus yang mengusung viskositas 10W/40 dan juga sudah memenuhi standar API serta JASO MB.

Perusahaan Suzuki sudah menyatakan bahwa Suzuki Genuine Oil ini adalah salah satu pilihan oli yang pas untuk kamu yang menggunakan sepeda motor matic buatan Suzuki.

Kelebihan dari oli ini ialah bisa bekerja secara optimal walaupun suhu mesin sedang tinggi, dan juga bisa melindungi agar tidak terjadi korosi pada bagian mesin.

Untuk detail spesifikasi nya, kamu bisa melihat pada kolom yang telah saya cantumkan di bawah ini.

HARGARp 65.000
VISCOSITY10W/40
VOLUME800 ml
APISL
JASOMB
PENGGANTIAN2.000-3.000
JENISSemi synthetic

Enduro Matic

Oli Motor Matic
shopee

Enduro Matic adalah Oli Motor Matic yang saya gunakan, kenapa saya menggunakan oli untuk melakukan perawatan pada mesin motor yang saya miliki? Alasannya adalah kualitas yang dimiliki oleh Enduro Matic bisa dikatakan sangat baik.

Oh iya, Enduro Matic ini merupakan salah satu oli yang masuk ke dalam kategori synthetic. Di dalam kandungan oli ini terdapat aditif Molybdenum yang kegunannya untuk mengurangi friksi pada suhu dan kecepatan tinggi.

Dengan kadar kekentalan oli yang setara dengan kebutuhan mesin scooter matic ini bisa memberikan kemudahan pada per putaran pelumas, dan juga pendingin yang akan bekerja secara maksimal.

Selain itu, tingkat konsumsi bahan bakar pun akan terasa lebih irit. Uniknya, produk oli dari Pertamina ini bisa membuat performa mesin semakin tinggi, sehingga bisa menghasilkan power yang cukup bagus ketika suhu mesin tinggi.

Berikut spesifikasi lengkapnya.

HargaRp 37.500
Volume800 ML
JASOMB
APISL
SAE20W-40
PENGGANTIAN2.000 KM

Motul Scooter Expert LE 10W/30

Oli Motor Matic
tokopedia

Berbicara tentang brand oli yang satu ini memang sudah tidak asing lagi, karena banyak sekali di negara kita yang mengenali oli Motul. Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa Motul ini terbagi menjadi beberapa bagian, tergantung dari kategori dan kualitasnya.

Biasanya yang menggunakan Oli Motor Matic ini adalah motor matic yang telah di modifikasi menjadi Road Race. Karena kualitasnya yang sangat bagus, oli ini bisa digunakan untuk melindungi mesin motor balap.

Teknologi yang ada pada Motul Scooter Expert ini bisa membantu kinerja mesin agar tetap optimal, walaupun sedang pada suhu yang tinggi. Nah bagi kamu yang menggunakan motor matic dan gemar bepergian jarak jauh, rasanya oli ini cocok untuk kamu gunakan.

Untuk mengetahui spesifikasi nya, berikut akan saya cantumkan pada kolom di bawah ini.

HARGARp 75.000
VISCOSITY10W/30
APISJ
VOLUME800 ml
JASOMB
PENGGANTIAN2.000

Federal Matic Ecomaxx 30

Oli Motor Matic
shopee

Selain dari AHM OIL MPX-2 dan Repsol Matic, Federal Matic Ecomaxx 30 ini merupakan salah satu oli yang sangat direkomendasikan bagi kamu pengguna motor matic Honda.  Federal Mati Ecomaxx 30 ini sudah memenuhi standar API dan JASO.

Oli ini telah menggunakan teknologi Active Moly yang kegunaannya untuk meminimalisir terjadinya gesekan antar bagian mesin, sehingga bisa menjaga kinerja mesin tetap bagus, dan tentunya akan menghemat asupan bahan bakar.

Bukan hanya itu saja, ternyata masih ada teknologi lainnya yang bisa meningkatkan performa mesin secara optimal, sehingga akselerasi pada motor tersebut akan terasa lebih cepat. Teknologi tersebut adalah Viscoelastic Molecules serta Double ACT Cleaner.

Berikut spesifikasi lengkapnya.

HARGARp 38.000
VISCOSITY10W/30
APISL
JASOMB
VOLUME800 ml

Sekian ulasan kali ini tentang Oli Motor Matic yang paling direkomendasikan untuk di gunakan pada motor matic yang kamu miliki. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu bermanfaat buat kamu semua.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
motor paling irit
Read More

Motor Paling Irit

Motor Paling Irit – Halo teman-teman semua, pada artikel sebelumnya saya membahas seputar modifikasi motor, banyak sekali dalam artikel-artikel…