Motor 2 Tak Terbaik

Oleh: /

Motor 2 tak merupakan kendaraan legenda yang sampai saat ini banyak penggemarnya, walaupun sebenarnya pemerintah Indonesia sudah sangat melarangnya.

Meski dilarang oleh pemerintah, kamu masih tetap bisa mendapatkannya. Lah, caranya? Membeli dengan kondisi bekas.

Kenapa pemerintah Indonesia melarang motor 2 tak? Alasannya adalah mesin dari motor tersebut tidak memenuhi standar emisi yang telah diterapkan olehnya.

Maka dari itu, semua industri otomotif di Indonesia, terutama khusus sepeda motor harus menerima ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Yaitu, menghentikan produksi motor 2 tak.

Berikut kumpulan motor 2 tak terbaik yang banyak dicari oleh penggemar otomotif di Indonesia.

Kawasaki Ninja SS

motor 2 tak

Motor 2 tak yang paling bergengsi adalah Kawasaki Ninja, siapa si diantara kita yang tidak kenal dengan motor ini? Tentu saja hampir semua kalangan mengenalinya.

Kawasaki mempunyai ciri khasnya sendiri dalam memproduksi motor, terlebih untuk mesin 2 tak. Yaitu pada bagian depannya, dimana lampu motor tersebut berbentuk bulat.

Hal ini bisa kamu lihat sendiri pada gambar di atas, dimana lampu pada Kawasaki Ninja SS ini berbentuk bundar.

Untuk performa yang dihasilkan oleh mesinnya pun tidak perlu diragukan lagi, sebab Kawasaki Ninja SS mampu mengeluarkan akselerasi yang begitu cepat.

Beberapa tahun kebelakang, motor ini di banderol dengan harga Rp 29.000.000. Seiring berjalannya waktu, pabrikan Kawasaki sudah tidak memproduksi motor ini lagi.

Lantas berapa harga pasaran saat ini? Mulai dari Rp 18.000.000 sampai Rp 23.000.000, sesuai dengan kondisi motor.

Jika kamu ingin membeli motor ini, maka harus siap mengeluarkan uang dua kali lipat untuk membeli bahan bakarnya.

Kenapa? Karena konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh motor ini lumayan cukup boros.

Baca juga:

Kawasaki Ninja 150 R

motor 2 tak terkeren

Tampilan nari Kawasaki Ninja 150 R ini tidak jauh beda dengan tipe SS, yang membedakannya hanya pada bagian lampunya saja.

Spesifikasi mesin yang digunakan nya pun tidak jauh beda dengan Kawasaki Ninja 2 tak lainnya, dimana motor ini menggunakan mesin berkapasitas 149 cc dan mampu mengeluarkan daya maksimum sebesar 30.1 PS ketika berada pada putaran 10.500 RPM.

Selain itu, torsi yang dihasilkan oleh motor ini bisa mencapai 21.6 Nm pada putaran 9.000 RPM.

Torsi dan tenaga yang dihasilkan oleh Kawasaki Ninja R ini dapat menyaingi motor 4 tak yang berkapasitas 150 cc. Misal seperti Vixion, CB150 R, Byson dan lain sebagainya.

Apalagi pabrikan Kawasaki sudah menggunakan 6 percepatan pada sistem transmisi manualnya, hal ini tentu saja membuat tarikan dari akselerasi Kawasaki Ninja R terasa lebih responsif.

Kawasaki Ninja RR

motor 2 tak bergengsi

Kawasaki Ninja memang merupakan motor 2 tak yang sangat bergengsi. Selain keren dari segi penampilannya, motor ini pun sangat layak digunakan pada kecepatan tinggi.

Setelah pemerintahan Indonesia membuat kebijakan baru, sangat disayangkan sekali bahwa motor ini tidak akan diproduksi lagi oleh pabrikannya.

Sedangkan performa dan tampilan dari Kawasaki Ninja RR ini sangat menakjubkan, terlebih anak-anak muda yang gemar dengan dunia otomotif selalu mencari-cari motor ini.

Kenapa kebanyakan dari masyarakat Indonesia suka dengan Kawasaki Ninja RR? Sebab mesin 2 tak yang ada pada motor ini sudah menggunakan teknologi keren, dimana crank case, reed valve, KIPS dan HSAS sudah terpasang di dalamnya.

Masing-masing dari teknologi tersebut menyatu dengan mesin yang kapasitasnya sebesar 149cc. Mesin tersebut mampu mengeluarkan power sebesar 21 kW di putaran 11.000 RPM dan untuk torsinya sendiri dapat mencapai 21 Nm ketika putaran mesin berada di angka 9.000 RPM.

Baca juga: Motor Paling Irit

 Yamaha FIZ-R

motor 2 tak

Selain Kawasaki, perusahaan Yamaha pun sempat memproduksi motor dengan mesin 2 tak, salah satu contohnya adalah Yamaha FIZ-R. Motor ini kerap dijuluki sebagai bebek goreng.

Dari dulu sampai sekarang, motor ini cukup terkenal di khazanah otomotif Indonesia. Banyak yang mengatakan bahwa Yamaha FIZ-R merupakan pesaing ketat Suzuki Satria 120.

Spesifikasi mesin yang digunakan pada motor 2 tak besutan Yamaha ini sebesar 110.4 cc. Tenaga yang dihasilkan pun mencapai 11.8 horsepower pada putaran 7.500 RPM.

Sementara untuk torsinya sendiri, Yamaha FIZ-R mampu mengeluarkan 1.10 kgf.m disaat putaran mesin berada di angka 6.500 RPM.

Pada sistem suplai bahan bakarnya, motor ini menggunakan karburator dengan tipe VM X 1 Mikuni.

Pada motor ini, Yamaha mengaplikasikan sistem transmisi manual 4 percepatan.

Yamaha RX-KING

motor 2 tak yamaha

Siapa yang tak kenal dengan sang legenda sekaligus raja jalanan pada masanya, ya Yamaha RX-KING dari dulu sampai sekarang memang terkenal di kalangan masyarakat.

Walaupun RX-KING ini dikenal sebagai motor copet, padahal sebenarnya tidak seperti itu.

Kenapa motor ini bisa dijuluki sebagai raja jalanan? Sebab tenaga yang dihasilkan cukup besar, sehingga membuat akselerasi pada motor ini terasa lebih responsif.

Padahal apabila dibandingkan dengan Kawasaki Ninja, kapasitas mesin dari Yamaha RX-King ini jauh lebih kecil, yaitu hanya 132 cc.

Ternyata, walaupun kapasitas mesinnya kecil, motor ini mampu mengeluarkan power sebesar 18.5 PS di putaran 9.000 RPM dan torsinya bisa mencapai 1.54 kgf.m disaat putaran mesin berada di angka 8.000 RPM.

Adapun fitur lainnya yang tersemat pada mtor ini ialah sistem pendingin udara. Selain itu, pabrikan Yamaha telah mengaplikasikan sistem transmisi manual dengan 5 percepatan.

Hal ini sangat berpotensi bahwa lari atau laju dari Yamaha RX-KING akan semakin powerfull.

Baca juga: Motor Bebek Terbaik

Yamaha Tiara S

motor 2 tak yamaha

Ini dia Yamaha Tiara S 120 merupakan motor 2 tak yang dicari-cari para kolektor. Motor yang didesain dengan rangka underbone ini memang sudah jarang yang menjual.

Kenapa? Sebab motor ini memang benar-benar langka, adapun yang menjualnya pasti dengan harga yang sangat tinggi.

Selain dicari para kolektor, motor bebek 2 tak yang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2001 ini pun diincar oleh orang-orang yang paham dengan dunia otomotif.

Mungkin bagi kamu yang saat ini baru saja terjun ke dunia otomotif akan merasa kaget dengan keberadaannya Yamaha Tiara S. Kalau menurut saya sangat wajar si, sebab ketenaran motor ini tidak terlalu populer seperti Yamaha RX-KING dan FIZ-R.

Suzuki Satria Lumba 120

motor 2 tak suzuki

Semakin maraknya khazanah two stroke, Suzuki Satria Lumba 120 ini semakin banyak digunakan oleh anak-anak muda.

Pada tahun 1997 motor ini diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia. Dari sekian lama, tingkat populeritas Suzuki Satria Lumba 120 semakin meningkat, apalagi saat ini sedang ramai-ramainya motor 2 tak.

Pabrikan Suzuki menyematkan karburator Mikuni VM 20 SS untuk sistem suplai bahan bakarnya. Selain itu ada fitur lainnya yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan mesin, yaitu fitur pendingin udara.

Motor ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 13.5 PS pada putaran 8.000 RPM. Itulah alasan kenapa motor ini banyak digunakan oleh kaum-kaum pecinta 2 tak.

Suzuki Satria Hiu

motor 2 tak terbaik suzuki

 

Selain Satria Lumba, ada Satria Hiu yang ikut serta meramaikan khazanah motor 2 tak di tanah air.

Motor ini hadir di Indonesia sejak tahun 2004 dan ternyata, saat ini Satria Hiu sedang naik daun. Oleh karena itu harga pasarannya pun ikut tinggi.

Seperti yang sudah dikatakan oleh teman saya yang bernama Nasrul Haerul, selaku pemilik dari MFS (Mafiaso Speed Sukabumi).

Semenjak adanya kolektor motor yang berdatangan dari tetangga luar ke dalam negeri, motor ini dan motor 2 tak lainnya mulai naik lagi tingkat populeritasnya.

Jika kamu ingin membeli motor ini jangan merasa kaget, terlebih mendengar harga pasaran yang saat ini melonjak jauh lebih tinggi.

Ini memang fakta dan nyata, sebab teman saya sempat menjual peliharaannya dengan harga Rp 47.500.000. Kondisi dari motor tersebut masih benar-benar orisinil dan adem suara mesinnya.

Suzuki RGR 150

motor 2 tak indonesia

Motor yang pernah terkenal pada masanya kini kembali keluar untuk mengembalikan ketenaran yang pernah ada.

Jadi Suzuki RGR ini hadir di Indonesia pada tahun 1990, dimana pada masa itu motor ini merupakan motor 2 tak yang paling keren dan tinggi performanya.

Jika dilihat tampilan dimensinya, Suzuki RGR ini hampir sama dengan tampilan yang ada pada motor Kawasaki Ninja.

Terkenal dengan kecepatan tinggi, konsumsi bahan bakar yang dihasilkannya pun terkenal paling boros.

Ya menurut saya si sangat wajar, sebab konsumsi yang dihasilkannya pun sesuai dengan tenaga yang dikeluarkannya.

Berbicara soal teknologi, mesin dari motor ini telah dilengkapi oleh teknologi Suzuki Intake Pulse Control, yang mana teknologi tersebut berfungsi untuk mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mesin.

Tak hanya itu, adapun teknologi lainnya yang tersemat pada mesin motor ini, yaitu teknologi Suzuki Super Scavenging System.

Teknologi SSS ini berfungsi untuk memberikan asupan udara dengan jumlah besar, sehingga ketika motor ini sedang melaju pada kecepatan tinggi, maka mesin tersebut akan selalu aman.

Suzuki RK COOL 110

motor 2 tak

Selain RGR, Satria Hiu dan Lumba, inilah motor 2 tak lainnya yang dibuat oleh pabrikan Suzuki.

Di Indonesia sendiri, dulu motor ini sempat dijual dengan harga Rp 17.000.000. Kenapa harganya cukup mahal, apalagi kapasitas mesinnya hanya 110 cc? Karena motor ini di import langsung dari negara Thailand.

Jadi sangat wajar apabila motor ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Sama seperti pada motor 2 tak lainnya, sistem suplai bahan bakar yang digunakan pada motor ini pun menggunakan karburator mikuni VM 17.

Begitu juga dengan transmisi yang digunakannya, yaitu manual dan 5 percepatan.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar