Komponen Kaki-Kaki Mobil

Kali ini mamangbengkel akan mengulas tentang 6 komponen kaki-kaki mobil yang masing-masing mempunyai fungsinya sendiri.

Bepergian keluar kota (Jarak jauh) memang sangat menyenangkan apabila menggunakan kendaraan roda empat, bukan begitu? Selain dari nyaman, kita juga bisa terhindar dari panasnya sinar matahari yang menyengat, dan percikan air hujan.

Tapi sebelum kita gunakan untuk bepergian keluar kota, alangkah baiknya dicek terlebih dulu seluruh komponen mobil, pastikan satu persatu bahwa tidak ada yang bermasalah sedikitpun.

Tujuan dari hal ini adalah, agar pengemudi serta penumpangnya akan merasa nyaman ketika sedang melakukan perjalanan ke suatu kota.

Dan biasanya, bagian paling penting dari mobil yang harus kita cek terlebih dulu sebelum bepergian jarak jauh ialah, kaki-kaki mobil. Sebab kaki-kaki mobil ini adalah komponen yang sangat berbahaya apabila ada kerusakan.

Jika kaki-kaki mobil rusak, akan ada dampak yang bisa mengenai pengemudi dan penumpangnya. Diantaranya seperti:

  • Pengemudi dan penumpang tidak terasa nyaman.
  • Rawan terjadinya kecelakaan.
  • Dan bisa menghambat suatu perjalanan.

Nah perlu diketahui, komponen kaki-kaki mobil sendiri terbagi menjadi beberapa bagian. Kira-kira apa saja ya? Penasaran kan? Jangan dulu kemana-mana, silahkan simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Baca juga: Cara Kerja AC Mobil

Komponen Kaki-Kaki Mobil

komponen kaki kaki mobil
nmaa.co.id

Seperti yang telah saya ulas di atas, kaki-kaki mobil adalah bagian penting yang berfungsi untuk membuat mobil bisa digunakan dengan nyaman dan juga aman. Biasanya, kaki-kaki mobil terdiri dari beberapa bagian lainnya yang saling menghubungkan.

Berikut informasi tentang komponen kaki-kaki mobil yang akan saya bahas lengkap dengan fungsinya.

Roda-Roda

roda komponen kaki kaki mobil
otosia.com

Ban mobil atau sering disebut sebagai roda adalah komponen kaki-kaki mobil yang mempunyai peran untuk sebuah kendaraan. Mungkin roda ini merupakan komponen yang sering dilihat oleh orang-orang, sebab apapun itu tipe kendaraannya pasti mempunyai yang namanya roda.

Untuk fungsi dari roda sendiri ialah sebagai berikut:

  1. Menahan semua beban pada mobil
  2. Media yang menyatukan antara permukaan jalan dan juga kendaraan secara langsung.
  3. Pengatur kenyamanan ketika kendaraan sedang digunakan, baik itu pada kondisi jalan yang rata maupun tidak.

Selain itu, dengan adanya roda ini bisa membuat laju mobil bakal terasa nyaman oleh pengemudi dan para penumpangnya. Maka dari itu, ban mobil menjadi salah satu komponen kaki-kaki mobil yang fungsinya sangat penting.

Nah, bagi kamu yang mempunyai kendaraan bermobil jangan sampai lupa untuk selalu memeriksa kondisinya. Terlebih jika ingin memulai perjalanan jauh.

Nah, untuk ban sendiri ada dua jenis yang perlu kamu pahami, di antaranya sebagai berikut:

  1. Ban TubeLess, untuk jenis ini biasanya hanya ban luar beserta velg dan pentilnya saja. Pasalnya, untuk ban TubeLess itu tidak lagi menggunakan bantuan ban dalem.
  2. Ban TubeType, sementara untuk tipe ban seperti ini mempunyai komponen utama yang fungsinya untuk membantu proses pemasukan angin dan penahanan angin agar tidak keluar lagi, diantaranya seperti ban dalem, velg dan juga pentil.

Suspensi

komponen kaki kaki mobil
otosia.com

Lalu, komponen kaki-kaki mobil selanjutnya ialah suspensi. Bagian ini mempunyai fungsi untuk meredam getaran dan juga kejut yang terjadi ketika mobil sedang melaju di permukaan jalan yang kondisinya tidak rata.

Suspensi ini terletak tepat di antara rangka dan roba mobil. Sementara, suspensi ini dibuat dan pula digunakan sesuai dari tipe kendarannya, kenapa? Sebab di teknik otomotif itu ada berbagai jenis supensi mobil yang masing-masing mempunyai cara kerjanya sendiri.

Sebenarnya cara kerja suspensi ini hampir sama, cuman yang membedakannya itu tipe dari suspensi tersebut.

Jika mobil tidak memiliki bagian seperti suspensi, maka seluruh pengemudi dan penumpangnya tidak bakal merasakan yang namanya kenyamanan ketika bepergian, terlebih disaat melewati medan perjalanan yang tidak rata.

Ball Joint

kumpulan komponen mobil
oards.com

Kemudian, komponen kaki-kaki mobil yang ke tiga adalah Ball Joint, yang mana bagian ini mempunyai fungsi sebagai sumbu roda ketika mobil sedang berbelok. Fungsinya bukan hanya itu saja, namun Ball Joint sendiri merupakan bagian yang menghubungkan antara arm dan knuckle.

Apakah komponen ini sangat penting Tentu saja, dan jika terjadi kerusakan di bagian ini, maka komponen kaki-kaki mobil akan terdengar bunyi-bunyi yang tidak enak, salah satunya seperti gruduk-gruduk bila terdengar oleh telinga.

Oleh karena itu, bagi teman-teman yang mempunyai kendaraan bermobil harus bisa memperhatikan kesehatannya ya, terutama bagian mesin dan kaki-kakinya.

Bushing

bagian kaki kaki mobil
Nissan Indonesia

Mungkin bagi teman-teman yang belum mengetahui tentang dunia otomotif akan terasa asing jika mendengar komponen kaki-kaki yang satu ini. Yaps bushing, bagian yang dibuat dari bahan karet.

Supaya tidak mengganggu bagian logam lainnya, fungsi dari Bushing sendiri adalah untuk meredam getaran apabila mobil sedang melaju.

Perlu teman-teman ketahui, Bushing ini terdiri dari dua tipe yang masing-masing fungsinya berbeda. Diantaranya seperti:

  1. Bushing Arm.
  2. Bushing Stabilizer.

Mari kita ulas terlebih dulu tentang:

Bushing Arm: Nah untuk bagian ini adalah komponen kaki-kaki mobil yang bentuknya panjang seperti selongsong besi yang telah dilengkapi oleh karet. Untuk fungsinya ialah sebagai titik sumbu roda dengan lengan pencrengkemannya.

Selain itu, fungsi lainnya juga bisa meredam getaran di bagian sambungan antara komponen shockbreaker yang dibuat dari bahan logam.

Bushing Stabilizer: Sebenarnya untuk tipe Stabilizer ini fungsinya tidak jauh beda dengan jenis yang sudah saya jelaskan di atas. Namun, letak Bushing Stabilizer ini terletak di bagian Link Stabilizer yang akan bekerja sebagai penyeimbang kedua suspensi kanan dan kiri.

Baca juga: Cara Jumper Aki Mobil

Bearing/Laher

fungsi komponen kaki kaki mobil
gridoto.com

Adapun komponen kaki-kaki mobil lainnya yang bernama Bearing/Laher. Seperti yang sudah kita ketahui, Bearing yang letaknya berada di bagian kaki-kaki mobil ini adalah komponen yang mempunyai fungsi sebagai penyangga roda.

Dimana bagian ini mempunyai peranan penting disaat roda berputar dan juga sebagai penyeimbang ketika mobil sedang melaju di jalanan raya.

Apakah bagian ini penting untuk selalu dicek kesehatannya? Tentu saja, pasalnya jika ada kerusakan pada bearing, akan terdengar suara berisik pada bagian kaki-kaki mobilnya dan mobil pun tidak akan nyaman ketika digunakan.

Tie Rod

komponen kaki kaki mobil
garasi.id

Nah bagian terakhir dari kaki-kaki mobil ialah Tie Rod. Bagian ini adalah bagian yang langsung menghubungkan dengan sistem pengemudi (Setir mobil). Jadi jika setir mobil bisa dibelok ke kanan dan ke kiri, Tie Rod inilah yang menggerakannya.

Apabila terdapat kerusakan di bagian Tie Rod mobil, hal tersebut tentu saja dapat mengganggu sistem pengemudi, salah satunya seperti setir mobil.

***

Betapa pentingnya kita sebagai pemilik dan pengguna kendaraan roda empat seperti mobil harus pintar merawat kesehatan seluruh komponennya, kenapa? Guna kenyamanan dan keamanan ketika digunakan bepergian dalam kota maupun luar kota.

Mungkin itu saja ulasan tentang nama-nama dari komponen kaki-kaki mobil yang dilengkapi beserta fungsinya, semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat teman-teman lebih jeli lagi dalam memperhatikan kesehatan pada mobil.

Jika artikel ini bermanfaat, saya sebagai penulis konten merasa bangga jika artikel ini dibagikan kepada teman-teman ataupun media lainnya.

Terimakasih.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Mobil Sport
Read More

Mobil Sport

Mobil Sport – Perlu kalian ketahui ketika mengulas dunia otomotif itu tidak akan ada ujungnya, kenapa kok bisa?…