Cara Jumper Aki Mobil

Saat ini banyak sekali orang mencari informasi mengenai cara jumper aki mobil, kenapa? Sebab, hal tersebut merupakan informasi penting untuk menangani mobil yang mogok dikarenakan aki nya soak/habis.

Untuk kesempatan kali ini, mamangbengkel akan membahas informasi mengenai cara jumper aki mobil, bagi teman-teman yang belum mengetahuinya bisa langsung simak penjelasan berikut ini.

Pertama-tama, saya akan mengulas tentang.

Fungsi Aki untuk Mobil

cara jumper aki mobil
assets.mitsubishi-motors.co.id

Aki mobil adalah bagian yang sangat vital untuk kendaraan mobil ataupun motor, pasalnya aki sendiri mempunyai tugas untuk memberi kekuatan listrik yang nantinya memutar dinamo starter untuk menghidupkan mesin.

Bukan itu saja, namun aki pun adalah sumber baterai yang menjadi pusat utama untuk menyalakan bagian-bagian mobil lainnya. Sebagai contohnya seperti, lampu mobil, semua sistem kelistrikan pada mobil, dan elektrik starter.

Mungkin aki mobil adalah komponen yang tak asing lagi terdengar oleh telinga kita, terlebih bagi orang yang gemar dengan dunia otomotif pasti kerap mendengar komponen mobil yang satu ini.

Biasanya, aki mobil dipakai untuk kendaraan yang menggunakan mesin bensin atau diesel. Fungsi dari aki terhadap mobil ini sebagai media tempat pengaliran listrik ke bagian mobil.

Selain itu, aki sendiri dimanfaatkan sebagai baterai yang fungsinya dimanfaatkan untuk wadah penyimpanan energi listrik ketika sedang dalam proses pengisian.

Nah, sebelum masuk ke dalam pembahasan inti, yaitu mengetahui cara jumper aki mobil yang benar, alangkah baiknya teman-teman mengenali lebih dulu tentang jenis aki pada kendaraan.

Baca juga: Cara Kerja AC Mobil

Jenis Aki

mengetahui jenis aki mobil
showroommobil.co.id

Seperti yang telah kita ketahui bahwa aki mobil merupakan komponen penting yang harus dirawat oleh pemilik kendaraan. Tanpa adanya aki, maka kendaraan yang kita miliki tidak bisa digunakan sama sekali, terutama untuk mobil.

Diantara kamu semua, apakah ada yang tau mengenai jenis-jenis aki pada mobil yang biasanya sering digunakan? Saya rasa ada sebagian yang belum tau. Nah bagi yang belum mengetahui, silahkan simak beberapa tipe aki mobil yang perlu kamu ketahui.

1. Aki Basah

aki basah untuk mobil
detik.com

Aki basah adalah jenis aki yang sangat gampang kamu temukan di pasaran, bahkan hampir setiap bengkel mobil pasti menjual aki dengan jenis basah seperti ini. Nah, perlu kamu ketahui, aki basah adalah aki standart yang kerap digunakan oleh sepeda motor.

Ciri-ciri dari jenis aki ini ialah adanya cairan H25O4 di dalam aki tersebut.

Ada pun kelebihan serta kekurangannya yang perlu kamu ketahui:

Kelebihan:

Uniknya, kelebihan dari aki bertipe basah ini ialah dari harga pasar yang bisa dikatakan lebih murah. Bila ingin membelinya, kamu pun bisa sangat mudah untuk mendapakatannya. Tak jarang orang yang kesulitan mencari aki basah.

Selain itu, aki basah itu bisa digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama, dengan catatan “harus bisa merawat kesehatannya dengan baik”.

Kekurangan:

Dikarenakan di dalam aki basah ini terdapat cairan elektrolit, maka kamu sebagai pemilik mobil harus memeriksa kondisi aki secara berkala. Hal ini dilakukan karena cairan dari dalam aki tersebut gampang sekali menguap.

Apabila kamu tidak bagus dalam merawatnya, maka cairan elektrolit akan mudah tumpah dan bisa membasahi bagian-bagian mesin yang ada di dalam cup mobil di bagian depan.

Seperti yang sudah diketahui, cairan elektrolit ini mempunyai sifat korosif. Apa itu korosif? Yaitu sifat yang bisa merusak bagian mobil yang terbuat dari bahan besi.

Baca juga: Cara Kerja Sistem Suspensi Mobil

2. Aki Kering

jumper aki mobil
garasi.id

Aki kering atau bahasa lainnya aki MF (Maintenance Free) adalah salah satu jenis aki yang terkenal selain dari aki basah. Walaupun menggunakan sebutan “kering”, tapi bukan berarti didalam aki tersebut tidak ada cairan elektrolitnya.

Tapi dibagian atas akinya ada segel yang kuat, sehingga bisa meminimalisir akan terjadinya penguapan cairan dari dalam aki. Tak hanya itu, segel tersebut pun bisa melindungi cairan elektrolit di dalam aki supaya tidak tumpah dan membasahi komponen mobil lainnya.

Mengenal kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan:

Dikarenakan dibagian atas akinya terdapat segel yang kuat, tentunya kamu tidak harus merawat dan melakukan penggantian aki secara rutin. Hal ini tentu saja bakal cocok untuk kamu yang ingin praktis dalam perawatan aki mobil.

Kekurangan:

Kekurangan dari aki kering ini adalah bagian atas yang tertutup rapat, kenapa? Jika kondisi dari kekuatan aki tersebut sudah mulai melemah, mau tidak mau pemilik mobil harus menggantinya dengan aki yang baru.

Oh iya bukan itu saja, jangka waktu pemakaian aki kering ini jauh lebih cepat apabila dibandingkan dengan jenis aki basah.

3. Aki Kalsium

tutorial jumper aki mobil
ralali.com

Sebenarnya jenis aki kalsium ini hampir sama dengan aki pada umumnya, tapi dibagian kutub baterainya dibuat dari bahan kalsium. Baik itu kutub positif atau negatifnya sama-sama dibuat menggunakan bahan kalsium.

Bila dibandingkan, tingkat penguapannya pun jauh lebih kecil daripada aki-aki pada umumnya. Memang, jenis aki seperti ini tidak terlalu terkenal di pasar Indonesia, karena masih banyak orang di luaran sana yang belum benar-benar memahaminya.

Untuk kelebihan dan kekurangan aki kalsium, ada di bawah ini.

Kelebihan:

Salah satu keunggulan dari aki kalsium ini terlihat dari tingkat kemampuan baterainya sangat awet dalam menampung alur listrik yang mengalir.

Kekurangan:

Dikarenakan di pasar Indonesia masih sangat yang menjual aki kalsium, kamu akan susah untuk mendapatkannya. Jikalau memang ada atau kamu tidak sengaja menemukannya, ketersiadaan stoknya sangat terbatas dan harganya pun pasti lebih mahal.

4. Aki Hybrid

jumper aki untuk mobil
cintamobil.com

Aki hybrid merupakan jenis aki terbaru yang di dalamnya menggunakan teknologi terbaru. Bisa disebut bahwa tipe aki ini adalah gabungan antara aki basah dengan aki kalsium. Tapi, yang membedakan adalah adanya kutub baterai.

Sama seperti dengan jenis aki kalsium, aki hybrid sendiri kurang begitu dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Ya walaupun ada beberapa orang yang mengenali dan berpendapat bahwa aki ini termasuk ke dalam golongan aki terbaik, apabila dibandingkan dengan tipe aki basah.

Ingin mengetahui kelebihan serta kekurangannya? Ada di bawah ini.

Kelebihan:

Jangka waktu pemakaiannya jauh lebih lama daripada aki basah. Hal tersebut tentu saja bisa lebih menghemat pengeluaran biaya untuk penggantian aki. Bukan hanya itu saja, penguapan air yang ada di dalam aki tersebut jauh lebih minim.

Kekurangan:

Susah menemukannya, karena di bengkel-bengkel atau toko otomotif masih sangat minim yang menjualnya. Selain itu, cairan yang ada di dalamnya pun sangat berbahaya.

5. Aki Gel

cara jumper aki mobil
gridoto.com

Perlu diketahui, jenis aki gel ini adalah aki keluaran terbaru yang juga mengusung teknologi paling modern. Aki ini memanfaatkan gel untuk dijadikan sebagai pengganti dari cairan elektrolit, itulah alasan kenapa aki ini bisa disebut dengan aki gel.

Menakjubkan lagi, penggunaan gel ini jauh lebih ramah terhadap lingkungan dan juga bisa mengurangi kejadian yang tidak diinginkan.

Adapun kelebihan serta kekurangannya seperti ini.

Kelebihan:

Sebenarnya kelebihan dari aki gel ini hampir sama dengan jenis aki kering, yaitu tidak perlu melakukan perawatan secara berkala. Malahan, maksimal usia penggunannya bisa 2x lebih lama apabila dibandingkan dengan tipe aki lainnya.

Kekurangan:

Dikarenakan menggunakan teknologi modern, aki gel ini mempunyai harga yang tinggi ketika dijual di pasaran. Wajar saja sih menurut saya, karena sesuai dengan kualitas yang dimiliki oleh aki tersebut.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis aki, mari kita masuk ke poin utama, yaitu membahas tentang bagaimana cara jumper aki mobil yang baik dan benar.

Baca juga: Mobil SUV Terbaik

Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

cara jumper aki mobil
kompas otomotif

Ini dia pembahasan yang ditunggu-tunggu, yaitu cara jumper aki mobil yang baik dan benar. Nah untuk menjumper aki mobil, kamu tidak bisa menggunakan cara yang sembarangan. Kenapa? Sebab ada metode khusus yang bisa kamu lakukan.

Tak perlu lama-lama berbasa-basi, yuk langsung saja simak metode mengenai bagaimana langkah-langkah cara jumper aki mobil yang benar.

1. Pahami Penyebabnya

Yang dimaksud dari “Pahami penyebabnya” adalah memahami kerusakan pada aki tersebut, apakah aki itu soak atau benar-benar rusak. Jika kamu mendapati bahwa ternyata aki mobil itu soak, maka bisa dilakukan jumper aki mobil.

Namun dengan sebaliknya, jika aki tersebut ternyata rusak dan tidak bisa ditangani dengan cara lain, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Untuk memastikan penyebab dari kerusakan aki, kamu bisa langsung menyalakan bagian lampu mobil. Apabila lampu itu nampak redup, berarti soak atau rusak. Namun, jika ternyata lampu itu menyorot terang, itu tandanya aki mobil masih dalam kondisi bagus.

2. Siapkan Jumper dan Aki

alat jumper aki mobil
kabel jumper aki mobil

Apabila kamu sudah benar-benar menganalisa apa penyebab aki yang harus di jumper, maka kamu harus menyiapkan aki yang bagus untuk mengisi daya terhadap aki yang soak dan jangan lupa alat jumpernya pun harus ada.

Oh iya, ukuran dari kabel jumpernya diusahakan harus 10 meter yah.

3. Dekatkan Jarak Mobil

dekatkan jarak mobil
mobilmo.com

Jika semua peralatan sudah siap, langkah selanjutnya adalah mendekatkan mobil yang kamu gunakan untuk jumper dengan mobil yang ingin di jumper. Sebenarnya bisa saja tanpa harus mendekatkan mobil lain, cukup akinya saja yang di bawa.

Jika kedua mobil sudah saling berhadapan dan berdekatan, pastikan bagian kabel jumpernya cukup untuk menjangkau jarak antara masing-masing aki mobil.

4. Sambungkan Kedua Kutub Aki

menyambungkan kedua kabel jumper
intersport.id

Untuk menyambungkan kabel diantara kedua katub aki, saya sarankan untuk menggunakan sarung tangan karet supaya terhindar dari setruman listrik yang disebabkan oleh aki.

Perlu diingat, kutub positif (+) dibagian aki mobil diberi tanda merah, dan untuk kutub (-) diberi tanda dengan warna hitam.

Pasangkan kabel yang sesuai dengan positif dan negatif, jangan sampai salah! Karena, jika salah dalam pemasangan kabel katubnya bisa berdampak buruk terhadap aki.

5. Tunggu Beberapa Menit

Apabila keempat cara di atas sudah kamu lakukan, langkah selanjutnya adalah menunggu beberapa menit untuk mengetahui hasil dari jumper aki mobil tersebut dengan catatan “Kabel jumper harus benar-benar lepas dari katub aki”

6. Nyalakan Mesin Mobil

menyalakan mesin mobil
cintamobil.com

Setelah menunggu beberapa menit dan setrum aki sudah benar-benar habis, silahkan coba untuk menghidupkan mesin mobil secara perlahan. Jika mobil sudah bisa di starter kembali, coba diamkan dulu selama 1 atau 2 menit.

Sekian ulasan mengenai cara jumper aki mobil yang benar, semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi solusi dan tentunya bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mendapati permasalahan pada aki mobil.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pengertian transmisi
Read More

Pengertian Transmisi

Halo penggemar otomotif, pada kesempatan kali ini mamangbengkel akan mengulas tentang Pengertian Transmisi. Sehubungan dengan perkembangan perusahaan otomotif…