Fungsi Kiprok Motor

Oleh: /

Halo sahabat otomotif di seluruh Indonesia, kali ini mamangbengkel akan mengulas Fungsi Kiprok Motor, bagaimana cara kiprok bekerja, apa saja komponennya, dan bagaimana cara mengetahui kerusakannya.

Apakah kamu tahu apa itu kiprok motor? Apa saja fungsi dari kiprok motor? dan apa saja yang akan terjadi jika kiprok motor rusak?

Mungkin sahabat otomotif sudah mengetahuinya, namun saya yakin ada beberapa diantara sahabat otomotif yang belum mengetahui hal ini.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai fungsi kiprok motor, perlu kamu ketahui bahwa kiprok adalah salah satu bagian yang mempunyai peran penting bagi kendaraan.

Yang mana komponen ini akan menjadi bagian dari seluruh sistem Kelistrikan pada motor. Bicara tentang alur listrik, tentu saja bagian ini masih ada kaitannya dengan aki motor. Kenapa? Karena baik atau buruknya kualitas aki tersebut bisa dilihat dari kondisi kiproknya

Mungkin kiprok ini merupakan komponen motor yang sangat jarang kita sentuh permukaannya, karena letaknya ada di bagian dalam body. Oleh karena itu, itulah alasan kenapa kiprok motor jarang sekali disentuh.

Untuk mempersingkat waktu, mari kita simak bareng-bareng ulasan berikut ini.

Baca Juga Artikel ini:

Fungsi Kiprok Motor

Fungsi Kiprok Motor
gridoto

Kiprok atau sebutan dalam bahasa lain ialah ‘Rectifier Regulator‘. Nah, fungsi dari kiprok motor ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu untuk alat pembatas tegangan listrik yang dialirkan oleh sepul dan juga sebagai penyambung arus pengisian listrik dari sepul.

Perlu kamu ketahui, dua hal di atas adalah fungsi utama dari kiprok. Selain dari fungsi utama, apakah kiprok motor ini mempunyai fungsi lainnya? Berikut ada sedikit ulasan mengenai masing-masing dari fungsi kiprok.

Untuk informasi lengkapnya, silahkan langsung menyimak ulasan di bawah ini.

  1. Pertama: Fungsi kiprok terhadap motor ialah untuk penyearah(pengubah). Lantas bagaimana cara kerjanya? Yaitu bekerja dengan merubah alur listrik ‘Alternating Current’ (AC) menjadi jenis ‘Direct Current’ (DC). Tujuannya adalah, memberikan aliran listrik dari sepul ke dalam aki untuk disimpan dan dijadikan sebagai sumber energi ketika motor itu dihidupkan dengan menggunakan starter. Nah, aliran listrik yang ditampung oleh aki sebenarnya bukan hanya dibutuhkan untuk menghidupkan starter otomatis saja, namun digunakan juga untuk kebutuhan lainnya. Oh iya, perlu kamu ketahui listrik yang mengalir dari sepul untuk aki sebenarnya tidak bisa langsung masuk begitu saja, melainkan adanya penyaringan oleh kiprok. Dikarenakan aki menggunakan jenis listrik DC, maka kiprok ini bertugas untuk merubah arus AC menjadi DC dari sepul sehingga bisa masuk ke dalam bagian aki.
  2. Kedua: Selain untuk penyearah, fungsi kiprok juga bisa sebagai regulator, atau bahasa lainnya ialah membatasi tegangan pengisian listrik dari bagian sepul. Jadi, ketika aki sudah dalam konsisi penuh, maka kiprok motor ini akan membatasi aliran listrik yang dipasok dari sepul dengan cara mengalihkannya ke bagian lain. Kenapa? Supaya terhindar dari ‘Overcharge’. Namun, jika aliran listrik itu terlalu kecil, hal tersebut dapat membuat aki cepat tekor. Maka dari itu tegangan listrik tersebut harus seimbang supaya aki dapat bekerja secara optimal.

Ciri Kiprok Motor Rusak

Fungsi Kiprok Motor
autoexpose.org

Betapa pentingnya Fungsi Kiprok terhadap Motor sehingga ketika kiprok rusak akan menimbulkan kendala-kendala kepada motor. Maka dari itu, kita sebagai pemilik motor harus bisa memperhatikan seluruh komponen yang ada pada motor tersebut.

Salah satunya seperti kiprok motor, walaupun komponen ini jarang disentuh, namun apa salah ketika melakukan service rutinan di bengkel resmi, kamu bisa minta tolong kepada mekanik untuk sekali melakukan pengecekan terhadap kiprok dan komponen lainnya.

Lantas apa saja kendala yang akan terasa ketika kiprok motor ini rusak? Berikut ulasannya:

  1. Ciri pertama ketika kiprok rusak ini ialah tidak bisa menghidupkan motor dengan menggunakan starter otomatis. Jika dilihat, hal ini disebabkan aki tekor karena kekurangan asupan listrik yang dialirkan dari sepul melalui kiprok.
  2. Jika kiprok motor sudah mulai melemah, hal tersebut bisa menjadikan cahaya lampu tidak terang seperti biasanya. Tapi, jika motor itu dikendarai, cahaya lampu akan kembali terang sesuai dengan kecepatan motor ketika digunakan.
  3. Kendala lainnya yang diakibatkan kiprok motor melemah atau rusak adalah ‘Tiba-tiba motor bisa mati ditengah jalan’ Hal ini bisa dikatakan permasalahan yang cukup fatal dan sangat membahayakan para pengendara, dikarenakan motor bisa tiba-tiba mati sendiri ketika sedang digunakan.
  4. Selain itu, lampu-lampu seperti Speedometer, Sein-sein, Klakson, dan semua sistem kelistrikan akan tidak berfungsi secara optimal, bahkan bisa mati karena tidak adanya alur listrik yang mengalir ke bagian busi, sehingga motor pun tidak bisa dihidupkan.
  5. Dikarenakan lemahnya kiprok, maka aki motor pun bisa mengalami ‘Overcharge’ yang disebabkan aliran listriknya tidak menentu
  6. Mesin ketika dihidupkan akan terdengar suara yang lumayan cukup kasar, kenapa? Karena masuknya aliran listrik yang terlalu besar bisa membuat percikan-percikan api dibagian busi tidak stabil.

Penyebab Kiprok Motor Rusak

Fungsi Kiprok Motor
Sumber Rezeki Motor

Seperti yang kita ketahui bahwa kiprok motor ada kaitannya dengan sistem kelistrikan motor. Lalu, apakah kiprok ini bisa rusak? Kemudian apa penyebab yang bisa membuat kiprok ini rusak dan tidak berfungsi lagi seperti biasanya?

Berikut ulasannya:

  1. Penambahan komponen yang berlebihan bisa membuat kiprok rusak, dikarenakan motor tidak sesuai menggunakan beberapa arus listrik sehingga terjadinya konsleting pada bagian kiprok.
  2. Faktor usia, dan juga Overheating dari kiproknya sendiri
  3. Aliran listrik yang mengalir dari dalam sepul tidak setabil, sehingga kiprok tidak bisa mencerna dengan baik yang pada akhirnya terjadi konsleting pada kiprok tersebut.
  4. Dari kabel sepul yang menyambung kebagian kiprok sudah tidak layak digunakan.
  5. Sistem kelistrikan mati yang menyebabkan tidak stbailnya aliran listrik, hal ini bisa membuat kiprok jadi konslet.

Cara Mengatasi Kiprok Rusak

Fungsi Kiprok Motor
idntimes

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi kiprok motor ini cukup banyak untuk kendaraan bermotor, maka dari itu jangan sampai komponen ini rusak.

Jika terjadinya kerusakan pada komponen ini, kamu harus segara mengatasinya agar tidak terjadi apa-apa terhadap motor kesayanganmu.

Lantas bagaimana cara mengatasi kiprok motor yang rusak?

Bisa dikatakan bahwa memperbaiki kiprok motor ini sangat susah. Kenapa? Karena didalam kiprok terdapat ‘Circuit Electronika’ yang terdiri dari Transitor, Resitor, Dioda, Ic, dan masih banyak lainnya.

Hanya orang-orang berpengalaman dibidang kelistrikan yang bisa memperbaiki kerusakan pada bagian kiprok. Cara mengatasi kiprok motor rusak yang paling gampang adalah ‘Membeli kiprok baru dengan kualitas yang original’, terlebih harganya pun tidak terlalu mahal.

Untuk keterangan harga kiprok sendiri disesuaikan dengan masing-masing tipe motor.

Jadi, jangan merasa heran apabila kamu mendapati harga kiprok untuk motor yang berkapasitas mesin besar akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan motor-motor kecil, seperti bebek dan matic.

***

Mungkin sekian ulasan dari saya mengenai Fungsi Kiprok Motor, Apa itu Kiprok Motor? Apa penyebab kerusakan pada kiprok motor, dan bagaimana cara mengatasi kiprok motor yang rusak.

Jika terdapat kesalahan dalam penyampaiannya, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu semua, dan juga mudah dipahami ketika dibaca.

Terimakasih, salam otomotif!

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar