Toyota Corolla Cross Akan Hadir di Indonesia

Oleh: /

Melalui akun Instagram resmi @toyoyaid, PT. TAM (Toyota Astra Motor) mengumumkan bahwa Toyota Corolla Cross akan segera masuk ke negara Indonesia, tepatnya pada tanggal 6 Agustus, tahun 2020.

Nah, rencana peluncurannya akan diselenggarakan secara virtual melalui live streaming di YouTube Channel Toyotaindonesia pada pukul 11:00 WIB sampai selesai. Apabila kamu ingin menyaksikan peluncurannya, bisa langsung lihat di YouTube.

Oh iya, sebelumnya Toyota Corolla Corss ini sudah masuk lebih dulu di negara Thailand, tepatnya pada tanggal 9 juli. Kurang lebih dari sebulan kurang.

Lalu, kira-kira seperti apa ya fitur dan spesifikasi Toyota Corolla Cross ini? Penasaran kan? Silahkan perhatikan penjelasan di bawah ini.

Simak baik-baik ya.

Mesin Toyota Corolla Cross

Toyota corolla cross
mesin toyota corolla cross

Toyota Corolla keluar dengan mengusung mesin berbahan bakar bensin yang mempunyai kode 2ZR-FBE. Mesin tersebut mempunyai ruang kapasitas sebesar 1.800 cc dengan kecepatan 138 kuda, dan mesin hybrid 2ZR-FXW THS II yang mampu memberikan 96 kekuatan tenaga kuda untuk mesin bensin, serta 72 nya untuk mesin listriknya.

Untuk jenis mesinnya sama seperti yang dipakai oleh Toyota C-HR dan tenaga mesin akan dialirkan ke bagian roda depan. Untuk sistem transmisinya, mobil ini menggunakan transmisi CVT (Otomatis) dengan tujuh percepatan.

Tipenya mencakup 1.8 Sport, Hybrid Smart, Hybrid Safety Premium, dan Hybrid Premium. Semua tipenya dijual dengan harga Rp 959.999 Baht sampai dengan 1.119.000 Baht.

Nah, di Indonesia sendiri, mobil Toyota Corolla Cross merupakan tipe baru yang diciptakan oleh PT. Toyota Astra Motor dan tentunya akan melengkapi pasar otomotif diantara Toyota C-HR & Toyota Fortuner di tingkatan mobil SUV (Sport Utility Vehicle).

Fitur Keselamatan & Kenyamanan

fitur toyota corolla cross
priceprice.com

Desain dari Toyota Corolla Cross ini dibuat atas platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Bukan hanya digunakan pada mobil ini saja, melainkan diaplikasikan juga terhadap mobil Toyota dengan tipe terbaru.

Perlu kita ketahui, platform ini telah dikembangkan sehingga mobil Toyota Corolla Cross dinyatakan mempunyai fitur kenyamanan, keselamatan dan performa yang lebih baik lagi. Hal ini dilakukan oleh PT. TAM demi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Selain dari mesin yang digunakan, seperti yang telah disinggung di atas, mobil ini telah menggunakan suspensi dengan sistem torsion beam, yang mana suspensi tersebut sudah dikembangkan oleh PT. TAM sehingga mampu memberikan keseimbangan di berbagai macam medan perjalanan.

Oh iya, tidak lupa ada berbagai macam jenis fitur keselamatan yang di ikutsertakan. Misal seperti Toyota Safety Sense yang mencakupi pre-collision system, lane departure alert with steering assist, automatic high beams, dynamic radar cruise control with lane tracing assist.

Selain itu, ada pun fitur keselamatan aktif dengan blind spot monitor, panoramic view monitor, rear cross traffic alert, hill-start assist control, wheel disc brakes, emergency brake signal, TRC (Traction System Control), VSC (Vehicle Stability Control), dan anti-lock brake system atau merupakan singkatan dari kata ABS.

Selain dari fitur keselamatan aktif, apakah ada fitur keselamatan pasifnya? Tentu saja, untuk keselamatan pasifnya meliputi tire pressure monitoring system serta 7 SRS airbags.

Bagaimana nih Toyotalovers? Fitur kenyamanan dan keselamatannya sudah mumpuni bukan?

Interior Design Toyota Corolla Cross

design interior toyota corolla cross
carvaganza.com

Walaupun mobil ini masuk ke jenis SUC, DNA kenyamanan dari Toyota Corolla Cross tetap terpasang pada mobil ini. Ketika hadir di Thailand, dikatakan bahwa semua jok mobil ini dilapisi oleh kulit yang berwarna merah.

Jika bagian interiornya dilihat secara keseluruhan, Toyota Corolla Cross ini diberi bekal pengaturan jok pengemudi elektrik, jok belakang menggunakan arm rest, AC digital dual zone, ventilasi AC, pengaturan reclining, dan bisa diekspansi sampai 487 liter.

Menariknya dari mobil keluaran terbaru Toyota ini, bagian pintu bagasinya bisa dibuka secara otomatis, atau bahasa lainnya adalah “Power Back Door” yang dilengkapi oleh teknologi activated kick sensor.

Jadi untuk membuka bagian bagasi belakang, kamu hanya cukup mengayunkan kaki kanan atau kiri tepat di bawah bumper belakang. Nanti, bagasi tersebut akan terbuka secara otomatis.

Nah untuk bagian head unitnya, Toyota Corolla Cross menggunakan touchscreen yang lebar layarnya sebesar 9 inch. Selain itu, head unit tersebut sudah support dengan Apple CarPlay, T-Connect, dan sudah bisa disambungkan menggunakan Bluetooth serta kabel USB.

Untuk memberikan informasi terkait mobil dan berekendara, disitu ada multi information display yang merupakan arti dari singkatan kata (MID) sebesar 7 inch pada instrumen kluster.

Oh iya ada yang lupa, jika ingin masuk ke dalam interior Toyota Corolla Cross ini, kamu hanya perlu mengantongi kunci. Kenapa? Karena di dalamnya telah tersedia fitur smart entry yang dilengkapi dengan push start/stop engine button.

Selain itu, pada bagian spionnya pun sudah bisa dilipat secara otomatis. Tombol untuk pelipatan spionnya terletak di dekat dengan stir mobil.

Baca juga: Mobil Keluarga Murah

Tampilan Exterior Toyota Corolla Cross

tampilan toyota corolla ccross
carvaganza.com

Jika dilihat secara dimensi, SUV yang mampu memuat penumpang 5 ini mempunyai sudut pandang 4.460 mm, lebarnya 1.825 mm dan bagian tingginya mencapai 1.620 mm.

Tampilan itu bisa dikatakan lebih besar daripada mobil Toyota C-HR yang memiliki panjang 4.360 mm, lebar mobil 1.795 mm dan tingginya mencapai 1.565 mm.

Dikarenakan membawa DNA sedan, Toyota Corolla Cross mempunyai tampilan lebih elegan, sporty dengan desain garis tajam serta lampu yang terlihat sedikit menyempit.

Untuk bagian lampunya, mobil ini telah menggunakan LED. Mulai dari lampu bagian utama dengan proyektor fitur otomatis, follow me homedaytime running light, lampu kabut, bahkan sampai lampu belakang.

Kemudian, mobil ini disematkan velg yang terlihat sporty dari segi desainnya. Selain itu, ukurannya mencapai 18 inch. Sementara, untuk bagian atasnya sudah menggunakan roof rack serta diberi power moon roof yang membuat mobil ini nampak terlihat sangat elegan.

***

Nah itu tadi fitur dan spesifikasi yang digunakan oleh Toyota Corolla Cross di negara Thailand. Lantas, kira-kira seperti apa ya bentuk varian Toyota Corolla Cross di Indonesia? Penasaran kan? Sabar, sebentar lagi akan rilis kok.

Tunggu saja kehadiran yang akan diresmikan pada tanggal 6 Agustus besok ya 🙂

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar