Cara Merawat Ban

Oleh: /

Ada banyak tips dan cara merawat ban mobil dan motor agar kualitasnya bertahan lama. Mungkin hal ini terlihat sepele untuk dipahami oleh pemilik kendaraan, namun ternyata tidak. Justru sangat penting.

Sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan yang melupakan akan pentingnya hal ini. Padahal fungsi karet ban ini begitu penting untuk menunjang keselamatan pengguna kendaraan tersebut.

Oleh karena itu, apabila kondisi ban mobil atau motor botak, tentu sangat membahayakan.

Untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu selaku pemilik kendaraan baik itu motor atau mobil harus mengecek kondisi ban yang digunakan oleh kendaraan tersebut.

Apa saja yang harus diperhatikan? Diantaranya seperti:

  • Gundul/Botaknya ban.
  • Waktu expired
  • Dan masih banyak lagi

Teruntuk kamu yang ingin merawat ban kendar aan tapi belum mengetahui bagaimana caranya, silahkan simak ulasan berikut ini yang isinya cara merawat ban mobil dan motor dengan benar.

Cara Merawat Ban Mobil & Motor

cara merawat ban

Ada banyak cara merawat ban mobil dan motor yang bisa bikin ban tahan lama, berikut tips yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba.

Periksa Kondisi Ban

cara merawat ban mobil

Setelah melakukan perjalanan jauh, baik itu menggunakan mobil atau motor. Kita sebagai pemilik kendaraan tersebut wajib untuk memeriksa kondisi ban.

Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena dalam perjalanan, tanpa kita sadari kendaraan yang kita gunakan akan melewati berbagai macam medan jalan. Misal jalan yang jelek berlubang, genangan air dan lumpur.

Dengan begitu, ban yang menempel pada kendaraan itu akan kotor. Apabila kotoran yang menempel pada ban tidak dibersihkan, maka lama kelamaan kotoran tersebut akan mengering dan membuat kualitas ban berkurang.

Alhasil kotoran tersebut akan mengganggu laju kendaraan yang kamu gunakan.

Setelah mengetahui cara merawat ban yang pertama, mari kita ketahui cara kedua.

Baca juga: Cara Memilih Ban Mobil

Ketahui Tekanan Angin yang Pas

tekanan ban

Setiap kendaraan pasti mempunyai jenis ban yang berbeda, hal ini berlaku untuk kendaraan roda dua dan empat. Biasanya perbedaan jenisnya dilihat dari segi ukuran atau tekanan angin yang tersimpan didalamnya.

Oleh karena itu, sebelum kamu mengisi ulang angin ke dalam ban, alangkah baiknya ketahui dulu berapa ukuran angin yang mampu ditampung oleh ban tersebut.

Biasanya informasi ini bisa kamu lihat pada pintu kemudi atau pada buku panduan yang diberikan oleh pabrikan kendaraan tersebut.

Ini cara merawat ban kedua yang bisa langsung kamu praktekan, yuk mari kita lanjutkan ke tips berikutnya.

Periksa Tekanan Angin

cara merawat ban

Mungkin ada yang bertanya kenapa harus memeriksa tekanan angin ban? Padahal bagian ini merupakan penentu ban bisa bertahan lama atau tidak.

Maka dari itu ukuran angin yang sesuai dengan ban tersebut dapat membuat kinerja ban sesuai dengan ketentuannya.

Lantas, berapa ukuran angin yang tepat untuk ban kendaraan kita? Jawabannya kembali lagi pada point sebelumnya, yang mana penggunaan angin ini harus disesuaikan dengan kemampuan ban yang kita gunakan.

Tukar Posisi Ban Secara Rutin

cara merawat ban

Kenapa harus menukar posisi ban secara rutin? Karena pada umumnya ban mobil bagian depan lebih cepat habis apabila dibandingkan dengan bagian belakang.

Kok bisa si cepat habis? Sebab ban depan ini bekerja membelokkan roda dan menghentikan putaran roda terhadap aspal. Dengan begitu, ban depan akan cepat habis.

Jika menginginkan ban mobil itu awet, kamu harus menukar posisinya dengan rutin. Biasanya bagian ini sering dilakukan ketika kendaraan sudah menempuh perjalanan sepanjang 5.000 km.

Bersihkan Ban dari Kotoran

cara merawat ban

Cara merawat ban selanjutnya adalah membersihkan kotoran yang menempel di permukaan ban. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun dampaknya bisa luar biasa terhadap kualitas si ban tersebut.

Sebenarnya bagian ini merupakan cara termudah untuk merawat kualitas ban agar tetap bagus dan bisa digunakan dalam waktu panjang.

Untuk membersihkannya pun mudah kok, kamu hanya menyiramnya dengan air lalu sikat ban tersebut menggunakan sabun. Setelah itu, bilas lagi dengan air bersih.

Jika bagian ini jarang dilakukan, maka batu-batu kecil atau kerikil yang menempel bisa merusak lapisan ban dalam mobil.

Tentunya kamu tidak menginginkannya bukan? Maka dari itu, biasakan untuk membersihkan kotoran ban secara berkala ya.

Membawa Barang Bawaan Secukupnya

cara merawat ban

Cara merawat ban mobil yang paling mudah adalah, jangan membawa barang bawaan terlalu banyak. Tips ini memang dianjurkan untuk selalu dilakukan agar ban tidak mudah gundul atau rusak.

Gampangnya seperti ini, pernahkah kamu memeriksa kode yang ada di permukaan ban? Jika belum pernah, mulai dari sekarang lihat kode tersebut.

Kenapa? Karena pada bagian kode itu ada keterangan berapa banyak beban yang mampu ditahan oleh ban tersebut.

Contohnya seperti ini, misal beban muatan maksimal 15 kg, maka ketika kamu bepergian keluar kota untuk keperluan wisata atau mudik jangan sampai membawa barang bawaan yang beratnya melebihi kapasitas maksimal.

Jika tetap dipaksakan, maka hal ini bisa merusak kualitas ban dan akhirnya ban tersebut tidak tahan lama.

Perhatikan Ukuran Ban

cara merawat ban

Memperhatikan ukuran ban termasuk bagian penting dalam cara merawat ban agar tetap bagus kualitasnya.

Yang perlu diketahui adalah jenis ban city car, MPV, SUV itu berbeda. Baik itu ukuran ban atau ukuran angin yang ada didalamnya.

Maka dari itu, kamu harus pastikan menggunakan ukuran ban sesuai dengan tipe mobil yang kamu miliki.

Tutup Pentil Harus Terpasang

cara merawat ban

Tak hanya bagian permukaannya saja yang kita rawat, melainkan masih ada bagian-bagian lainnya yang bisa membuat ban tetap awet. Apa itu? Yaitu tutup pentil harus tetap terpasang pada tempatnya.

Kenapa demikian? Sebab ketika kamu membuka tutup pentil dan tidak menutupnya kembali, hal ini bisa saja membuat angin yang ada didalam ban keluar secara perlahan.

Biasakan Memeriksa Kondisi Ban

cara merawat ban

Sebenarnya cara merawat ban kendaraan itu tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, hal ini berlaku untuk perawatan mobil dan motor.

Kenapa demikian? Sebab kamu masih tetap bisa merawatnya tanpa harus membawanya ke bengkel.

Ada satu cara yang menurut mamang memang mudah dilakukan, yaitu memeriksa kondisi ban kendaraan secara visual.

Setelah kamu cek dan ternyata ada beberapa benjolan, alangkah baiknya segera menggantinya dengan yang baru. Kenapa? Karena benjolan pada ban sangat berbahaya terhadap kendaraan.

Hindari Jalan yang Berlubang

Cara merawat ban yang terakhir adalah menghindari jalanan yang berlubang, apalagi lubangnya dalam. Hal ini demi menjaga keawetan permukaan pada ban tersebut.

Jika sering mengenai jalan yang berlubang dengan kecepatan tinggi, tidak dipungkiri bahwa permukaan ban akan mudah sobek karena terkena benturan dengan jalan yang berlubang.

Tak hanya ban saja yang rusak, namun kaki-kaki kendaraanpun akan mudah rusak jika kendaraan yang kita gunakan sering melewati jalan yang berlubang.

Cara Merawat Ban Serep/Cadangan

cara merawat ban serep

Setelah mengetahui bagaimana cara merawat ban mobil dan motor yang terpasang pada kendaraan, alangkah baiknya kamupun harus mengetahui bagaimana cara merawat ban serep/cadangan.

Pertanyaannya, apakah merawat ban serep ini mudah? Tentu saja, berikut tips dan trik yang harus kamu lakukan agar ban serep tetap awet dan layak digunakan untuk jangka panjang.

Simpan Ban Ditempat Aman

cara merawat ban serep

Apabila kamu tidak menggunakan cover atau sarung ban, alangkah baiknya simpan ban tersebut ditempat yang aman. Hal ini demi mengantisipasi dari sinar matahari dan air hujan.

Bungkus dengan Cover/Sarung Ban

sarung ban

Cara merawat ban serep selanjutnya adalah membungkusnya menggunakan sarung ban. Hal ini demi menjaga agar ban tersebut tetap bersih ketika kendaraan sedang digunakan bepergian.

Bersihkan Ban

cara merawat ban serep

Apabila ban serep tersebut tidak menggunakan sarung atau cover, maka ban tersebut harus sering-sering dibersihkan (walaupun sudah tersimpan pada tempatnya).

Kenapa demikian? Karena kita tidak tahu bahwa ban tersebut akan selalu terkena kotoran, maka dari itu kamu harus sering-sering membersihkannya.

Ya, setidaknya 2 minggu sekali.


Setelah mengetahui bagaimana cara merawat ban, apakah kamu akan lebih memperhatikan lagi untuk merawatnya? Tentu, sebab dari ke 13 cara di atas merupakan tips yang sering digunakan oleh orang-orang.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: [email protected]

Tinggalkan komentar