Perbedaan Nmax ABS dan Non ABS

NMAX adalah salah satu jenis motor andalan dari perusahaan Yamaha. Banyak yang beranggapan bahwa penjualan Yamaha NMAX ini sanggup menyaingi beberapa kompetitor lainnya, salah satunya ialah Honda PCX 150.

Padahal sebenarnya fitur-fitur yang digunakan oleh Yamaha NMAX ini tidak jauh berbeda dengan fitur yang digunakan oleh Honda PCX 150, akan tetapi harga jual dari Yamaha NMAX ini jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan PCX.

Hal itulah yang membuat Yamaha NMAX lebih digemari oleh pengguna motor matic di Indonesia.

Kini di Indonesia sudah tersedia 2 jenis NMAX, yaitu ABS dan non ABS. Diantara kamu semua apakah sudah ada yang mengetahui Perbedaan Yamaha NMAX ABS dan Non ABS? Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum mengetahuinya.

ABS: Merupakan singkatan dari Anti-Lock Brake System yang mana ABS ini adalah salah satu mekanisme pengereman sepeda motor yang mampu menjaga keseimbangan ketika kamu sedang mengerem secara dadakan ketika di jalan raya.

Sedangkan untuk Non ABS sendiri adalah mekanisme pengereman biasa, sehingga bisa memberi dampak buruk bagi para pengendara ketika melakukan pengereman secara mendadak, berbeda dengan mekanisme ABS yang bisa menjaga keseimbangan.

Kenapa kebanyakan masyarakat di Indonesia memilih sepeda motor yang memiliki System ABS daripada Non ABS? Karena motor yang mengusung System ABS ini mempunyai keunggulan tersendiri, oleh karena itu jangan heran apabila banyak yang memilih ABS daripada Non ABS walaupun harga yang dipasarkan jauh lebih mahal.

Berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS, silahkan simak baik-baik:

Tampilan Bodi & Desain

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
elevenia.co.id

Seri Non ABS mempunyai desain yang lumayan cukup besar, tentunya hal tersebut memberikan suatu pengalaman yang berbeda ketika kamu sedang mengendarai Yamaha NMAX tersebut. Akan tetapi, seri ABS dan Non ABS ini mempunyai sedikit perbedaan yang letaknya pada desain bodi nya.

Walaupun hal tersebut tidak terlalu terlihat sangat jelas, namun apabila kamu perhatikan lebih jelas lagi dari jarak yang sangat dekat, tentunya kamu akan menemukan sedikit Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS yang terlihat secara jelas.

Perlu kamu ketahui, sebenarnya perbedaan tersebut tidak terlu besar, mungkin sebagian dari kamu tidak terlalu banyak memperhatikannya. Yang jelasnya, Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS ini terlihat dibagian aksesoris bodinya.

Terutama dibagian speedometer ada indikator ABS dan keberadaan stiker ABS pada motor tersebut.

Performa Mesin

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
gridoto.com

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS selanjutnya berada dibagian performa mesin nya. Mungkin bagi para pengguna NMAX ABS akan merasakan seperti apa performa mesin yang diberikan dari motor tersebut.

Walaupun Yamaha NMAX ABS dan Non ABS ini sama-sama mengusung teknologi mesin yang sama, yaitu ‘Bluecore’ dan berkapasitas sebesar 15 cc, tapi perlu kamu ketahui ternyata tingkat daya tarik mesin yang ditawarkan oleh NMAX ABS ini sedikit berbeda.

Mungkin hal ini tidak bisa saya tulis disini, hanya pengguna ABS dan Non ABS saja yang bisa merasakan perbedaan dari performa mesin tersebut.

Dengan dibekali mesin berkapasitas besar, Yamaha NMAX merupakan salah satu motor maxi yang dinyatakan berhasil memberikan tenaga sebesar 11,1 Kw pada perputaran mesin 8.000 RPM dan mengeluarkan torsi hingga 14,4 Nm pada kecepatan 6.000 RPM.

Walaupun ABS dan Non ABS mempunyai perbedaan, akan tetapi kedua jenis tersebut sudah mengusung teknologi yang sama pada sistem pembakaran nya, yaitu FI (Fuel Injection) yang fungsinya membuat pengeluaran bahan bakar lebih irit.

Mekanisme Pengereman

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
yamahafujimotor.com

Sesuai seperti namanya Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS berada dibagian mekanisme pengeremannya. Harga yang ditawarkan Yamaha NMAX ABS pun jauh lebih mahal daripada Non ABS, karena adanya sistem teknologi ABS ini dapat dikatakan sangat penting bagi kendaraan.

Seperti yang telah saya ulas di atas bahwa Anti-Lock Brake System ini adalah teknologi pengereman yang bekerja secara otomatis dalam memberikan pengereman yang lebih responsif, dan juga para pengendara dapat terhindar dari selip ban ketika mengerem kendaraan tersebut secara mendadak (dalam keadaan apapun).

Dengan hadirnya teknologi mekanisme pengereman yang sangat bagus, tentu saja hal ini membuat keamanan, kenyamanan ketika menggunakan Yamaha NMAX ABS jauh terasa lebih aman apabila kita bandingkan dengan sepeda motor yang tidak mempunyai teknologi seperti ini.

Yang uniknya lagi, Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS ini menjadi daya tarik sendiri untuk sebagian orang ketika hendak membeli sepeda motor. Mereka pasti merasa kebingunan dalam memilih jenis ABS atau Non ABS.

Ya sebenarnya masing-masing dari kendaraan bermotor ini pasti mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri, misal seperti jenis ABS.

Jenis ABS ini mempunyai keunggulan pada keamanan dalam sistem pengereman, akan tetapi kekurangannya terletak pada harga jual yang di banderol oleh pihak perusahaan tersebut. Begitu pun sebaliknya dengan Non ABS.

Baca Juga: Modifikasi NMAX

Berat Motor NMAX

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
tempo.co

Jangan salah, berat dari Yamaha NMAX ABS dan Non ABS pun mempunyai sedikit perbedaan. Yaitu kurang lebih sekitar 127 kg. Kenapa tipe ABS lebih berat daripada Non ABS? Karena, untuk jenis Non ABS ini ada beberapa komponen yang tidak diaplikasikan terhadap motor tersebut..

Komponen yang tidak dipasang itu ialah seperti Hidraulik ABS serta ECU ABS otomatis. Hal itu yang membuat bobot Yamaha NMAX Non ABS ini terasa lebih ringan dari motor NMAX yang mengusung teknologi System ABS.

Spesifikasi NMAX ABS

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
harapanrakyat.com

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS juga bisa dilihat dari spesifikasi yang diberikan oleh perusahaan Yamaha. Lihat kolom di bawah ini, karena ada sedikit perbedaan yang dapat kamu jadikan sebagai patokan ketika hendak membeli motor NMAX di dealer.

Simak dengan baik ya, karena bagian ini merupakan salah satu pembahasan penting. Kenapa? Agar kamu tahu spesifikasi yang hadir di dalam Yamaha NMAX ABS itu seperti apa, jadi ketika kamu membelinya tidak akan merasa kecewa karena spesifikasi yang ada pada motor tersebut.

NAMAYAMAHA NMAX ABSYAMAHA NMAX NON ABS
Jenis Mesin4-Strooke, SOHC, & Liquid Cooled4-Strooke, SOHC, & Liquid Cooled
Kapasitas Mesin155 cc155 cc
Diameter Piston X Stroke58,0 mm X 58,7 mm58,0 mm X 58,7 mm
Daya Maksimum11.1 kW/8000 rpm11.1 kW/8000 rpm
Torsi Maksimum14.4 Nm/6000 rpm14.4 Nm/6000 rpm
Ruang OliTotal 1 Liter, Berkala 0,9 LiterTotal 1 Liter, Berkala 0,9 Liter
Sistem PembakaranFul InjeksiFul Injeksi
PelumasBasahBasah
Sistem TransmisiV-Belt OtomatisV-Belt Otomatis
Jenis RangkaUnderboneUnderbone
Mekanisme RemSDB (Single Disc Brake) ABSSDB (Single Disc Brake)
Jenis PengapianTCITCI
Tipe BusiNGK / CPR8EA – 9NGK / CPR8EA – 9
HargaRp 30.250.00027.900.000

Harga Yamana NMAX ABS

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
carmudi.co.id

Jangan merasa heran jika Yamaha NMAX ABS dan Non ABS banyak dicari oleh para pengguna motor di Indonesia. Kenapa sih kok bisa? Salah satu alasannya ialah ‘mempunyai kesan yang sangat mewah’ ketika digunakan.

Selain itu, performa mesin yang diberikan oleh Yamaha NMAX ini bisa dikatakan cukup tinggi dan stabil ketika digunakan dalam kecepatan tinggi. Selain itu, motor ini pun dapat memberikan tampilan yang menawan, sehingga ketika sedang mengendarai nya mempunyai nilai sendiri ketika dipandang oleh orang lain.

Namun, seperti yang sudah saya jelaskan di atas, adanya Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS membuat harga yang di banderol pun mempunyai perbedaan. Untuk Yamaha NMAX tipe ABS ini menawarkan harga kurang lebih sekitar Rp 30.650.000.

Sedangkan untuk Yamaha NMAX Non ABS ini menawarkan harga jual sebesar Rp 28.00.000. Oh iya, keterangan harga tersebut adalah informasi harga terbaru yang saya dapat dari dealer resmi Yamaha Motor Indonesia.

Namun, ada kemungkinan bahwa harga yang sudah saya cantumkan disini ada sedikit perbedaan di beberapa daerah, karena memang masing-masing daerah itu biasanya mempunyai selisih harga jual yang berbeda, tapi perbedaan tersebut tidak terlalu jauh kok.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS ini tidak membuat para pengguna motor matic tidak berpaling ke produk lainnya, karena terbukti di Indonesia banyak sekali orang yang mengendarai Yamaha NMAX sebagai alat transportasi harian.

NMAX ABSNMAX NON ABS
Rp 30.650.000Rp 27.900.000

Pilihan Warna NMAX

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
oto.com
Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
imotorbike.co.id
Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
elevenia.co.id
Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
harapanrakyat.com
Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
otomercon.com

Demikian ulasan kali ini tentang Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung ke web saya dan membacanya, sampai berjumpa di artikel selanjutnya 🙂 Salam otomotif!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
motor matic terbaik
Read More

Motor Matic Terbaik

Motor Matic Terbaik – Saat ini banyak sekali varian motor matic terbaik di Indonesia yang mulai bermunculan. Masing-masing dari…
Mobil Sport
Read More

Mobil Sport

Mobil Sport – Perlu kalian ketahui ketika mengulas dunia otomotif itu tidak akan ada ujungnya, kenapa kok bisa?…
Read More

Motor Bebek Terbaik

Saat ini Motor Bebek Terbaik masih merupakan kepercayaan bagi sebagian pengguna motor di Indonesia. Walaupun sekarang sudah banyak jenis…