Motor Bekas 3 Jutaan

Oleh: /

Teruntuk kamu yang saat ini sedang mencari motor bekas dengan harga 3 jutaan, banyak banget pilihan-nya.

Kenapa harga motor bekas selalu lebih murah? Jawaban-nya bisa dilihat dari segala aspek. Misal contohnya dari kondisi motor itu seperti apa dan tahun berapa motor tersebut dibuat.

Biasanya motor yang harga-nya di bawah 5 juta atau sekitar 3 jutaan, sistem pembakaran yang digunakan pada motor tersebut masih menggunakan karburator.

Jika ingin membeli motor bekas 3 jutaan, kamu harus benar-benar pintar dalam memilih-nya.

Berikut penjelasan bagaimana cara memilih-nya.

Cara Membeli Motor Bekas

motor bekas 3 jutaan

Teruntuk teman-teman yang pingin beli motor bekas yang harga-nya di bawah 5 juta, kamu harus mengetahui cara membeli motor bekas terlebih dulu.

Kenapa? Hal ini demi meminimalisir terjadi-nya penipuan dari pihak penjual. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui apa saja kekurangan dari motor bekas tersebut.

Jika membeli motor second/bekas memang perlu ketelitian dalam memeriksa-nya. Misal dari segi mesin-nya, permukaan body, suspensi dan masih banyak komponen lainnya yang harus diperiksa.

Berikut mamang akan memberikan tata cara membeli motor bekas yang dapat kamu terapkan, simak terus ya.

Pilih Merk dan Jenis Motor

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memilih merk dan jenis motor yang ingin kamu beli.

Hal ini memang harus dilakukan supaya kamu dapat mencari dengan mudah penjual motor yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Memilih Penjual yang Jujur

Memilih penjual yang benar memang tak kalah penting-nya dengan memilih jenis motor.

Cara kedua ini dilakukan demi mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan, misal penipuan soal jual beli motor dan lain sebagai-nya.

Lantas bagaimana cara mengetahui penjual yang jujur dan amanah itu? Cara-nya, kamu bisa mencari tahu informasi tentang si penjual tersebut.

Misal dari segi penjualan-nya, showroom-nya di mana dan masih banyak lagi.

Jika kamu memiliki teman yang kenal dengan orang yang suka menjual motor bekas, kamu bisa meminta bantuan kepada teman tersebut untuk menghubungi penjual.

Mengetahui Harga Pasaran Motor Bekas

Setelah kamu menentukan tipe dan merk motor yang akan di beli, langkah selanjut-nya yang harus kamu lakukan adalah mengetahui harga pasaran motor bekas.

Misal ingin membeli motor bekas 3 jutaan, maka kamu harus mengetahui-nya.

Mungkin bagian ini terlihat sepele, namun pengaruh-nya sangat penting. Jika mengetahui harga pasaran dari motor bekas tersebut, kamu akan terhindar dari penipuan.

Perlu diketahui, setiap jenis motor mempunyai harga pasaran yang beda. Hal ini bisa dilihat dari kondisi motor tersebut.

Apa saja yang dilihat? Yaitu bagian mesin-nya, kondisi rangka dan suspensi, permukaan body dan warna-nya.

Perhatikan Nomor Rangka

Wajib dilakukan! memperhatikan nomor rangka motor bekas yang akan kamu beli memang harus dilakukan.

Periksa dengan teliti nomor rangka motor yang ada di STNK dan rangka. Bagian ini demi meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, misal salah satu-nya seperti motor hasil curian.

Kamu gak mau kan motor yang akan di beli itu merupakan dari hasil curian? Maka dari itu, bagian ini harus benar-benar diperhatikan ya.

Cek Kondisi Mesin

Tak kalah penting dengan bagian lain-nya, kamu juga harus mengecek kondisi mesin motor bekas yang akan dibeli.

Bagaimana cara-nya? Mudah kok, cukup hidupkan mesin motor dan dengarkan suara dari mesin tersebut.

Dengarkan secara seksama, apakah ada suara berisik di dalam motor tersebut? Jika tidak, berarti mesin itu masih normal dan layak digunakan.

Baca juga:

Kumpulan Motor Bekas

motor bekas 3 jutaan

Setelah mengetahui bagaimana cara membeli motor bekas, berikut ulasan lengkap mengenai motor bekas 3 jutaan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Yamaha Mio Sporty CW 2006

motor bekas 3 jutaan

Yamaha adalah produsen motor terbaik yang yang tak seharus-nya diremehkan lagi. Rata-rata sepeda motor yang mereka buat memiliki kualitas tinggi.

Begitu juga dengan Yamaha Mio Sporty CW yang diproduksi pada tahun 2006. Motor ini kerap mendapat perhatian publik, terlebih mereka yang paham dengan dunia otomotif.

Banyak pecinta otomotif yang memburu motor ini untuk di restorasi atau dijadikan sebagai bahan koleksi pribadi.

Motor bekas 3 jutaan ini menggunakan mesin 4 langkah, berpendingin udara. Menarik-nya lagi, Yamaha Mio Sporty CW sudah lolos dari pengujian emisi EURO 2 dengan kategori mesin 113.7 cc.

Jika benar-benar ingin membeli motor bekas, saya sangat merekomendasikan motor ini.

Yamaha Vega R 2004

motor bekas 3 jutaan

Teruntuk kamu yang sedang mencari motor bekas 3 jutaan, pilihan tepat-nya adalah Yamaha Vega R keluaran tahun 2004.

Motor ini dikenal sebagai Vega kotak. Spesifikasi mesin yang digunakan memiliki volume silinder sebesar 110 cc dan berkualitas tinggi.

Biasanya orang-orang yang paham dengan dunia otomotif kerap menjadikan Vega kotak sebagai motor balap.

Kenapa demikian? Sebab mesin-nya bagus dan layak di restorasi untuk kebutuhan balap.

Selain itu, Vega kotak ini cocok juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Misal seperti pergi ke pasar, ke sekolah, kampus, kerja atau pun jalan-jalan di sore hari dengan pasangan.

Dari tampilan-nya memang biasa saja, namun jika kamu modifikasi lagi bagian velg dan permukaan body-nya, maka tampilan dari Vega R Kotak ini bisa mengalihkan perhatian orang yang melihat-nya.

Honda Supra Fit 2004

motor bekas 3 jutaan

Tau kah kamu bahwa Honda Supra Fit merupakan motor bebek terlaris pada zaman-nya? Dari tahun 2004 sampai 2007, motor ini laris manis terjual di Indonesia.

Banyak para pengendara yang memilih motor ini untuk dijadikan sebagai sarana transportasi harian-nya.

Alasan mereka memilih motor ini adalah irit dalam konsumsi bahan bakar-nya. Kapasitas mesin sebesar 100 cc ini memang tidak usah diragukan lagi keiritan-nya.

Tampilan desain yang digunakan Honda pun cukup menarik dan tidak memalukan. Apabila diberi sentuhan modifikasi, motor ini bisa tampil lebih keren lagi.

Menarik-nya lagi, sampai saat ini masih banyak pengendara yang menggunakan motor ini. Dengan begitu, Honda Supra Fit merupakan motor bebek terbaik pada zaman-nya.

Honda Karisma

motor bekas 3 jutaan

Honda Karisma merupakan motor buatan Honda yang pernah booming pada masa-nya, bahkan sampai saat ini pun masih banyak yang membicarakan motor ini.

Selain dari tampilan-nya yang menarik, performa mesin yang dihasilkan oleh Honda Karisma pun cukup responsif.

Diluar sana banyak pecinta otomotif yang menggunakan motor ini untuk dijadikan sebagai bahan motor balap, kenapa demikian? Sebab mesin dari Honda Karisma ini sangat berpotensi.

Bertenaga, irit konsumsi bahan bakar dan memiliki desain yang bagus membuat orang-orang tergiur untuk memiliki-nya.

Jika kamu ingin mencari motor bekas bebek 3 jutaan, saya sangat merekomendasikan Honda Karisma 125.

Honda Astrea Grand

motor bekas 3 jutaan

Siapa yang tidak kenal dengan motor yang satu ini, Astrea Grand merupakan produk Honda yang sampai saat ini kerap dibicarakan oleh orang-orang.

Motor bekas 3 jutaan ini memang unik, terlebih desain yang digunakan-nya menegaskan bahwa Astrea Grand adalah motor klasik namun bergengsi.

Dikarenakan trend otomotif sedang digalakkan lagi, saat ini banyak orang-orang yang memburu motor ini untuk dijadikan sebagai koleksi pribadi-nya.

Terlebih kini sudah banyak komunitas motor klasik di berbagai macam kota.

Suzuki Spin 2008

motor bekas 3 jutaan

Suzuki Spin R adalah motor matic yang diproduksi pada tahun 2008, tak terasa sudah 13 tahun berlalu motor ini hadir di pasar otomotif.

Motor matic bekas 3 jutaan ini memiliki tampilan yang simpel, ramping dan cocok untuk digunakan sebagai sarana transportasi harian.

Sayang-nya dari motor ini adalah berisik dari suara mesin-nya, menurut saya terlalu mendengung. Tapi ya memang begitu dari sana-nya.

Volume silinder yang ada pada motor Spin R ini sebesar 125 cc dan mampu mengeluarkan tenaga maksimal 9.5 bhp di putaran 7.500 RPM dan torsi-nya 9.5 Nm per 6.500 RPM.

Jika kamu mencari motor bekas dengan kapasitas mesin di atas 110 cc, pilihan tepat-nya adalah Suzuki Spin R.

Suzuki Shogun R 110

motor bekas 3 jutaan

 

Mengenang motor legendaris yang dibuat oleh Suzuki, Shogun R 110 merupakan motor bebek yang diproduksi pada tahun 2009 silam, tepat-nya 12 tahun lalu.

Pada masa itu, Suzuki memproduksi motor ini sebanyak 900 unit dan terjual dalam jangka waktu yang tidak lama. Sayang-nya, saat ini Shogun R 110 sudah tidak di produksi lagi oleh Suzuki.

Motor ini merupakan pembaharuan dari generasi pertama-nya, yaitu Shogun Kebo. Banyak yang mengatakan akselerasi dari Sogun R 110 ini kurang galak apabila dibandingkan dengan generasi sebelum-nya.

Tak hanya itu, dari segi pengapian-nya pun kurang begitu bagus. Namun motor bekas 3 jutaan ini masih layak digunakan untuk transportasi harian.

Suzuki Shogun R 125

motor bekas 3 jutaan

Shogun SP 125 adalah motor bebek bekas 3 jutaan yang dibuat oleh Suzuki.

Dilihat dari desain-nya, Shogun SP 125 merupakan pembaharuan dari Shogun R 110 cc, dimana pada bagian sistem transmisi-nya sudah dilengkapi dengan kopling.

Tak hanya itu, dari segi knalpot dan velg-nya pun sudah diperbarui dan tentu-nya lebih stylish dari generasi sebelum-nya.

Teruntuk kamu yang sedang mencari motor bekas namun bertenaga, Shogun SP 125 pilihan tepat  untuk kamu yang senang dengan motor kopling.

Suzuki Smash

motor bekas 3 jutaan

Suzuki Smash merupakan motor bebek yang diminati oleh banyak orang. Alasan mereka menggunakan motor ini adalah bertenaga dan tidak rewel dari segi mesin-nya.

Diameter seher yang digunakan pada Suzuki Smash adalah 53.5. Hal ini tentu saja membuat motor memiliki akselerasi yang baik dan juga bertenaga.

Motor ini dibuat pada tahun 2008 dan hadir dengan desain yang cukup menarik perhatian.

Teruntuk kamu yang sedang mencari motor bekas 3 jutaan, Suzuki Smash sangat rekomendasi untuk kamu beli.

 

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar