Penyebab Motor Hilang Kompresi

Oleh: /

Penyebab motor hilang kompresi bisa disebabkan oleh banyak faktor yang mengakibatkan kompresi melemah. Namun, terjadinya masalah ini bukan dari bagian yang kerap dialami oleh kendaraan keluaran terbaru seperti saat ini.

Biasanya kompresi motor yang tiba-tiba hilang itu sering terjadi pada motor-motor jadul (lawas).

Apabila kamu mengalaminya, jangan panik atau pun takut terjadi apa-apa pada mesin motor. Kenapa? Pasalnya di sini bukan cuman membahas penyebab motor hilang kompresi, namun mamangbengkel akan mengulas ciri-ciri dan bagaimana cara mengatasinya.

Mungkin ada sebagian dari teman-teman otomotif yang sudah mahir dalam bidang ini, namun saya yakin masih banyak orang awam yang haus akan informasi seperti ini. Maka dari itu, jangan dulu kemana-mana, silahkan simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Baiklah, langsung saja kita bahas tentang.

Baca Juga: Penyebab Motor Brebet

Apa itu Motor Hilang Kompresi?

penyebab kompresi hilang pada motor
gridoto.com

Apa sih arti dari kata kompresi los? Bila dijelaskan secara ringkas, kompresi yang los atau hilangnya kompresi terhadap mesin motor disebabkan ada yang bocor dibagian tekanan gas antara udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin.

Di sini sudah sangat jelas apabila sepeda motor kehilangan kompresi secara tiba-tiba, maka dengan spontan mesin motor akan susah dinyalakan, bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Walaupun bisa dibilang bahwa permasalahan ini tidak sering didapati oleh sepeda motor. Tapi, ketika perkara ini datang, umumnya hal tersebut akan membuat para pemilik merasa resah. Mengingat sepeda motor itu adalah sarana transportasi yang kerap digunakan.

Secara otomatis apabila datangnya permasalahan seperti hilangnya kompresi pada motor, kendaraan tersebut pasti tidak bisa digunakan.

Sedikit cerita menurut pengalaman pribadi saya, beberapa waktu lalu motor saya mendapati masalah seperti ini. Tiba-tiba kompresi melemah dan hilang begitu saja, sehingga motor pun tidak bisa dihidupkan mesinnya.

Ciri-Ciri Kompresi Hilang

ciri kompresi hilang
akurat.co

Sebelum masuk ke topik utama mengenai apa saja yang bisa menyebabkan motor hilang kompresi. Alangkah baiknya, kamu harus mengetahui seperti apa ciri-ciri sepeda motor yang kompresinya hilang.

Adapun ciri-cirinya seperti ini:

  1. Ciri-ciri sepeda motor yang kompresinya hilang bisa kita jumpai pada kick starter, jadi ketika motor hendak di selah, maka kick starter akan los (ngeplos).
  2. Ketika motor di selah, kamu tidak merasakan adanya beban yang lebih berat dikarenakan tidak ada tekanan yang masuk dari dalam mesin.
  3. Biasanya jika sepeda motor kehilangan pada bagian kompresi, hal yang paling sering terjadi ialah motor tiba-tiba mogok, namun seluruh pengapian masih terlihat sangat bagus dan layak untuk digunakan.

Lantas apa saja penyebab motor hilang kompresi? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tulisan di bawah ini:

Baca Juga: Fungsi Kiprok Motor

Penyebab Motor Hilang Kompresi

penyebab motor hilang kompresi
medcom.id

Pada paragraf di atas telah dijelaskan mengenai ciri-ciri sepeda motor yang kehilangan kompresi. Berikut ini akan saya ulas mengenai beberapa penyebab motor hilang kompresi yang mungkin bisa menjadi wawasan untuk kamu semua untuk dapat memahami kesehatan motor.

Posisi Klep Tidak Rapat

klep renggang penyebab kompresi hilang
ratmotorsport.files.wordpress.com

Sebagai tempat masuk keluarnya udara dari sisa-sisa pembakaran di dalam ruang bakar. Klep (valve) ini mempunyai fungsi yang sangat penting terhadap kinerja supaya mesin motor tetap masih bisa hidup dengan maksimal.

Tapi, jika klep tersebut posisinya tidak rapat (renggang) atau adanya ganjalan kerak dari sisa pembakaran, hal ini bisa mengakibatkan sepeda motor yang kamu miliki kehilangan kompresi, sehingga mesin motor pun tidak akan bekerja secara optimal.

Ring Seher Kena

ini penyebab kompresi motor hilang
gridoto.com

Selain dari klep, penyebab motor hilang kompresi lainnya bisa disebabkan dari ring seher yang sudah aus. Kenapa bisa dari ring seher? Tentu saja bisa. karena salah satu lapisan ring seher mempunyai fungsi untuk menahan adanya tekanan kompresi di dalam ruang pembakaran.

Apabila keadaan dari ring seher itu aus atau jelek, secara otomatis kompresi motor pun akan hilang dengan sendirinya.

Packing Head Rusak

penyebab kompresi motor hilang dari head
motorplus-online.com

Penyebab lainnya kenapa kompresi motor bisa hilang itu dari paking antara head dan boring yang mulai rusak.

Tapi, hal seperti ini memang jarang terjadi terhadap motor keluaran terbaru. Jika memang ada, umumnya yang membuat paking head rusak itu bermulai dari adanya rembesan oli mesin yang keluar dari sela-sela paking.

Klep Motor Bengkok

klep bengkok penyebab kompresi motor hilang
gridoto.com

Lalu hal lainnya yang bisa dibilang sebagai penyebab motor kehilangan kompresi adalah klep motor yang bengkok. Mungkin permasalahan ini jarang sekali terjadi, namun bisa saja terjadi pada mesin motor yang telah di bore-up oleh pemiliknya.

Yang mana terjadinya klep bengkok ini disebabkan terjadinya tabrakan antar klep dan kepala seher. Ketika hal ini terjadi, maka secara otomatis klep motor pun tidak dapa menutup rongga klep dengan rapat, al hasil kompresi pada motor pun bocor dan hilang seketika.

Drat Busi Habis/Aus

penyebab kompresi motor hilang
autoexpose.org

Selain dari ke empat komponen di atas, drat busi yang rusak ataupun aus bisa menjadi salah satu penyebab motor hilang kompresi. Tentunya hal ini bisa terjadi, kenapa? Karena tekanan kompresi yang seharusnya utuh akan keluar lewat celah-celah yang ada pada drat busi tersebut.

Nampak terlihat sepele bukan? Padahal bahaya dari drat busi yang aus ini bisa mengakibatkan permasalahan terhadap mesin motor, yang pertama busi tidak bisa dikencangkan, dan kompresi akan melemah.

Cara Mengatasi Motor Hilang Kompresi

cara mengatasi kompresor motor hilang
ridergalau.com

Lantas seperti apa cara mengatasi motor yang kompresinya hilang? Sebenarnya apabila melihat dari beberapa kasus di atas, tentu saja cara mengatasinya masih bisa dibilang cukup mudah.

Tapi masalahnya, ada beberapa diantara kita semua yang masih merasa bingung bagaimana cara mengatasinya agar kompresi kembali normal seperti biasanya.

Oleh karena itu, di sini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mengatasi kompresi motor yang hilang ataupun melemah.

Bagi kamu yang kini mendapati permasalahan pada kompresi motor yang hilang, dan ingin sekali memperbaikinya supaya sepeda motor yang kamu miliki bisa kembali normal seperti biasanya, gampang.

Jika permasalahan kompresi motor itu hilang dikarenakan drat busi yang sudah mulai aus, kamu bisa meneteskan sedikit oli yang kualitasnya masih bagus ke dalam ruang busi.

Setelah itu, kamu bisa mencoba untuk menyelah engkol starter sambil menutup lubang busi dengan menggunakan kain ataupun jari tangan.

Alangkah baiknya, lakukanlah engkol starter menggunakan kaki sebanyak 5 atau 10 kali sambil rasa-rasa apakah kompresi itu sudah kembali normal atau belum. Dan jika sudah, kamu bisa pasang busi tersebut seperti biasanya.

Kira-kira seperti itu cara mengatasi motor yang kompresinya hilang apabila disebabkan dari drat busi yang mulai aus. Tapi jika bukan dari drat busi, bahkan penyebabnya dari komponen lainnya. Kamu bisa membeli part baru untuk diaplikasikan terhadap motor tersebut.

***

Cukup sekian penjelasan kali ini tentang penyebab motor hilang kompresi dan cara mengatasinya, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu teman-teman untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman-teman otomotif lainnya yang belum membaca. Terimakasih

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar