Modifikasi CB 150R

Modifikasi CB 150R – Tidak dapat dipungkiri, Honda CB 150R maupun series terbarunya CB 150R streetfire telah menjadi salah satu primadona naked bike pada saat ini. Dimana body yang ramping dan terlihat gahar, membuatnya diburu oleh para pecinta motor sport di Indonesia.

Modifikasi tidak hanya dapat dilakukan pada sekutik, namun juga para pecinta otomotif gemar untuk memodifikasi motor sport mereka.  Contoh nya Modifikasi CB 150R. Karena, akan jadi kepuasan tersendiri bagi sang pemilik bila dapat merubah kendaraannya. Dan dapat memberikan ciri khas tersendiri pada motor.

Dengan kapasitas mesin di angka 150cc, biasanya Modifikasi CB 150R tidak hanya merubah konsep body dan jenis kenalpot saja. Bahkan ada juga yang merubah konsep total dari motor mereka. Sehingga kendaraan mereka menjadi lebih bagus atau bisa juga lebih unik dari yang lainnya.

Tapi untuk memodifikasi CB 150R itu tergantung pada setiap pemiliknya. Kadang ada yang ingin merubah total kendaraan mereka, dan ada juga yang hanya sekedar merubah sebagian. Contoh dalam merubah konsep motor secara menyeluruh, yaitu kita merubah hampir seluruh bagian motor dari mesin hingga ke body.

Namun untuk modifikasi yang hanya merubah sebagian, kita hanya mengganti antara bagian body atau mesinnya saja. Dan kedua cara tersebut tidak bisa di bandingkan, karena selera masing-masing orang jelas lah berbeda. Serta harus menyesuakan juga dengan budget yang ada.

Namun sebelum masuk ke penjelasan tentang Modifikasi CB 150R, kami akan menjelaskan tentang profile dari motor ini.

A. Honda CB 150R

Modifikasi CB 150 R
liputan6.com

Meski terbilang mahal, namun akan selalu ada komunitas untuk para pecinta motor sport. Namun budget untuk memiliki motor sport tidak lah murah. Karena harga yang di tawarkan biasanya di kisaran angka 25 juta di pasaran Indonesia.

Motor sport memiliki dua jenis diantaranya yaitu ada naked bike dan full fairing. Ketika kita ingin memiliki motor sport dengan budget yang ramah, maka para pria akan memilih motor sport dengan jenis naked ketimbang jenis full fairing. Tidak hanya lebih ekonomis, tapi bagian body yang lebih ramping menjadi faktor lebih dimana, naked bike nyaman digunakan di jalanan.

Melihat kondisi jalanan di Indonesia yang kian hari kian padat. Naked bike menjadi pilihan yang tepat untuk para pecinta motor sport. Salah satu primadona dari naked bike di Indonesia adalah Honda CB 150R. Dimana motor ini memiliki bagian body yang tidak kalah gahar dengan motorsport pada umumnya.

CB 150R memiliki kapasitas mesin di angka 150cc yang di kombinasi kan dengan 6 percepatan, dimana tarikannya tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya bagus pada tarikan mesin, wavy disk brake juga jadi pelengkapnya. Agar keselamatan pada saat pengereman terjaga.

Selain itu penerangan utama yang di dukung oleh lampu LED, serta memiliki fitur passing lamp. Jadi untuk masalah penerangan tidak perlu diragukan lagi. Serta desain speedometer yang futuristik membuat nya terlihat semakin gahar.

Meskipun kapasitas dari motor ini sudah begitu mumpuni, bagi para pecinta otomotif mereka akan berlomba-lomba untuk melakukan Modifikasi CB 150R mereka. baik dari segi keunikan serta konsep yang berbeda beda.

Nah, setelah penjelasan di atas. Pembahasan kami selanjutnya adalah…

Baca juga: Modifikasi Scoopy

B. Modifikasinya

Modifikasi CB 150 R
indonesiautosblog.com

Bila berbicara tentang permodifikasian bagi para pecinta otomotif, itu tidak akan ada ujungnya. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya modifikasi itu beragam macam yang dapat di aplikasi kan terhadap kendaraan kalian. termasuk juga Modifikasi CB 150R

jikalau merasa sudah cukup dengan perubahan yang simple, lebih baik tetap di terapkan pada motor yang akan kalian modif. Karena perubahan tersebut tidak akan di sebut cupu atau kurang maksimal. Lebih baik modifikasi itu harus sesuai selera.

Karena banyaknya konsep yang dapat kita aplikasikan pada motor ini, jadi kembali lagi ke si pemilik. Mereka ingin merubah kendaraan mereka menjadi seperti apa dan juga harus selalu menyesuaikan dengan budget yang ada.

Mengapa selera pada modifikasi itu penting? Itu adalah sebuah penanda/pembeda dari motor lainnya juga yang sama-sama telah di modif. Meskipun melakukan Modifikasi CB 150R dengan konsep yang sama, pada akhirnya akan ada sedikit pembeda antara motor yang satu dengan yang lainnya.

Berikut adalah penjelasan tentang beberapa konsep, diantaranya..

1. Modifikasi CB 150 R Touring

Modifikasi CB 150 R
otonity.com

Ini dia yang menurut kami konsep paling simple! Dimana bikers yang gemar bepergian jauh dengan motor kesayangannya dapat memberikan aksen khusus pada motornya. Dimana penambahan box pada bagian belakang dan samping motor sudah cukup.

Yang mana kita tau, fungsi box tersebut adalah untuk membuat si pengendara dapat menyimpan barang bawaan yang berlebih. Sehingga barang bawaan yang berlebih tidak perlu di tumpuk di jok belakang atau bahkan sampai merepotkan penumpang.

Jika hanya dengan menambah box dirasa kurang cukup, kalian juga dapat merubah velg bawaan menjadi velg jari-jari. Dimana aksen jari-jari pada velg memberikan kesan sebgai motor adventure sejati.

Untuk selanjutnya, pembahasan kami adalah tentang…

2. Modifikasi CB 150 R fairing

Modifikasi CB 150 R
variasifiber.com

Perubahan menjadi full fairing tentu dapat di aplikasikan pada Honda CB 150R. Malahan dengan menggunakan konsep ini, motor kalian akan memiliki tampilan yang hampir mirip dengan CBR 150R atau bahkan CBR 250RR.

Serta juga, parts pendukungnya sudah mudah dan banyak di temukan di market Indonesia. Jadi kalian tidak perlu khawatir tentang dimana harus menemukan parts pendukung tersebut. Juga ada dua jenis fairing custom yang dapat di temukan di pasaran.

Pertama adalah fairing terpisah, dimana pemasangan nya kadang ada yang harus merubah rangka body. Seperti perubahan rangka pada bagian depan dan tangki bensin. Dan yang kedua adalah jenis half fairing body, dimana jenis ini pemasangan nya yang kadang tak perlu merubah struktur rangka.

Namun perbedaan akan terletak pada bahan dasarnya.Dimana biasanya fairing bawaan berbahan dasar plastik ABS (Akrilonitril butadiena stiren), yang memiliki warna dan ketahanan yang lebih baik. Sedangkan fairing custom biasanya hanya terbuat dari bahan fiber glass.

Nah..untuk selanjutnya pembahasan tentang…

3. CB 150 R Simple

Modifikasi CB 150 R
youtube.com

Yup, sesuai dengan judul dimana modifikasi pun tidak akan dilakukan secara menyeluruh pada motor. Biasanya modifikasi dengan konsep simple hanya di beberapa bagian parts saja. Contoh dengan menambahkan tank pad, sticker set, seat cowl, wheel list, engine cover, radiator cover juga fender eliminator.

Perlu kalian ketahui, beberapa parts yang kami sebutkan di atas tidak hanya dapat di temukan di after market saja. Bahkan hingga tersedia di gerai resmi Honda. jadi kalian tinggal tentukan saja akan membeli dimana dan jangan lupa dengan pertimbangan budget-nya.

Selain cara di atas juga, kalian dapat merubah jenis knalpot kalian dengan jenis racing. Dimana suara motor kalian akan menjadi lebih gahar dari sebelumnya. Dengan suara yang sedemikian rupa, serta body bawaan yang mendukung tentunya motor akan terlihat lebih keren!

Patut di ingat, bukan tentang seberapa mahal dan terkenal merk knalpot tertentu. Melainkan yang terpenting adalah dari kualitas knalpot tersebut. Ada juga beberapa faktor yang dapat menentukan knalpot terbaik untuk motor kalian. Diantaranya yaitu;

  • Hindari barang KW
  • Pastikan bahan dasar dari kenalpot tersebut
  • Knalpot yang akan di beli sudah dilengkapi gasswol 
  • Pastikan kredibilitas merek tersebut.

kemudian yang terakhir kita akan membahas tentang…

4. CB 150 R Scrambler

Modifikasi CB 150 R
roda2blog.com

Last but not least, kita masuk ke konsep CB 150R Scrambler. Selain desain motor yang akan menjadi menjadi klasik, konsep ini juga sangat cocok karean body bawaan yang sudah mendukung.

Dengan ban dual purpose yang membuat tampilan motor menjadi gagah, serta nyaman digunakan pada medan on road dan offroad. serta penggantian desain jok yang menjadi lebih tipis, pastinya akan sama persis dengan motor klasik dari Inggris.

Dan juga jangan lupakan. Bila ingin menambahkan aksen klasik, ubahlah bentuk head lamp kalian dengan bentuk bundar. karena rata-rata motor klasik menggunakan head lamp bawaan yang berbentuk bundar.

Perlu diketahui, seluruh konsep tentang modifikasi diatas dapat di terapkan pada CB 150R atau juga CB 150R streetfire. 

***

Bagai mana menurut kalian, apakah informasi dari mamangbengkel.com bermanfaat? Apakah setelah ini kalian jadi tergugah untuk melakukan Modifikasi CB 150R yang ada di rumah kalian? jika tertarik, beberapa konsep diatas dapat dijadikan refrensi dan contoh bagi kalian.

Demikian ulasan mengenai Modifikasi CB 150R yang dapat kami sampaikan untuk teman-teman sekalian. Sekian dan terimakasih, serta semoga bermanfaat untuk kalian semua.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Modifikasi Vixion
Lanjut

Modifikasi Vixion

Modifikasi Vixion – Sebelum masuk kedalam pembahasan Modifikasi Vixion disini saya akan sedikit menjelaskan seberapa penting mengenai kendaraan sepeda motor…