Honda BeAT Street eSP

Oleh: /

Tak hanya BeAT Pop, kini pabrikan dari negeri Sakura telah meluncurkan produk terbarunya, yaitu Honda BeAT Street eSP. Motor Honda terbaru dikeluarkan pada tahun 2016.

Motor matic ini sengaja dibuat untuk bersaing dengan kompetitornya di pasar adventure, yaitu X-Ride yang sebelumnya sudah diproduksi oleh Yamaha.

Teruntuk kamu yang hobinya adventure seperti menjelajahi medan-medan terjal, bukit, jalan batu, tanah dan lain sebagainya. Honda BeAT Street eSP adalah salah satu motor matic bergaya adventure yang cocok kamu gunakan.

Jika memang benar ingin membeli motor ini, jangan terburu-buru. Alangkah baiknya simak dulu penjelasan mengenai spesifikasi, performa mesin, fitur dan teknologi yang tersemat pada Honda BeAT Street eSP.

Untuk mempersingkat waktu, simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi BeAT Street eSP

Honda BeAT Street eSP

Bicara soal spesifikasi motor itu tak hanya bagian mesinnya saja yang dibahas, namun masih ada komponen lainnya yang emang harus dibahas.

Beda dengan hal ini, misal membicarakan soal “Spesifikasi Mesin”, maka yang dibahas pun hanya bagian mesinnya saja.

Tapi, jika membahas soal spesifikasi motor, maka yang dibahas pun motor secara keseluruhan. Contohnya seperti desain, performa mesin, fitur, kelistrikan dan masih banyak lagi yang harus dibahas.

Oleh karena itu jangan kemana-mana, berikut spesifikasi Honda BeAT Street eSP yang harus diketahui sebelum membelinya.

Mesin

NamaKeterangan
Jenis Mesin4 – Langkah, SOHC, eSP
Isi Volume Silinder109.5cc
Bore X Stroke47 x 63,1 mm
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI
Jenis TransmisiOtomatis, V-Matic
Perbandingan Kompresi10 : 1
Maksimum Daya6,6 kW (9 PS) / 7.500 rpm
Maksimum Torsi9,3 Nm (0,95 kgf.m) / 5.500 rpm
Jenis Starter MotorEngkol dan Elektrik
Jenis KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering

Rangka & Kaki-kaki

NamaKeterangan
Jenis RangkaUnderbone
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangLengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ban Depan80/90-14 Tubeless
Ban Belakang90/90-14 Tubeless
Rem DepanDisc Brake dengan piston tunggal
Rem belakangTromol
Sistem pengeremanCombi Brake System

Dimensi & Berat

NamaKeterangan
Panjang X Lebar X TInggi1877 x 742 x 1030 mm
Tinggi Jok Motor740 mm
Jarak Sumbu Roda1.251 mm
Jarak dengan Tanah145 mm
Beban Berat95 kg dan 94 kg (tipe SmartKey)

Kapasitas

NamaKeterengan
Tangki Bahan Bakar4,2 Liter
Minyak Pelumas / Oli0,65 Liter dari penggantian priode

Kelistrikan

NamaKeterangan
Jenis Baterai/AkiBeAT Street MF 12V-3Ah
Sistem PengapianFull Transisterized
Jenis BusiNGK MR9C-9N

Setelah mengetahui data spesifikasi motor ini, mari lanjutkan ke pembahasan selanjutnya, yaitu…

Review Honda BeAT Street eSP

Honda BeAT Street eSP

Menilai suatu hal itu tidak bisa dari satu sisi saja, bukan begitu? misal seperti me-review Honda BeAT Street eSP.

Untuk menilai motor ini, kamu harus benar-benar melihat semua sisi. Bukan hanya bagian depan, belakang, samping, bawah dan mesinnya saja.

Lantas apa saja bagian yang akan di review oleh mamang bengkel? Simak ulasan berikut ini.

Tampilan Desain BeAT Street eSP

desain beat street esp

Sebelum diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia, Honda selalu menyegarkan tampilan pada BeAT Street eSP agar terlihat maksimal.

Alhasil Honda memberikan tampilan terbaru yang menegaskan bahwa Honda BeAT Street eSP memiliki karakter ekspresif khas anak muda.

Striping yang dipasang pada warna Street Silver dan Matte Black menjelaskan bahwa motor ini memiliki gaya urban yang melekat, menyenangkan, menarik untuk dilihat dan tentunya terlihat sporty.

Bagian yang paling mengesankan adalah pada bagian pengemudinya, yang mana stang kemudi tersebut menggunakan tipe naked handle bar.

Selain menjelaskan soal motor adventure, penggunaan stang ini menyesuaikan dengan dimensi motor agar penggunanya selalu merasa nyaman ketika mengendarainya.

Untuk penerangan depan sudah menggunakan bohlam berteknologi LED, teknologi tersebut bisa membantu pengendara untuk memberikan cahaya yang maksimal ketika melintasi jalan gelap.

Menariknya dari teknologi LED ini tidak menyilaukan lawan pengendara lainnya ketika sedang berlawanan arah.

Sedangkan untuk bagian belakangnya, tampilannya masih sama seperti BeAT Sporty, tidak ada perubahan.

Mesin Honda BeAT Street eSP

Honda BeAT Street eSP

Mesin yang digunakan oleh Honda BeAT Street adalah 4 langkah, SOHC berpendingin udara, volume silinder 110cc dan telah dilengkapi dengan teknologi eSP.

Enhanced Smart Power merupakan teknologi yang fungsinya untuk memaksimalkan pembakaran dan mengurangi gesekan yang akan terjadi, sehingga emisi bahan bakar tidak akan terbuang sia-sia.

Pada pengujian dalam yang dilakukan Honda, ternyata dengan 4 liter bahan bakar, Honda BeAT Street eSP mampu menempuh perjalanan sepanjang 236 km.

Selain bahan bakarnya hemat, motor ini dapat mengeluarkan akselerasi yang cukup responsif, yaitu 12,6 detik dari jarak 0 sampai 200 meter.

Beralih ke bagian mesinnya, motor ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 6,38 kW/7.500 RPM dan torsi maksimumnya berada di angka 9,01 Nm/6.500 RPM.

Jika dilihat dari spek mesinnya, motor matic buatan Honda ini memang tingkatannya ada di bawah Yamaha X-Ride. Tapi, kalau soal kenyamanan tidak perlu diragukan lagi.

Kenapa demikian? Sebab ketika mengendarai motor ini, kamu akan merasakan sensasi yang beda karena performa mesinnya.

Walaupun kapasitas mesinnya hanya 110cc, tapi tenaganya berani bersaing dengan motor matic sekelasnya.

Fitur & Teknologi BeAT Street eSP

Honda BeAT Street

Seperti yang sudah dibahas di atas, teknologi yang tersemat pada Honda BeAT Street ini ialah eSP dan PGM-FI.

Kedua teknologi tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin dan juga dalam konsumsi bahan bakarnya, yaitu bisa membuat konsumsi bahan bakar jauh lebih efesien.

Walaupun irit, namun tarikan atau tenaga yang dikeluarkannya tidak mengecewakan, alias responsif.

Tak hanya itu, ada juga teknologi lainnya yang fungsinya sama-sama penting. Yaitu, eco indikator. Jadi teknologi ini berfungsi sebagai navigasi yang kerjanya memberitahukan informasi seputar 3 pola berkendara.

Itulah teknologi yang ada pada motor ini, lantas apa saja fitur Honda BeAT Street eSP? Simak tulisan berikut ini:

  • Lampu Depan LED: Seperti yang sudah dikatakan di atas, fitur ini mampu memberikan cayaha / penerangan maksimal ketika kamu melewati jalan yang gelap. Tak hanya itu, cahaya lampu LED ini tidak akan menyilaukan lawan berkendara ketika saling berlewatan.
  • Tuas Pengunci Rem: Merupakan fitur yang berfungsi untuk mengganjal sepeda motor ketika diparkirkan pada kondisi/tempat yang tidak rata, misal seperti tanjakan atau turunan.
  • Naked Handle Bar With Digital Panel Meter: Fitur yang dapat memaksimalkan kamu dalam berkendara.
  • Combi Brake System: Merupakan fitur canggih yang menyeimbangkan pengguna ketika melakukan pengereman secara mendadak. Dengan fitur ini, pengendara akan merasa nyaman karena motor tersebut akan tetap seimbang walaupun pengemudi mengerem secara mendadak.
  • Key Shutter dengan Seat Open: Fitur yang memudahkan pengendara untuk membuka jok motor hanya satu kali sentuhan. Tak hanya itu, dengan adanya fitur key shutter ini bisa menjadi sistem keamanan untuk motor.
  • Double Inner Rack: Adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang kecil. Misal seperti sarung tangan, botol aqua, rokok dan lain sebagainya.
  • Bagasi 12 Liter: Ini fitur paling menarik, sebab pada bagian ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang barang besar. Misal seperti topi, kaos, jas hujan dan masih banyak lagi barang-barang lainnya.
  • Tangki Bensin 4.2 Liter: Kapasitas penyimpanan bahan bakar yang lebih besar tentu bisa membuat kendaraan merasa nyaman dan tentram.
  • Rangka eSAF: Fitur yang membuat pengendara semakin lincah ketika berkendara, karena rangka motor ini dibalut dengan teknologi eSAF.
  • Pijakan Kaki Alumunium: Memudahkan penumpang untuk memijakkan kedua kakinya.
  • Standar Samping Otomatis: Fitur yang membuat mesin tidak bisa dihidupkan ketika standar samping sedang menopang pada aspal.

Itulah fitur dan teknologi unggulan yang ada pada Honda BeAT Street eSP.

Suspensi & Kaki-Kaki BeAT Street

Honda BeAT Street eSP

Untuk membahas bagian kaki-kaki dan suspensi Honda BeAT Street eSP, profesor Honda menyematkan suspensi depan dengan tipe teleskopik. Sedangkan bagian belakangnya, menggunakan suspensi swing arm dengan peredam kejut tunggal.

Lanjut ke bagian sistem pengereman, untuk bagian depan menggunakan cakram/disck brake, sementara bagian belakang masih sama seperti motor matic pada umumnya. Yaitu menggunakan sistem pengereman tromol.

Menariknya lagi, sistem pengereman motor ini sudah dilengkapi dengan teknologi Combi Brake System. Untuk penjelasan CBS sudah dijelaskan diatas, bagian fitur motor ini.

Beralih ke sektor velg dan ban, motor ini menggunakan velg berukuran 14 inch yang dibalut dengan ban berukuran 80/90- 14 bagian depan dan belakangnya 90/90-14.

Harga Honda BeAT Street eSP

Honda BeAT STreet

Setelah mengetahui semua spesifikasi dan fitur yang ada pada Honda BeAT Street eSP, alangkah baiknya kamu ketahui juga harga Honda BeAT Street eSP.

Sebenarnya harga motor matic ini tidak jauh beda dengan BeAT eSP standar, jadi harga Honda BeAT Street eSP ini dipasarkan di bawah 20 juta.

Meskipun harganya sangat terjangkau, tapi kamu akan merasakan sensasi yang berbeda ketika mengendarainya.

Berikut Harga Honda BeAT Street eSP yang harus kamu ketahui.

TipeHarga
Honda BeAT Street eSPRp 17,850,000,-

Catatan:

  • Sewaktu-waktu harga bisa berubah, tergantung dari pihak Astra Honda Motor dan pasar otomotif di Indonesia.
  • Masing-masing daerah kota/kabupaten akan ada perselisihan harga.
  • Harga di atas merupakan OTR Jakarta dan sekitarnya.

Sekian ulasan tentang harga Honda BeAT Street eSP dan spesifikasinya, semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Setelah mengetahui ulasan di atas, apakah kamu jadi membelinya? Tulis di kolom komentar ya!

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: [email protected]

Tinggalkan komentar