Harga Honda Genio 2021

Oleh: /

Pertama kali diperkenalkan pada bulan Juni 2019, Honda Genio keluar dengan desain fashionable, classic, casual yang target marketnya adalah anak-anak muda.

Honda Genio bisa dikatakan sebagai motor Honda terbaru yang berani bersaing di pasar otomotif Indonesia.

Desain yang digunakan oleh motor ini, sesuai dengan karakter anak muda yang ingin tampil menggunakan kendaraan nyaman, responsif dan tentunya bisa menarik perhatian orang-orang.

Jika dilihat dari tampilannya, konsep desain yang digunakan pada motor ini hampir sama dengan Honda Scoopy, yang mana desain tersebut sama-sama menggunakan desain retro bernuansa modern.

Untuk mengetahui lebih jelas lagi seperti apa spesifikasi Honda Genio ini, berikut review lengkapnya yang bisa kamu ketahui.

Spesifikasi Honda Genio

honda genio

Adapun spesifikasi Honda Genio yang akan dibahas meliputi mesin, chasis/rangka, fitur dan teknologi. Penasaran seperti apa? Berikut ulasan lengkapnya.

Mesin

NamaKeterangan
Tipe Mesin4 – Langkah, SOHC, eSP
Sistem Suplai Bahan BakarPGM – FI
Bore X Stroke47,0 x 63,1 mm
Sistem TransmisiAutomatic, V-Matic
Perbandingan kompresi10 : 1
Maksimum Daya6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm
Maksimum Torsi9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm
Jenis StarterElektrik dan Engkol
Jenis KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Type

Rangka & Kaki-Kaki

NamaKeterangan
Jenis RangkaeSAF-Underbone
Suspensi DepanTelescopic
Suspensi BelakangSwing Arm dengan Suspensi TunggalSwing Arm dengan Suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan80/90 – 14 M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang90/90 – 14 M/C Tubeless
Pengereman DepanCakram
Pengereman BelakangTromol
Sistem PengeremanCombi Brake System

Dimensi & Berat

NamaKeterangan
Panjang X Lebar X Tinggi1869 x 692 x 1061 mm
Tinggi Jok Motor740 mm
Jarak Sumbu Roda1.256 mm
Jarak dengan Tanah147 mm
Berat Beban89 kg ( Tipe CBS ) , 90 kg ( Tipe CBS – ISS )

Kapasitas

NamaKeterangan
Kapasitas Tangki Bahan Bakar4,2 L
Kapasitas Oli Mesin0,65 L ( Penggantian Periodik )

Kelistrikan

NamaKeterangan
Sistem PengapianFull Transisterized
Jenis Baterai atau AkiMF 12 V – 3Ah ( Tipe CBS ) , MF 12 V – 5 Ah ( Tipe CBS – ISS )
Jenis Busi MotorNGK MR9C-9N

Demikian data spesifikasi yang ada pada motor buatan Honda keluaran terbaru ini. Dengan adanya ulasan ini, semoga calon pembeli merasa puas dengan spesifikasi yang ada pada motor tersebut.

Baiklah, mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya.

Review Honda Genio

Honda genio

Ulas mengulas soal motor memang sudah kewajiban mamang bengkel, maka dari itu pada artikel ini mamang akan me-review lebih dalam lagi tentang performa, desain, fitur dan teknologinya.

Penasaran seperti apa? Simak berikut ini.

Desain Tampilan Honda Genio

honda genio

Untuk tampilannya bisa kita lihat bahwa Honda Genio mempunyai desain yang fashionable dan compact. Jika diukur secara keseluruhan, motor ini mempunyai panjang 1869 mm, lebar 692 dan tinggi 1061 mm.

Demi mendukung kenyamanan berkendara, Honda membuat jarak tanah dengan motor 740 mm dan dilengkapi oleh floor board yang luas.

Bagian paling menarik dari Honda Genio adalah menggunakan rangka enhanced smart architecture frame, yang mana tipe rangka tersebut membuat bobot motor tidak lebih dari 90 kg.

Jika dibandingkan dengan Honda Scoopy terbaru, bobot motor ini jauh lebih ringan 9 kg.

Beranjak ke tampilan depannya, bagian penerangannya sudah menggunakan teknologi LED projector, yang mana teknologi tersebut mampu memberikan penerangan maksimal serta tidak menyilaukan lawan pengendara lainnya.

Tak hanya itu, ternyata penggunaan lampu tersebut bisa membuat tampilan motor semakin terlihat stylish.

Sedangkan untuk kokpit pengendara, kamu akan melihat digital panel yang didalamnya bisa memberikan informasi seputar motor. Misal seperti indikator ECU, bensin, lampu, sein-sein, odometer dan speedometer.

Dibagian bawah stang pengemudi ada dua tempat yang digunakan untuk meletakkan barang-barang kecil, misal seperti botol minuman, masker, sarung tangan dan lain sebagainya.

Apabila kamu membawa barang bawaan yang kapasitasnya lebih besar, barang tersebut bisa diletakkan didalam bagasi. Tak usah khawatir, karena kapasitas bagasi motor ini mampu menampung 14 liter barang bawaan.

Beralih ke bagian belakang, desain yang digunakan oleh Honda untuk motor ini cukup simpel, tidak banyak lekukan sehingga dapat memberikan kesan elegan pada motor ini.

Sama seperti bagian depan, bagian belakang pun ada stop lamp yang selaras dengan lampu bagian belakang.

Mesin Honda Genio

honda genio 110

Bicara soal mesin yang digunakan pada Honda Genio, pihak Honda telah menerapkan mesin baru yang dilengkapi oleh teknologi eSP, volume silinder sebesar 110 cc dan sistem suplai bahan bakarnya menggunakan injeksi.

Powe atau tenaga maksimal yang mampu dihasilkan oleh mesin motor ini sebesar 6,6 kW/7.500 RPM. Sementara untuk torsinya sendiri berada di angka 9,3 Nm/5.500 RPM. Dengan begitu, laju dari motor Honda Genio ini lebih responsif.

Menariknya lagi, motor ini mampu melaju dari jarak 0 sampai 200 meter hanya menghabiskan waktu 12,4 detik. Tak hanya itu, kecepatan maksimal yang bisa dikeluarkan menyentuh angka 94 km/jam.

Menurut mamang, motor dengan kapasitas 110 cc ini memang sudah cukup mumpuni untuk bagian mesinnya. Selain irit, motor ini mampu bersaing dengan motor kelas 110 cc lainnya.

Fitur & Teknologi Honda Genio

honda genio terbaru

Banyak fitur Honda Genio yang disuguhkan kepada penggunanya, salah satu fitur menarik dari motor ini adalah adanya security key shutter yang berfungsi untuk mengamankan kendaraan ketika parkir di garasi rumah dan parkiran umum.

Tak hanya itu, adapun tombol pembuka bagasi yang terlihat simpel sehingga bisa memudahkan pemilik motor untuk membuka bagasi dalam keadaan terburu-buru.

Fitur menarik lainnya yang akan didapat oleh pemilik motor ini adalah combi brake system, yang mana fitur tersebut bisa memberikan keseimbangan ketika pengendara melakukan pengereman secara mendadak.

Apakah masih ada fitur dan teknologi lainnya yang tersemat pada Honda Genio? Tentu saja, berikut fitur unggulan yang sangat disukai oleh pengendara motor di Indonesia:

  • Power Charger di dalam bagasi yang luasnya 14 liter
  • Rak depan untuk menyimpan barang bawaan kecil
  • Pengaman kunci kontak yang dilengkapi oleh tombol pembuka jok
  • Lampu depan berteknologi LED yang mampu memberikan penerangan maksimal tanpa menyilaukan lawan pengendara lainnya.
  • Teknologi eSP dan PGM-FI yang fungsinya sangat menguntungkan pemilik kendaraan, contohnya seperti irit dalam konsumsi bahan bakarnya.
  • Combi brake system yang membuat motor tetap seimbang ketika pengendara melakukan pengereman secara mendadak.
  • Digital panel meter yang fungsinya dapat memberikan informasi seputar motor.

Itulah fitur dan teknologi unggulan yang dimiliki oleh motor ini. Mari kita lanjutkan ke bagian kaki-kaki motor ini.

Suspensi & Kaki-Kaki Honda Genio

honda genio 110 terbaru

Bagian suspensi depan yang digunakan oleh Honda Genio adalah tipe teleskopic dan belakangnya swing arm dengan tipe monoshock. Jenis suspensi tersebut mampu meredam getaran ketika berkendara.

Lalu untuk bagian kaki-kakinya, motor ini menggunakan velg cast wheel yang ukurannya sebesar 14 inch. Kemudian, ukuran ban bagian depan sebesar 80/90-14 dan belakang 90/90-14.

Beralih ke bagian pengeremannya, pihak Honda telah menerapkan sistem pengereman cakram untuk bagian depan dan belakang sama seperti motor matic pada umumnya, yaitu pengereman tromol berteknologi CBS.

Harga Honda Genio

honda genio terbaru

Setelah mengetahui semua spesifikasi dan fitur Honda Genio, rasanya kurang lengkap apabila sobat mamang tidak mengetahui berapa harga yang dikeluarkan untuk Honda Genio.

Perlu diketahui, motor ini terbagi dalam dua jenis, yaitu Honda Genio CBS dan CBS-ISS. Untuk warnanya tersedia 11 pilihan warna yang bisa kamu pilih. Diantaranya seperti:

  • Trendy White
  • Trendy White Red
  • Trendy Black
  • Fabolous Matte Black
  • Smart Silver
  • Smart Black Red
  • Smart Red
  • Smart White Blue

Berikut adalah daftar harga Honda Genio terbaru:

JenisHarga
Honda Genio CBSRp 17,945,000,-
Honda Genio CBS-ISSRp 18,415,000,-

Catatan:

  • Harga di atas merupakan OTR Jakarta dan sekitarnya.
  • Sewaktu-waktu harga bisa berubah (menyesuaikan pasar)
  • Ada perselisihan harga, tergantung dari daerah atau tempat kamu tinggal.

Setelah mengetahui review Honda Genio CBS dan CBS-iSS, apakah kamu berminat untuk membelinya? Mungkin sekian ulasan yang bisa mamang berikan, semoga bermanfaat.

Setelah mengetahui informasi Honda Genio 110, apakah kamu jadi membelinya? Kalau boleh ngasih saran, kata mamang si mending beli. Kenapa? Soalnya motor ini cocok untuk anak muda seperti kamu.

Terimakasih telah berkunjung, dukung terus mamangbengkel untuk memberikan informasi seputar otomotif. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar