Cara Memilih Ban Mobil

Oleh: /

Ban adalah komponen yang paling penting untuk sebuah kendaraan, baik itu motor dan mobil. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara memilih ban yang benar untuk mobil.

Kenapa demikian? Karena memilih ban mobil yang aman dan nyaman ketika digunakan itu adalah bagian terpenting yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Sayangnya, masih banyak orang yang masih bingung dengan jenis ban yang cocok untuk keperluan mobil mereka.

Maka dari itu, mamang bengkel akan mengulas lengkap mengenai cara memilih ban mobil yang baik dan benar.

Jika kamu ingin memiliki pengalaman berkendara yang baik, silahkan simak ulasan berikut ini.

Periksa Ukuran Ban

cara memilih ban

Cara memilih ban yang pertama adalah memeriksa ukuran ban. Tak hanya ukurannya saja yang kamu periksa, namun kode dan kadar kadaluarsa bannya harus ikut diperiksa.

Untuk kode tersebut bisa kamu lihat pada permukaan samping ban.

Contohnya seperti ini, apabila kamu mendapati kode seperti “205/55 R 16 91 V“, maka kode tersebut merupakan informasi seputar ban yang kamu gunakan.

Gambarannya seperti ini:

  • V adalah kode batas maksimum kecepatan ban yang harus ditempuh. Misal 120 km/jam, maka kamu tidak boleh melebihi kecepatan tersebut.
  • 91 adalah kode batas maksimum beban muatan.
  • 16 adalah kode diameter velg, yang artinya ban tersebut ditujukan untuk velg16 inci.
  • R adalah kode yang menjelaskan tentang jenis ban.
  • 55 adalah kode rasio ketebalan pada ban tersebut.
  • 205 adalah kode diameter telapak ban dalam.

Perhatikan Ketebalan Ban

cara memilih ban

Cara memilih ban yang kedua adalah memperhatikan ketebalan ban. Ketika membeli ban baru, usahakan memilih ban yang tingkat ketebalannya tinggi.

Kenapa mamang bengkel menyarankan untuk memilih yang tebal? Agar bisa digunakan jangka panjang, terlebih permukaan ban yang tebal ini awet dan tidak mudah rusak.

Lihat Tahun Pembuatan Ban

cara memilih ban mobil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa angka yang terletak pada permukaan ban, yaitu kode ban.

Yang mana kode tersebut menjelaskan berbagai macam informasi seputar ban, termasuk tahun pembuatan ban itu sendiri. Misal kodenya 1610.

Jadi angka 16 itu menandakan waktu pembuatan ban mobil di minggu kedua. Sedangkan angka 12 menandakan tahun pembuatannya.

Maka dari itu, usahakan memilih ban yang tahun pembuatannya masih baru. Kenapa demikian? Karena dari kualitasnya jauh lebih unggul.

Jadi kesimpulannya, cara memilih ban yang ke tiga ini lihat dari tahun pembuatannya.

Pilih Desain Alur yang Cocok

cara memilih ban

Cara memilih ban yang ke empat adalah memperhatikan desain alur yang cocok. Kenapa demikian? Sebab desain alur ban ini sangat berpengaruh terhadap gesekan ban dengan aspal. Jika gesekannya kecil, resiko dan tergelincir di jalanpun besar.

Teruntuk kamu yang kendaraan mobilnya sering melintasi jalanan yang agak panas, alangkah baiknya jangan menggunakan ban yang desain alurnya banyak garutan.

Mamang sarankan agar memilih desain alur yang bentuknya seperti huruf V, karena desain tersebut mempunyai daya gesek yang tinggi, sehingga cocok untuk melintasi jalanan yang curah dan basah.

Lantas bagaimana untuk kendaraan yang sering melewati jalan yang bergelombang? Silahkan gunakan ban dengan desain alur tapak bulat.

Kesimpulan dari penjelasan diatas, silahkan pilih ban sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang kamu gunakan.

Pilih Ban Sesuai dengan Kebutuhan

ban untuk mobil jpg

Apakah kamu suka jalan jalan melewati medan yang berlumpur dan bebatuan? Jika iya, maka jenis ban yang cocok digunakan untuk mobil yang kamu miliki adalah Mud Terrain.

Jenis ban ini terkenal kuat kualitasnya, oleh karena itu banyak pecinta offroad yang menggunakan jenis ban seperti ini.

Mud Terrain merupakan jenis ban yang dibuat secara khusus untuk medan jalan berlumpur dan bebatuan, sehingga tidak cocok jika kamu gunakan pada aspal biasa seperti di perkotaan.

Kenapa demikian? Karena ban seperti ini tidak memiliki cengkraman yang tinggi ketika melaju di jalan aspal.


Sekian ulasan tentang cara memilih ban mobil agar awet dan tahan lama ketika digunakan. Semoga adanya informasi ini bermanfaat untuk kita semua, terimakasih telah berkunjung.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: [email protected]

Tinggalkan komentar