Cara Kerja Mesin 2 Tak

Oleh: /

Kembali lagi dengan mamangbengkel, pembahasan kali ini tentang cara kerja mesin 2 tak. Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum mengetahui bagaimana mekanisme mesin 2 tak.

Banyak yang mengatakan bahwa cara kerja mesin 2 tak ini cukup sederhana, kenapa demikian? Sebab hanya sedikit komponen yang bekerja. Misal seperti piston, poros engkol dan beberapa bagian lainnya.

Sedikit informasi, motor 2 tak ini tidak menggunakan valve (katup) dan nok (noken as). Jika diteliti lagi, perbedaan 2 tak dan 4 tak memang sangat jauh.

Hal ini bisa dilihat dari konstruksi mesin, cara kerja, komponen yang digunakan dan lain sebagainya.

Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita masuk ke poin inti dari pembahasan ini, yaitu cara kerja mesin 2 tak. Silahkan perhatikan baik-baik ya.

Keunggulan Mesin 2 Tak

cara kerja mesin 2 tak

Keunggulan dari mesin 2 tak itu ringan, lebih murah dalam melakukan perawatan, pembangunan, dan cukup sederhana dalam mekanisme-nya.

Selain itu, performa yang dihasilkan oleh mesin motor 2 tak jauh lebih responsif apabila dibandingkan dengan mesin 4 tak.

Kenapa demikian? Sebab putaran mesin 2 tak ini hanya satu kali dan memiliki kemampuan untuk melakukan 4 siklus, yaitu:

  1. Hisap
  2. Expansi
  3. Kompresi
  4. Buang

Baca juga: Motor 2 Tak Terbaik

Cara Kerja Mesin 2 Tak

cara kerja mesin 2 tak

Seperti yang sudah kita ketahui, mesin 2 tak dan 4 tak itu memiliki perbedaan. Baik itu dari segi komponen, cara kerja, konstruksi dan lain sebagainya.

Berbicara soal mesin 2 tak, apakah kamu mengetahui bagaimana mekanisme kerja-nya? Jika belum, cara kerja mesin 2 tak ini terbagi menjadi 2 bagian, di antaranya seperti:

Langkah Hisap

cara kerja mesin 2 tak

Seperti apa penjelasan langkah hisap dalam mesin 2 tak? Gambaran-nya seperti ini:

  1. Ketika piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA), komponen tersebut akan menghisap gas yang dihasilkan oleh campuran bahan bakar, udara dan pelumas. Terjadinya pengkabutan ini dihasilkan oleh karburator.
  2. Disaat piston melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, maka piston tersebut akan mengkompres gas yang ada di dalam ruang bakar.
  3. Gas yang ada di dalam ruang bakar akan terus di kompres oleh piston sampai ke titik mati atas (TMA).
  4. Sebelum piston berada di titik mati atas (TMA), maka bagian busi akan mengeluarkan percikan api untuk membakar gas yang berada di dalam ruang pembakaran. Jadi disaat busi mengeluarkan percikan api untuk membakar, maka piston tidak akan naik ke titik mati atas (TMA). Kenapa seperti itu? karena piston bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju ke titik mati bawah (TMB), maka pembakaran akan terjadi di dalam ruang bakar.

Kira-kira seperti itu proses langkah hisap yang dilakukan oleh mesin 2 tak.

Langkah Buang

cara kerja mesin 2 tak

Bagaimana langkah hisap yang dilakukan oleh mesin 2 tak? Begini penjelasan-nya:

  1. Disaat piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB), maka piston itu akan menekan ruang bersih yang ada di bagian bawah-nya. Jadi begini, semakin jauh jarak piston dari titik mati atas dan dekat dengan titik mati bawah, maka piston tersebut akan semakin meningkatkan tekanan yang akan terjadi di ruang pembersih.
  2. Pada fase tertentu, ring piston akan melewati lubang In dan Ex. Posisi dari masing-masing lubang tersebut akan tergantung dari desain mesin itu sendiri. Biasanya ring piston atau seher akan melewati lubang pembuangan terlebih dulu, setelah itu masuk ke lubang pemasukan.
  3. Disaat ring piston melewati lubang pembuangan, maka gas yang ada di dalam ruang bakar ikut keluar melalui lubang knalpot.
  4. Ketika ring seher melewati lubang pemasukan, maka gas yang tertampung di ruang bilas akan masuk ke ruang bakar dan juga sekaligus mendorong keluar gas-gas yang ada di dalam ruang bakar.

Kurang lebih seperti itu, mekanisme kerja mesin 2 tak dalam langkah buang.


Catatan: Demikian penjelasan mengenai cara kerja mesin 2 tak, semoga pembahasan yang sudah dicantumkan di atas mudah dimengerti oleh kita semua.

Terimakasih telah berkunjung, mohon maaf apabila penyampaiannya ada yang kurang jelas.

Salam otomotif.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar