Mobil Sport Toyota 2 Pintu

Oleh: /

Mobil sport Toyota 2 pintu memang menarik untuk di bahas, yang mana mobil-mobil sport ini pernah diproduksi pada tahun 1980.

Mobil sport 2 pintu memang mempunyai daya tarik sendiri, selain terlihat keren, gagah, menarik dan lain sebagainya, mobil sport 2 pintu memang sengaja dibuat untuk mereka yang sangat antusias terhadap dunia otomotif, khususnya mobil.

Seperti yang sudah diketahui, Toyota merupakan perusahaan otomotif sekaligus produsen mobil raksasa berasal dari Jepang mempunyai berbagai macam mobil sport 2 pintu.

Menariknya lagi, mobil sport 2 pintu ini sudah ada dari puluhan tahun lalu dan sampai saat ini masih banyak peminatnya.

Kira-kira apa ya mobil sport Toyota 2 pintu yang sampai saat ini masih banyak peminatnya? Jangan dulu kemana-meni, berikut ulasan lengkapnya.

1. Toyota Celica

mobil sport toyota
DetikOto

Nama yang sangat unik dijadikan sebagai pengenal mobil sport Toyota yang dibuat pada tahun 1970 sampai 2006.

Jika dilihat dari awal tahun produksi, usia dari Toyota Celica ini cukup lama, bahkan mobil sport 2 pintu ini sampai memunculkan 7 generasi yang populasinya bisa lebih dari 4.1 juta di seluruh dunia.

Dari segi jumlah unit yang bisa terbilang cukup banyak membuat masyarakat semakin yakin dengan performa yang dimiliki oleh Toyota Celica ini, bahkan banyak dari pecinta mobil sport yang menggunakan mobil ini untuk kebutuhan hobinya.

Menariknya lagi, mobil ini bukan hanya diminati oleh kaum Adam saja, melainkan banyak kaum Hawa yang terpikat ingin memilikinya.

Diantara sobat mamang, adakah yang tau bahwa Toyota Celica ini pernah menjadi salah satu mobil balap Toyota pada World Rally Championship dari tahun 72 hingga 86?

Mungkin sebagian ada yang belum mengetahuinya, namun pada kenyataannya memang benar, bahwa mobil ini sempat beberapa kali mengikuti kejuaraan balap dunia.

Di ajang yang sama pada tahun 88 sampai 97, Celica GT-Four berpenggerak 4WD ini juga ikut meramaikan lintasan balap.

Teruntuk sobat mamang yang gemar dengan balap reli, Celica GT-Four merupakan barang antik yang sampai saat ini menjadi incaran untuk jadikan sebagai bahan koleksi.

2. Toyota AE86

mobil sport toyota
intersport.id

Jangan ngaku anak mobil kalau tidak kenal dengan Toyota AE86. Ya mobil sport Toyota AE86 langsung melejit ketika terkenalnya film animasi “Initial D”.

Mobil ini menggunakan mesin 4A-GE 4 silinder, DOHC, 1.587 cc yang mampu mengeluarkan power sebesar 130 ps dan torsinya mencapai 132 Nm.

Keistimewaan mobil ini ialah sempat dibuat pada tahun 83 sampai 87 dan dijadikan sebagai raja drift tanpa harus melakukan perubahan yang signifikan.

Dibekali penggerak roda belakang yang kuat, mobil sport Toyota yang terlihat dalam film animasi ini digunakan drifting mengelilingi Gunung Akina di negara Jepang.

Perlu diketahui, perusahaan Toyota sempat memproduksi mobil ini dengan jumlah yang tidak sedikit, tapi saat ini sudah jarang ditemukan lagi, bahkan hanya ada beberapa unit saja yang diincar oleh para kolektor.

Oleh karena itu jangan kaget apabila harga mobil ini di banderol dengan nominal yang tidak sedikit, bahkan harganya bisa menjadi 10 kali lipat dari harga awal ketika pertama kalinya diluncurkan.

3. Toyota 86

mobil sport toyota
toyota.astra.co.id

Jika dilihat dari dimensi luarnya, mobil sport Toyota 2 pintu ini merupakan hasil kolaborasi dengan Subaru, pada tahun 2012. Perlu diketahui, kolaborasi ini merupakan pertama kalinya dilakukan oleh pihak Toyota.

Oleh karena itu jangan heran apabila mesin yang digunakan pada Toyota 86 ini berjenis Boxer 4 silinder, DOHC yang kapasitasnya 1.998 cc.

Dikarenakan hasil kolaborasi, bagian mesinnya sama persis dengan yang digunakan oleh mobil Subaru BRZ.

Sangat disayangkan ketenaran Subaru BRZ ini tidak sebanding dengan Toyota 86, bahkan ada yang mengatakan bahwa Subaru adalah mobil sport tiruan dari Toyota 86.

Jauh beda dengan Toyota 86, dimana sampai saat ini mobil tersebut tingkat popularitas nya masih tinggi, bahkan banyak yang melakukan modifikasi pada mobil ini, baik itu dari segi mesin dan tampilan luarnya.

Banyak pecinta otomotif yang mengatakan ingin sekali bernostalgia dengan Toyota 86, kenapa demikian? Sebab mobil ini mempunyai kesan tersendiri yang membuat pemiliknya merasa nyaman ketika menggunakannya.

Ada satu hal yang jarang dijumpai pada mobil sport lainnya, dimana Toyota 86 ini masih sangat nyaman ketika digunakan untuk keperluan sehari-hari.

4. Toyota Soarer

mobil sport toyota
auto-data.net

Selain ketiga mobil di atas, Toyota juga pernah mempunyai mobil sport 2 pintu yang bisa dikatakan cukup megah, yaitu Toyota Soarer.

Pada tahun 1981 sampai 2005 mobil ini diproduksi. Ketika itu ada beragam varian Toyota Soarer yang bisa dipilih oleh calon pembelinya.

Mobil ini tak hanya digunakan oleh penduduk Jepang saja, melainkan dari berbagai belahan dunia pun ada yang menggunakan Toyota Soarer untuk keperluannya, entah itu balap atau hanya sekedar digunakan sehari-hari.

Adapun kelebihan yang ada pada mobil ini terlihat dari segi desainnya. Menyinggung soal desain Toyota Soarer ini memang bagus, mewah, elegan, apalagi interiornya dibuat senyaman mungkin.

Selain desainnya, pengendalian dan performa mesinnya pun sangat responsif. Menariknya lagi, mobil ini sudah menggunakan teknologi turbo, yang mana teknologi tersebut dapat meningkatkan performa mesin secara signifikan.

Tapi sangat disayangkan, pada tahun 2005 akhir pihak Toyota memutuskan untuk tidak memproduksi lagi mobil ini, kenapa? Karena kategori “Sport Mewah” ini menggunakan brand Lexus.

5. Toyota Supra

toyota supra
Auto200

Toyota Supra merupakan mobil sport 2 pintu yang paling terkenal di dunia otomotif. Tak hanya populer, banyak dari mereka yang ingin memilikinya.

Sedikit bercerita tentang mobil ini, Toyota Supra lahir ke dunia otomotif pada tahun 1987 dan dirangkul menjadi keluarga Toyota Celica sebagai tipe termegah dikarenakan menggunakan mesin 6 silinder.

Seiring berjalannya waktu, Toyota pun berpendapat bahwa merk Supra ini harus berdiri sendiri sebagai produk unggulan mereka.

Tipe yang paling populer dari Toyota Supra ialah generasi ke empat, yang mana pada generasi tersebut sudah menggunakan mesin 2JZ -GE dan 2JZ-GTE Turbo.

Jika saat ini kamu belum memilikinya dan ingin membelinya, saya sarankan untuk memilih tipe 2JZ-GTE Turbo. Kenapa? Sebab performa mesinnya jauh lebih tinggi daripada tipe sebelahnya.

Dikarenakan pada tahun 2002 Toyota sudah memutuskan untuk tidak memproduksinya lagi, kamu masih bisa membeli mobil ini, namun bekas pemakaian.

Walaupun bekas tapi jangan diremehkan, karena sampai saat ini masih banyak pecinta otomotif yang memburu Toyota Supra.


Sekian ulasan tentang mobil sport toyota yang bisa mamang sampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan para pecinta otomotif bisa membeli mobil ini untuk dijadikan sebagai koleksi.

Terimakasih telah berkunjung, support dan dukung terus website ini, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Jika ada yang ingin ditanyakan, mamang persilahkan untuk mengisi kolom komentar yang ada di bawah ini. Dengan begitu, pertanyaan teman-teman akan dijawab oleh admin mamangbengkel.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar