Honda Vario 125

Oleh: /

All New Honda Vario 125 merupakan skuter matic yang sering digunakan oleh orang-orang untuk sarana transportasi harian.

Alasan mereka membeli motor ini adalah “irit dalam konsumsi bahan bakar-nya”. Selain irit, tenaga yang dihasilkan oleh Honda Vario 125 cukup responsif.

Jika ditelaah lebih dalam lagi, mayoritas masyarakat Indonesia pasti memilih sepeda motor paling irit yang juga performa-nya tidak mengecewakan.

Kenapa demikian? Sebab mereka semua menjadikan motor tersebut sebagai sarana transportasi harian. Misal seperti bepergian ke sekolah, kantor, pasar dan mini market untuk belanja bulanan.

Jika kamu sedang mencari motor irit namun tetap bertenaga, pilihan tepat-nya adalah Honda Vario 125.

Namun sebelum membeli, alangkah baiknya ketahui dulu spesifikasi mesin, fitur teknologi dan harga yang di banderol oleh pencipta-nya.

Berikut informasi lengkap-nya.

Spesifikasi Honda Vario 125

spesifikasi honda vario 125

Seperti yang sudah dikatakan di atas, sebelum membeli motor ini, calon konsumen harus mengetahui terlebih dulu spesifikasi honda vario 125.

Berbicara soal spesifikasi motor Honda, baik itu mesin, teknologi dan lain sebagainya, setiap motor pasti memiliki spek yang beda.

Walaupun perbedaan-nya tidak terlalu jauh, namun perbedaan itulah yang memberikan nilai tambahan terhadap motor tersebut.

Untuk mempersingkat waktu, yuk langsung saja kita bahas sampai tuntas spesifikasi motor ini.

Mesin

KETERANGANHONDA VARIO 125
Tipe Mesing4Stroke (Langkah), eSP, SOHC berpendingin cairan
Suplai Bahan BakarProgrammed Fuel Injection (PGM-FI)
Bore X Stroke52,4 x 57,9 mm
Tipe TransmisiAutomatic
Tenaga Maksimal8,2 kW (11,1PS) /8.500 RPM
Torsi Maksimal10,8 Nm (1,1 kgf,m) /5.000 RPM
Tipe StarterEngkol & Electric
Tipe KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Tipe

Dimensi & Berat

KETERANGANHONDA VARIO 125
Panjang X Lebar X Tinggi1919 X 679 X 1062 mm
Tinggi Tempat Duduk769 mm
Jarak Sumbu Roda1.280 mm
Jarak Tanah132 mm
Berat Beban111 Kg

Suspensi & Kaki-Kaki

KETERANGANHONDA VARIO 125
Tipe RangkaUnderbone
Suspensi DepanTelescopic
Suspensi BelakangSwing Arm Dengan Suspensi Tunggal
Ukuran Ban dan Velg Depan80/90-14m/C 40P Tubeless
Ukuran Ban dan Velg Belakang90/90-14m/C 46P
Rem DepanCakram Hidrolik, Piston Tunggal
Rem BelakangTromol

Kapasitas

KETERANGANHONDA VARIO 125
Tangki Bensin5.5 Liter
Oli Mesin0.8 Liter

Kelistrikan

KETERANGANHONDA VARIO 125
Sistem PengapianFull Transisterized
Tipe BusiNGK CPR9EA-9/Denso U27EPR9
Tipe AkiMF 12V-5 Ah

Review Honda Vario 125

review honda vario 125

Penasaran kan apa saja yang akan mamang review dari Honda Vario 125 ini? Untuk mengetahui semua-nya, scroll layar hp-nya ke bawah ya.

Jadi di sini mamang akan mengulas tampilan desain, mesin (dapur pacu), fitur teknologi, dan suspensi.

Kira-kira seperti apa? Penjelasan-nya ada di bawah ini.

Tampilan & Dimensi

All New Honda Vario 125

Dari segi tampilan-nya sangat jelas menegaskan bahwa pabrikan Honda telah merubah desain-nya, yang mana All New Honda Vario 125 terlihat lebih keren dari generasi sebelumnya.

Bagian ini bisa kita lihat dari sisi depan-nya terdapat headlamp yang desain-nya cukup menarik dan elegan. Desain tersebut memberikan kesan keren terhadap motor ini.

Menarik-nya lagi, lampu depan-nya sudah menggunakan teknologi LED, yang mana teknologi tersebut dapat memberikan penerangan yang luar biasa terang-nya di malam hari.

Bukan bagian depan-nya saja yang berubah, body kanan dan kiri pun sangat jelas terlihat perbedaan-nya.

Body yang di desain minimalis (seperti Honda Vario 150) membuat tampilan dari motor ini sangat keren, terlebih dengan adanya striping (sticker) yang desain-nya cukup estetik.

Nampak-nya perubahan yang terjadi pada skuter matic ini terlihat signifikan ya? Hampir semua bagian-nya berubah jadi lebih modern.

Terlebih tampilan depan-nya terlihat lebih modern dan tampilan belakang lebih sporty membuat motor ini semakin di buru oleh masyarakat di Indonesia.

Bagi sobat otomotif yang belum tau seperti apa tampilan belakang-nya, berikut gambar detail-nya:

tampilan belakang honda vario 125

Mari kita lanjutkan ke bagian dimensi.

Secara keseluruhan, ukuran panjang dimensi Honda Vario 125 keluaran tahun ini sekitar 1.919 mm (tinggi), 679 mm (lebar), dan 1.062 mm (tinggi motor).

Tak hanya itu, roda depan dan belakang memiliki jarak 1.280 mm. Jarak terendah dari dek bawah ke tanah itu sekitar 135 mm dan beban berat yang ditampung oleh motor ini sekitar 111 kg.

Tinggi jok motor mencapai 769 mm dapat memberikan kenyamanan kepada pengendara dan penumpang-nya, kenapa? Sebab empuk, tidak terlalu tinggi dan pendek.

Untuk calon konsumen Honda, kini pihak Honda sudah menyediakan aksesoris original untuk kebutuhan All New Honda Vario 125, kamu bisa langsung membelinya di bengkel resmi terdekat.

Dapur Pacu

dapur pacu honda vario125

Perubahan pun tak hanya pada bagian tampilan-nya saja, melainkan pada dapur pacu-nya pun sudah ada perubahan yang diterapkan oleh pabrikan Honda.

Apabila dibandingkan dengan sebelumnya, kini performa mesin All New Honda Vario 125 jauh lebih maksimal dan responsif.

Maksimal kecepatan yang mampu dihasilkan oleh skuter matic buatan Honda ini mencapai 96 km/jam.

Tipe mesin yang digunakan-nya masih sama dengan sebelum-nya, yaitu 4-Langkah, SOHC, eSP dan pendingin cairan.

Menyinggung tenaga, Honda Vario 125 dapat menginjak di angka 8.2 kW pada putaran 8.500 RPM. Sedangkan torsi-nya sendiri bisa mencapai 10.8 Nm pada putaran 5.000 RPM.

Kelebihan pada Vario 125 keluaran terbaru ini adalah:

  1. Tenaga oke, tidak mengecewakan.
  2. Ketahanan mesin kuat.
  3. Akselerasi lincah dan cepat.
  4. Bertenaga dan tidak boros dalam konsumsi bahan bakar-nya.

Oleh karena itu jangan merasa heran apabila skuter matic buatan Honda yang satu ini, kerap diburu oleh pengguna kendaraan di Indonesia.

Kelistrikan/Sistem Pengapian

sistem pengapian honda vario 125

All New Honda Vario 125 keluaran terbaru ini sudah dibekali aki yang daya-nya mencapai 12V-5Ah. Untuk busi-nya sendiri menggunakan tipe Denso U27EPR-9/NGK CPR9EA.

Sebagai informasi, skuter matic Honda keluaran terbaru ini sudah tidak menggunakan starter engkol, untuk menghidupkan mesin-nya hanya menggunakan starter elektrik saja.

Kalau menurut saya si lebih enak dan terasa simpel, jadi kita sebagai pengguna tidak perlu menurunkan standard dua untuk menghidupkan motor-nya.

Suspensi & Kaki-Kaki

suspensi honda vario 125

Suspensi

Untuk suspensi dan bagian kaki-kaki Honda Vario 125 ini tidak ada yang beda, semua nya masih tetap sama seperti generasi sebelum-nya.

Kenapa tidak ada perubahan? Sebab pihak Honda sendiri masih merasa nyaman dengan suspensi dan kaki-kaki yang dulu, terlebih para konsumen pun tidak ada yang komplain sama sekali.

Masih sama seperti generasi sebelum-nya, suspensi depan yang digunakan pada motor ini berjenis teleskopic dan belakang-nya masih menggunakan swingarm, lengkap dengan peredam kejut-nya.

Adanya peredam kejut itu berfungsi untuk memberikan kenyamanan kepada pengendara dan penumpang-nya, dimana ketika melewati jalan yang bergeronjal akan tetap merasa nyaman.

Roda & Velg

Berbicara soal roda dan velg-nya, skuter matic ini masih menggunakan velg cast wheel berukuran 14 inch.

Ukuran roda yang digunakan untuk menyelimuti velg itu 80/90 bagian depan dan belakang-nya 90/90.

Walaupun velg dan roda-nya lebih kecil daripada Yamaha Lexi, namun motor ini tetap stabil ketika sedang bermanuver.

Hal ini berdasarkan pengalaman yang pernah saya rasakan selama menunggangi-nya.

Pengereman

Untuk bagian depan-nya, sistem pengereman yang digunakan pada motor ini adalah disc brake (rem cakram) dengan piston tunggal.

Sedangkan bagian belakang-nya masih sama menggunakan sistem pengereman tromol, namun tetap bagus untuk fitur keselamatan-nya.

Harga Honda Vario 125

harga vario 125

Setelah selesai membahas mengenai Spesifikasi, alangkah baik-nya kita ulas juga Harga dari Honda Vario 125.

Ulasan ini untuk gambaran kepada calon konsumen yang ingin membeli motor ini, jadi mereka tau berapa nominal yang harus disiapkan untuk membawa skuter matic buatan Honda pulang ke rumah.

Sebagai informasi, motor ini hadir dalam 2 jenis. Di antaranya adalah CBS dan CBS-ISS. Masing-masing dari varian tersebut memiliki harga yang beda.

Untuk warna-nya, pabrikan Honda menawarkan 4 macam dan kamu bisa memilih-nya sesuai dengan selera, di antaranya seperti: Advance Black Metallic, Advance Matte Blue, Advance Matte Brown & Matte Black, Advance Matte Black Metallic.

Berikut Harga Honda Vario 125

TIPEHARGA
Honda Vario 125 CBSRp 20.600.000
Honda Vario 125 CBS-ISSRp 21.505.000

Catatan:

  1. Harga di atas merupakan OTR Jakarta
  2. Setiap daerah akan ada penyesuaian harga
  3. Sewaktu-waktu harga dapat berubah

Sekian informasi seputar spesifikasi, fitur teknologi, suspensi & kaki-kaki yang dilengkapi dengan Harga All New Honda Vario 125 terbaru.

Semoga adanya artikel ini dapat bermanfaat dan mudah dipahami oleh pengunjung, khusus-nya bagi kamu yang saat ini ingin membeli-nya.

Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa pada artikel selanjut-nya.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar