Cara Kerja Karburator

Oleh: /

Cara kerja karburator? Ada yang tau seperti apa mekanismenya? Mungkin sebagian dari sobat mamang banyak yang belum mengetahui, oleh karena itu izinkan mamang untuk membahasnya sampai tuntas.

Setiap kendaraan, baik itu motor ataupun mobil, perlu yang namanya karburator, bahan bakar dan udara harus dipasok secara bersamaan agar tercampur di dalam ruang pembakaran mesin.

Percikan api akan dipasok oleh busi, sedangkan udara dan bahan bakar harus dipasok secara bersamaan oleh karburator.

Maka dari itu, karburator adalah bagian penting yang harus ada di dalam semua jenis kendaraan. Jika tidak ada karburator, maka kendaraan tersebut tidak bisa digunakan.

Menyinggung hal ini, kira-kira seperti apa ya cara kerja karburator pada kendaraan? Jika kamu belum tau dan ingin mengetahuinya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Kerja Karburator

cara kerja karburator
Otosia.com

Sebenarnya cara kerja karburator itu untuk mencampur udara dan bahan bakar ke dalam mesin sesuai dengan perbandingan.

Selain itu, karburator juga berfungsi untuk mengatur tinggi atau rendahnya RPM mesin kendaraan. Di dalam karburator pun terdapat berbagai macam komponen, yang mana ada fungsinya sendiri.

Apa saja komponen di dalamnya? Untuk bagian ini akan di bahas di penghujung artikel, sebab poin utama yang memang harus dibahas adalah bagaimana cara kerja karburator untuk kendaraan mobil dan motor.

Pertama-tama mamang akan membahas tentang.

Karburator Mobil

cara kerja karburator mobil
pindahlubang.com

Mobil adalah kendaraan yang dapat digunakan ketika adanya pasokan bahan bakar dan udara ke dalam mesin.

Bisa dikatakan, bahwa bahan bakar adalah sumber utama tenaga yang bekerja untuk menjalankan mesin mobil.

Biasanya sistem pembakaran karburator ini digunakan oleh kendaraan yang kapasitasnya kecil, katakanlah sepeda motor.

Tapi, tidak dipungkiri bahwa kendaraan mobil juga masih ada yang menggunakan sistem pembakaran ini, namun tahun produksinya bisa dikatakan cukup tua, yaitu mobil yang diproduksi pada tahun 1987 ke atas.

Biasanya mobil-mobil tersebut digunakan untuk stok balap, yang mana seluruh komponen mesinnya digantikan dengan part-part after market.

Lantas bagaimana cara kerja karburator mobil? Jawabannya adalah merubah bensin cair menjadi uap dengan memecah beberapa bagian menjadi kecil.

Kenapa demikian? Tujuannya untuk mengatur udara yang masuk melalui saluran bensin hingga menjadi uap. Selain itu, ada tujuan lainnya, yaitu untuk menyempurnakan pembakaran yang terjadi di dalam mesin.

Bagaimana dengan cara kerja karburator motor? Berikut ulasannya.

Karburator Motor

cara kerja karburator motor
gridoto.com

Setelah mengetahui seperti apa mekanisme karburator mobil, alangkah baiknya kamu juga harus paham betul bagaimana cara kerja karburator pada kendaraan motor.

Di Indonesia sendiri hampir semua sepeda motor mengenakan karburator dengan tipe VV (variable ventury). Tipe ini menandakan bahwa karburator tersebut memiliki venturi yang dapat berubah-ubah.

Karburator motor dengan tipe variable ventury terdapat dua kondisi, yang mana cara kerjanya berbeda. Kira-kira seperti apa? Berikut ulasannya.

  1. Menarik Gas: Ketika pengendara sedang menarik tuas gas, maka secara otomatis throtle gas itu akan ikut naik ke atas, sehingga lebar venturi terbuka semakin besar dan bahan bakar akan masuk ke dalam ruang pembakaran.
  2. Idle Mesin: Disaat mesin sedang bekerja dengan kondisi gas thortle tertutup, maka udara yang masuk akan melalui filter, kemudian ke bagian idle dan hole.

Ketika udara yang masuk dari bagian filter menuju idle udara hole, aliran udara itu akan berjumpa dengan bahan bakar yang berada di saluran pilot jet.

Setelah itu, material bahan bakar yang akan keluar sudah berubah menjadi gas atau bisa disebut dengan udara fuel mixture.

Karburator Vakum

karburator vakum
otomodiv.com

Pertanyaannya, apakah cara kerja karburator vakum ini sama seperti karburator pada umumnya? Jawabannya beda.

Kenapa beda? Sebab karburator vakum ini tidak mengandalkan jarum skep, namun mengandalkan kevakuman udara yang dihisap oleh piston di dalam silinder.

Jadi analoginya sepert ini. Ketika katup kupu-kupu terbuka lebar dan hisapan udara serta bahan bakar semakin deras, maka hal ini dapat membuat venomena kevakukan di dalam ruang vakum.

Disaat hal ini terjadi, maka karet diafragma akan menyempit dan menarik skep piston ke atas dan pasokan gas bakar pun akan bertambah dengan sendirinya.

Dengan begitu, prinsip kerja seperti ini tentu saja membuat ukuran pasokan udara lebih seimbang, konsumsi bahan bakar tetap efesien walaupun katup kupu-kupu dilubang venturi terbuka lebar.

Selain itu, karburator vakum ini bisa menyeimbangkan aliran gas bakar walaupun kompresi rendah dikarenakan terjadinya knocking.

Karburator PE 28

cara kerja karburator
gridoto.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, karburator adalah komponen mesin yang tugasnya untuk pengkabutan bahan bakar ke dalam silinder head.

Fungsi lain dari karburator adalah:

  1. Mengatur masuknya udara dan bahan bakar ke dalam mesin.
  2. Pengkabutan udaran dan bahan bakar secara merata.
  3. Mengatur perbandingan bahan bakar dan udara dalam berbagai macam beban kecepatan.

Lantas, bagaimana cara kerja dari karburator PE 28? Yaitu ketika mesin kendaraan sudah dihidupkan. Ketika mesin hidup, maka mesin tersebut akan menghisap udara luar agar masuk ke dalam melalui karburator.

Dikarenakan udara itu masuk ke dalam mesin melalui spuyer karburator, maka tekanan udara yang ada pada saluran masuk pun akan tercampur dengan bahan bakar.

Ketika bahan bakar dan udara tercampur di dalam mesin, maka keduanya akan menghasilkan gas yang nantinya akan terbuang melalui lubang EX dan dikeluarkan melalui knalpot.

Komponen Karburator

komponen karburator
xlusi.com

Jika melihat gambar di atas, kita bisa mengetahui komponen apa saja yang ada di dalam karburator motor.

Sebenarnya pembahasan ini adalah pembahasan dasar yang memang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan, atau pecinta otomotif.

Jadi ada saja komponen karburator? Berikut nama-nama beserta fungsinya:

Pelampung

Pelampung merupakan komponen karburator yang dibuat dari bahan plastik ringan. Pada pelampung tersebut terdapat kandungan zat cair yang bisa mengambang, khususnya di atas genangan bensin.

Jarum Pelampung

Selain pelampung, ada juga jarum pelampung yang bentuknya lancip seperti katup yang menekan lubang. Jarum tersebut menekan lubang penyalur bensin agar lubang tersebut akan tertutup secara otomatis.

Jika tidak ada komponen ini, maka karburator motor ataupun mobil akan mengalami kebocoran di bagian bawahnya.

Needle Jet

Bentuknya hampir sama dengan jarum pelampung, namun needle jet ini cenderung lebih tirus dan lancip. BIasanya jarum ini digunakan untuk mengatur besar atau kecilnya bahan bakar yang keluar dari main jet.

Cara kerja dari jarum ini digerakkan oleh katup gas, yang mana gerakannya naik dan turun ke bawah.

Main Jet

Bagian ini merupakan saluran utama yang ada di dalam karburator motor, dimana saluran ini fungsinya menghubungkan bensin dari dalam pelampung ke bagian venturi tengah (Saluran udara ke intake).

Skep Karburator

Skep atau katup gas pada karburator motor berbentuk koin, hal ini hampir serupa dengan katup gas yang ada di dalam karburator mobil.

Skep ini bekerja naik dan turun ke bawah. Adanya gerakan naik dan turun ini dapat membuat ukuran venturi berubah-ubah, oleh karena itu karburator motor masuk ke dalam jenis VV (variable ventury).

Pegas Katup Gas

Komponen karburator yang satu ini terletak dibagian atas karburator, tepatnya di tutup pengatur katup gas.

Fungsi lain dari pegas katup gas iala menjaga katup atau skep agar tetap tertutup ketika pengendara sedang menarik tuas gas, sehingga skep tidak akan keluar dari bagian dalam karburator.

Air Pilot

Komponen ini merupakan saluran yang letaknya memanjang dari ruang sebelum katup gas. Output air pilot akan menyatu dengan saluran pilot jet.

Ketika aliran udara masuk dan melewati air jet, maka secara otomatis bensin atau bahan bakar lainnya akan tercampur di dalam saluran.

Lalu, apa fungsi utama dari air pilot? Yaitu memasok udara disaat katup gas tertutup atau bahasa lainnya ketika sedang idle.

Pilot Jet

Selain air pilot, ada juga pilot jet yang mana bagian ini merupakan saluran yang fungsinya menghubungkan bahan bakar yang ada di dalam pelampung dengan ruang setelah katup gas.

Adapun fungsi lain yang harus diketahui, yaitu mengakhiri bahan bakar disaat mesin sedang berada di posisi idle RPM.

Choke

Choke merupakan komponen karburator yang digunakan untuk mengecilkan volume udara yang masuk ke dalam mesin, kenapa demikian? Tujuannya agar hisapan tersebut mangkat bahan bakar.

Dengan begitu, campuran bahan bakar dan udara semakin banyak.

Umumnya, choke ini digunakan disaat kondisi mesin motor masih dingin. Misal ketika pengendara sedang memanaskan motor di pagi hari.

Mangkok Karburator

Mangkok karburator merupakan komponen yang fungsinya untuk menampung bahan bakar didalamnya. Nantinya bahan bakar tersebut akan dialirkan ke bagian venturi.

Setelan/Sekrup Penyetel

Pada karburator terdapat dua sekrup atau baud penyetel, yang pertama adalah setelan angin dan yang setelan langsam.

Fungsi dari bagian ini untuk menyetel karburator agar kerjanya maksimal dan mampu memberikan tenaga yang powerfull.


Sekian ulasan tentang cara kerja karburator mobil dan motor, fungsi karburator dan komponen di dalamnya. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa menambah wawasan untuk kita semua.

Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar