Cara Bersihkan Injektor

Oleh: /

Sebenarnya cara bersihkan injektor itu mudah dan tidak ribet, namun sayangnya masih banyak pemilik kendaraan yang lalai untuk melakukannya.

Padahal membersihkan injektor itu sudah menjadi rahasia umum, hal ini berlaku untuk setiap jenis sepeda motor yang sistem suplai bahan bakarnya menggunakan injeksi.

Walaupun pada dasarnya sama (membersihkan), tapi perlu diketahui antara karburator dan injektor itu ada perbedaan dari segi perawataannya,

Kenapa kita selaku pemilik kendaraan harus membersihkan injektor? Jawabannya adalah untuk mengembalikan performa mesin motor agar lebih responsif.

Dikarenakan injektor itu bagian penting yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar bensin ke dalam mesin, sudah menjadi kewajiban pemilik kendaraan untuk memperhatikan kesehatannya.

Lantas bagaimana cara bersihkan injektor yang benar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara bersihkan injektor itu ada 3, di antaranya seperti:

Mengaplikasikan Injektor Cleaner

cara mudah bersihkan injektor
Tokopedia

Cara bersihkan injektor yang paling gampang ialah menggunakan injektor cleaner. Untuk mempraktekannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu satu botol cairan injeksi yang bisa kamu beli di bengkel atau toko spare-part terdekat.

Setelah membelinya, silahkan tuangkan cairan tersebut ke dalam tangki bensin motor. Kenapa? Hal ini agar cairan pembersih injektor dan bensin tercampur, sehingga dapat membersihkan karbon-karbon yang menempel pada komponen tersebut.

Oh iya cara seperti ini bisa dilakukan untuk kendaraan mobil dan motor. Tapi untuk mobil yang mengusung mesin diesel, kamu harus jeli dalam membelinya, sebab pada umumnya cairan pembersih untuk mesin diesel itu beda dengan mesin biasa.

Baca juga: Cara Menyetel Langsam Injeksi

Mengaplikasikan Infus Injeksi

cara bersihkan injektor
otomodiv

Perlu diketahui langkah kedua ini adalah cara bersihkan injektor yang sering digunakan oleh bengkel-bengkel resmi.

Metode seperti ini menjadikan cairan carbon cleaner sebagai pengganti bahan bakar yang akan dimasukkan oleh alat khusus, yaitu infus injeksi.

Untuk caranya, kamu hanya perlu melepas selang bahan bakar dan sambungkan selang tersebut dengan tabung infus yang sudah terisi carbon cleaner.

Pada tabung tersebut terdapat udara yang bertekanan tinggi untuk mengalirkan carbon cleaner ke dalam ruang pembakaran, sehingga proses penginjekan cairan ke dalam ruang bakar itu mudah.

Ketika cairan carbon cleaner mulai dimasukkan ke dalam ruang bakar, maka hidupkan mesin motor sambil menarik tuas gas.

Bagian ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit bahkan bisa kurang, tergantung dari habisnya cairan dan mesin kendaraan akan mati secara otomatis.

Sebagai pengingat, cara bersihkan injektor ini bisa kamu lakukan setiap kelipatan 10.000 km perjalanan.

Mengaplikasikan Injektor Service Kit

cara bersihkan injektor
dieselland.eu

Cara terakhir dari bersihkan injektor ini menggunakan injektor service kit, namun cara seperti ini bisa dikatakan cukup rumit dan tidak bisa dikerjakan sendiri di rumah.

Kenapa demikian? Sebab peralatannya hanya ada di bengkel-bengkel besar.

Sebenarnya sama dengan cara kedua namun ada sedikit perbedaan, sebab dengan injektor service kit sendiri bukan hanya membersihkan dari kotoran saja, melainkan dapat mendeteksi kekuatan dan resistansi pada solenoid injektor.

Untuk prakteknya, kamu perlu melepas injektor dari intake/manifold mesin, kemudian diletakkan pada injektor service kit.

Setelah injektor itu diletakkan, maka proses pembersihan bisa dimulai dan secara otomatis akan terlihat data jumlah pengeluaran bensin yang dikeluarkan oleh motor tersebut.

Lantas bagaimana jika terdapat kerusakan pada bagian injektornya, apakah alat ini dapat mendeteksinya? Jawabannya bisa, sebab alat ini memang sengaja dibuat dengan teknologi terbaru yang dapat mendeteksi kerusakan-kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut.

Berbicara soal tarif service injeksi, setiap jenis motor mempunyai tarifnya sendiri. Biasanya tidak jauh dari 30 sampai 40 ribu.


Catatan:

Sebagai pemilik kendaraan diwajibkan untuk merawat kesehatan pada komponen mesinnya, hal ini berlaku juga pada bagian injektor.

Oleh karena itu untuk menjaga performa agar tetap sempurna, kamu harus benar-benar memperhatikan kesehatan injeksi.

Sekian ulasan tentang cara bersihkan injektor motor dan mobil, semoga ulasan ini bermanfaat untuk kita semua.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar