Yamaha Zuma 125

Oleh: /

Yamaha Zuma 125 merupakan motor matic terbaru buatan Yamaha baru baru ini diperkenalkan ke seluruh penghujung dunia, termasuk Indonesia.

Motor ini mengusung desain Adventure yang memungkinkan pemiliknya untuk melewati medan jalan perbukitan.

Menurut mamang, Yamaha Zuma 125 ini merupakan reinkarnasi dari Yamaha X-Ride 125. Kenapa demikian? Karena desain dan tampilannya hampir menyerupai motor tersebut.

Sedikit bocoran, pihak Yamaha akan menggunakan mesin yang berteknologi VVA. Waow menarik sekali bukan? Oleh karena itu, varian ini sangat cocok apabila hadir di pasar Indonesia.

Tapi sejauh ini belum ada kabar bahwa motor ini akan hadir di Indonesia. Walaupun demikian, kamu harus mengetahui spesifikasi dari motor ini.

Kenapa? Alasannya agar ketika hadir di Indonesia, kamu tidak perlu lagi mencari tahu informasi tentang motor ini karena sudah mengetahui lewat artikel ini.

Penasaran seperti apa? Yuk langsung saja simak ulasan beriikut ini.

Review Yamaha Zuma 125

Yamaha Zuma 125

Ada beberapa poin penting yang akan mamang bahas pada Review Yamaha Zuma 125. Diantaranya seperti bagian mesin, sasis dan dimensinya.

Untuk tipe 2022, motor ini akan mempunyai mesin yang dilengkapi oleh teknologi Blue core, VVA 125, 4 valve, 4 langkah bertransmisi otomatis.

Perbandingan kompresi yang digunakan oleh mesin motor ini kurang lebih sekitar 11.2 : 1.

Hal menarik dari motor ini adalah bagian lampu depannya yang dapat kita rubah-rubah pengaturannya.

Lampu tersebut dapat kita setel dengan tipe asimetris yang bisa dimaksimalkan sesuai dengan sudut pandang para pengendara.

Beranjak ke bagian desainnya, Yamaha memang sengaja membuat motor ini tampil terlihat tangguh.

Bagian rangkanya saja menggunakan rangka yang terbuat dari baja. Tak hanya itu, namun kedua suspensinyapun kokoh sehingga dapat melaju diberbagai macam medan jalan.

Sementara tampilan belakangnya terlihat elegan dengan lekukan yang simpel. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tampilannya.

Tak hanya mengedepankan performa saja, namun ketika memproduksi motor ini, Yamaha selalu mementingkan kenyamanan penggunanya.

Itulah Review singkat dari mamang bengkel terhadap motor matic Yamaha Zuma 125. Mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya, yaitu mengetahui spesifikasi motor ini.

Spesifikasi Yamaha Zuma 125

Yamaha Zuma 125

Poin-poin yang akan mamang bahas dari spesifikasi Yamaha Zuma 125 adalah bagian mesin, dimensi dan sasis yang digunakan oleh motor tersebut.

Demi mempersingkat waktu, yuk langsung saja simak kolom di bawah ini.

Detail Mesin Yamaha Zuma 125

MESINKETERANGAAN
Jenis Mesin125cc liquid-cooled, 4-langkah SOHC, piston tunggal, 4 Valve
Bore x Stroke52.0mm x 58.7mm
Perbandingan Kompresi11.2:1
Sistem Suplai Bahan BakarInjeksi
PengapianTransitor Controlled Ignition
Sistem TransmisiV-Belt Otomatis

Itulah detail mesin yang digunakan oleh motor ini. Jika dilihat dari spesifikasinya si memungkinkan, memungkinkan untuk menandingi rivalnya yang sekelas 125cc.

Sasis Yamaha Zuma 125

SASISKETERANGAN
Suspensi DepanTelescopic Upright Fork With 3.2 in of travel
Suspensi BelakangDual Shock Absorber With Smingarm With 3.1 Inches of Travel
Rem DepanDisc brake / 245mm / single disc with double-piston caliper​
Rem BelakangDisc brake / 230mm / single disc with single-piston caliper
Ukuran Ban Depan120/70-12 51L
Ukuran Ban Belakang130/70-12 56L

Seperti yang sudah dikatakan, selain mengedepankan performa mesin, Yamaha juga memikirkan bagaimana agar kendaraan yang dibuatnya bisa memberikan kenyamanan kepada penggunanya.

Hal ini bisa kamu lihat dari penggunaan sasisnya.

Dimensi Yamaha Zuma 125

DIMENSIKETERANGAN
Length × width × height75.6 in x 29.9 x 45.3
Seat height30.9 in
Wheelbase52.8 in
Fuel tank capacity1.6
Fuel Economy101 mpg
Wet Weight282 lb
Instrument PanelDigital LCD

Itulah spesifikasi Yamaha Zuma 125, semoga dengan adanya ulasan ini bisa kamu jadikan sebagai gambaran.

Apakah penjelasannya sampai disini? Tidak, mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya.

Fitur dan Teknologi Yamaha Zuma 125

Yamaha Zuma 125

Mari kita bahas mengenai fitur didalamnya. Jadi Yamaha Zuma 125 ini bertransmisi otomatis dan sistem starternya sudah menggunakan elektrik. Tinggal tekan dan motor langsung hidup.

Hal ini menjadikan motor ini super nyaman karena mudah digunakan.

Selain itu, motor ini mempunyai standar tengah dan juga samping yang biasa digunakan untuk mematikan mesin ketika berhenti.

Tak mau kalah dengan Yamaha X-Ride, tempat penyimpanan di bawah joknya pun cukup luas. Jika kamu membawa barang bawaan banyak atau ingin menyimpan helm full face pun bisa.

Bagian yang paling menarik adalah mesinnya, dimana pada bagian silinder Head-nya sudah dilengkapi dengan teknologi VVA. Jadi teknologi tersebut berfungsi untuk mengubah Timing katup pada RPM yang beda.

Dengan begitu motor ini mempunyai akselerasi yang baik, torsi yang kuat pada RPM rendah dan power tenaga yang terus ngisi diputaran atas.

Tak hanya itu saja, masih ada fitur lainnya yang memeng menarik untuk dibahas. Diantaranya seperti:

  • Mempunyai mekanisme dekompresi yang bisa mengurangi tekanan kompresi pada pengengkolan mesin.
  • LCD panel meter yang didalamnya dilengkapi oleh informasi seputar pengukuran bahan bakar dan indikator lampu yang mudah dibaca oleh pengendara.
  • Center Stand Side fitur yang digunakan untuk kenyamanan ketika kendaraan sedang diparkirkan.
  • Penutup lubang kunci yang berguna untuk keamanan. Jadi kendaraan tersebut tidak mudah dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Adapun tempat pengisian bahan bakar yang letaknya ada disebelah kiri sakelar pengapian. Hal ini bertujuan agar pemilik kendaraan tidak kesusahan ketika mengisi ulang bahan bakar.

Jika diperhatikan ulasan di atas, fitur pada Yamaha Zuma 125 varian 2022 ini cukup banyak ya?

Dari informasi ini, mamang sangat berharap semoga Yamaha di Indonesia bisa memproduksi motor ini.


Mungkin sekian informasi mengenai Yamaha Zuma 125 varian 2022. Semoga adanya informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar