Modifikasi Scorpio

Yamaha Scorpio adalah kendaraan yang gampang untuk di modifikasi. Salah satunya seperti milik teman saya yang bernama Nasrul Haerul, seorang pengusaha muda yang tinggal di daerah Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Nasrul Haerul merubah tampilan motornya menjadi klasik, ia meninggikan motor Scorpio yang dimilikinya dan juga melengkapi bagian kaki-kakinya dengan jenjang plus, serta dua ban purpose.

Yamaha Scorpio ini mempunyai rangka yang sangat bagus, sehingga cocok untuk diterapkan modifikasi bergaya klasik, terlebih saat ini banyak sekali di luaran sana yang melakukan Modifikasi Scorpio menggunakan konsep klasik sama seperti yang saya lakukan.

Bagi kamu yang mempunyai Yamaha Scorpio dan ingin merubah tampilan nya dengan cara melakukan modifikasi, untuk mendapati ide/inspirasi, kamu bisa menyimak ulasan tentang berbagai macam konsep modifikasi yang bisa di terapkan terhadap Modifikasi Scorpio.

Modifikasi Scorpio Japstyle

Modifikasi Scorpio
naikmotor.com

Modifikasi Scorpio JapStyle merupakan salah satu konsep klasik yang sangat disenangi oleh para modifikator di tanah air. Bisa dikatakan aliran modifikasi klasik seperti JapStyle ini memang sangat menawan.

Banyak yang bilang bahwa modifikasi seperti JapsStyle ini hampir mirip dengan konsep modifikasi Cafe Racer. Namun, yang membedakan konsep ini ialah pada bagian setang motornya.

Jika Cafe Racer menggunakan setang jepit, maka JapStyle mengaplikasikan setang yang agak tinggi.

Sebenarnya perbedaan tersebut bukan hanya dilihat pada bagian setang nya saja, tapi bisa juga kita lihat dari bentuk jok yang digunakan pada motor tersebut. Konsep JapStyle ini biasanya menggunakan jok yang terlihat lebih panjang daripada jok yang digunakan di Cafe Racer.

Sama dengan konsep modifikasi klasik lainnya, aliran modifikasi jenis JapStyle pun sangat membutuhkan biaya yang cukup besar. Kenapa? Pasalnya perubahan yang dilakukan pada motor ini hampir menyeluruh, kurang lebih sekitar 80%.

Untuk biayanya, minimal kita harus memegang uang sebesar Rp 10.000.000 bahkan bisa lebih dari nominal tersebut dikarenakan banyak komponen-komponen motor yang dirubah. Misal seperti Tangki bensin, Rangka, Setang, Ban, Suspensi Depan & Belakang.

Yamaha Scorpio memang sangat menarik untuk di Modifikasi menggunakan konsep JapStyle, karena mempunyai kesan tersendiri, membuat banyak orang yang menggunakan konsep ini.

Gambar Scorpio JapStyle

Modifkasi Scoprio
otosite.com
Modifikasi Scorpio
otomaniac.com
Modifikasi Scorpio
otoflik.com
Modifikasi Scorpio
lucianapombo.blogspot.com
Modifikasi Scorpio
pinterest
Modifikasi Scorpio
otoraja.com

Modifikasi Scorpio Cafe Racer

Modifikasi Scropio
gridoto.com

Modifikasi Scorpio yang kedua adalah Cafe Racer, yang mana konsep modifikasi ini akan merubah tampilan motor hingga 100% malahan dalam pengerjaan nya kurang lebih akan merubah hampir 65% pada masing-masing komponen motor.

Untuk biayanya sendiri, konsep modifikasi Cafe Racer ini akan membutuhkan anggaran yang bisa dikatakan tidak sedikit, malahan kamu bisa mengeluarkan uang lebih banyak daripada membeli motor Scorpio itu.

Minimal nya, kamu harus memegang uang sebesar Rp 15.000.000 untuk jaga-jaga, bahkan bisa dibilang lebih dari nominal tersebut. Modifikasi jenis Cafe Racer ini memang terkenal cukup mahal, namun sebanding dengan hasil dalam perubahan nya.

Biasanya perubahan yang akan dilakukan dalam modifikasi jenis Cafe Racer ini seperti Setang, Suspensi Depan & Belakang, Tangki Bensin, Jog, Headlamp, Stoplamp, Knalpot, Alur Listrik, Ban, Velg dan masih banyak bagian lainnya yang memang harus dirubah.

Karena banyak sekali perubahan yang harus dilakukan, hal tersebut yang menjadikan konsep modifikasi ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Biasanya pengerjaan untuk melakukan modifikasi ini dilakukan oleh pakar nya, atau orang-orang yang sudah mempunyai pengalaman lebih dalam bidangnya.

Karena membutuhkan keahlian dan ketelitian yang tinggi, maka dari itu jangan sampai kamu salah memilih bengkel untuk melakukan Modifikasi Scorpio yang kamu punya.

Gambar Scorpio Cafe Racer

Modifikasi Scorpio
gridoto.com
Modifikasi Scorpio
tempo.co
Modifikasi Scorpio
motorexpertz.com
Modifikasi Scorpio
motohits.com
Modifikasi Scorpio
gilamotor.com
Modifikasi Scorpio
gridoto.com
Modifikasi Scorpio
motorplus-online.com

Modifikasi Scorpio Scrambler

Modifikasi Scorpio
gridoto.com

Konsep Scrambler hampir sama dengan aliran Cafe Racer, Modifikasi Scorpio Scrambler pun sangat diwajibkan untuk merubah seluruh komponen yang berada di motor tersebut, tampilan dan desain nya pun harus terlihat beda apabila dibandingkan dengan sebelum di rombak.

Dalam hal ini, sebisa mungkin tampilan pada Yamaha Scorpio harus terlihat sama persis seperti motor Scrambler. Bagi kamu yang bingung membeli spare-part untuk modifikasi seperti ini tidak usah khawatir, karena saat ini banyak bengkel yang menyediakan bahan-bahan tersebut.

Walaupun aksesoris-aksesoris itu bisa didapatkan di masing-masing bengkel terbesar di tempat kamu tinggal, akan tetapi kamu juga harus menyiapkan uangnya terlebih dahulu, untuk biaya modifikasi nya kamu akan menghabiskan uang yang lumayan cukup banyak.

Kurang lebih sekitar Rp 15.000.000 yang harus kamu siapkan, walaupun biayanya cukup mahal dalam melakukan modifikasi seperti ini, akan tetapi hasil yang diinginkan akan sesuai dengan uang yang sudah kita keluarkan.

Bisa kamu lihat sendiri pada gambar diatas seperti apa perubahan yang terjadi setelah Yamaha Scorpio di modifikasi dengan konsep ala Scrambler, perubahan nya pun terlihat sangat drastis bukan? Mulai dari bagian depan sampai belakang terlihat seperti bukan motor Scorpio.

Motor ini pun terlihat semakin gagah dan menarik ketika tampilan nya sudah dirubah dengan desain yang baru. Oleh karena itu, bersiap-siaplah untuk menghabiskan uang yang jumlahnya tidak sedikit demi mendapatkan perubahan pada tampilan motor yang sangat signifikan.

Karena postur rangka yang mumpuni, membuat Yamaha Scorpio memang salah satu sepeda motor yang sangat cocok untuk diterapkan modifikasi seperti aliran Scrambler

Gambar Scorpio Scrambler

Modifikasi Scorpio
naikmotor.com
Modifikasi Scorpio
pinterest
Modifikasi Scorpio
liputan6.com
Modifikasi Scorpio
ototrend.com
Modifikasi Scorpio
goozir.com
Modifikasi Scorpio
bikebrewers.com

Baca Juga: Modifikasi NMAX

Modifikasi Scorpio Bobber

Modifikasi Scorpio
gridoto.com

Jika kamu ingin melakukan Modifikasi Scorpio menggunakan konsep Bobber, disitu kamu akan dituntut untuk menggunakan ban dengan ukuran yang besar seperti ban yang digunakan oleh motor moge.

Biasanya komponen-komponen yang diganti dalam modifikasi jenis ini ialah Ban, Setang, Suspensi Depan & Belakang, Jok motor, Spion, Tangki Bensin, dan masih banyak lagi komponen lainnya yang harus diganti demi tampilan pada Yamaha Scorpio ini bisa mirip seperti Bobber.

Yang menjadi ciri khas dari aliran modifikasi ini terlihat dari bagian setang motor yang terlihat tinggi, serta jok motor yang di desain lebih rendah dari sebelumnya. Lantas berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat Yamaha Scorpio menjadi motor Bobber?

Untuk biaya Modifikasi Scorpio ala-ala motor Bobber ini sama seperti konsep JapStyle, Cafe Racer, dan Scrambler, yaitu cukup mahal. Karena banyak banget aksesoris motor yang harus diganti sama seperti pada motor Bobber, dan harga dari aksesoris tersebut tidak murah.

Walaupun modal biaya dalam pembangunan motor Bobber ini cukup mahal, tapi tak sedikitpun mengurangi peminatnya, bahkan saat ini konsep modifikasi Bobber semakin banyak yang menggemari nya dikarenakan desain dari tampilan nya terlihat keren dan elegan.

Terlebih sangat nyaman untuk digunakan perjalanan jarak jauh, membuat para pecinta motor retro bertambah semakin ingin mengendarai nya. Oleh karena itu jangan pernah merasa heran apabila kita berjumpa dengan sekelompok motor Bobber ketika sedang melakukan perjalanan jauh.

Gambar Scorpio Bobber

Modifikasi Scorpio
ototrend.com
Modifikasi Scorpio
studiomotor.com
Modifikasi Scorpio
pinterest
Modifikasi Scorpio
motormodif.id
Modifikasi Scorpio
pinterest
Modifikasi Scorpio
gridoto.com
Modifikasi Scorpio
karousell.com
Modifikasi Scorpio
studiomotor.com

Modifikasi Scorpio Trail

Modifikasi Scorpio
pinterest

Bagi kamu yang gemar bertualang dan menerabas perjalanan yang terjal, sepertinya sudah tidak aneh lagi dengan sebutan motor Adventure. Ya Adventure artinya adalah ‘Bertualang’ oleh karena itu Modifikasi Scorpio Adventure ini sangat cocok bagi kamu yang gemar bertualang.

Mempunyai body besar, kerangka motor yang kuat, dan kapasitas mesin yang sangat power full membuat Yamaha Scorpio banyak diburu oleh pecinta motor dan modifikasi. Apabila nanti kamu menjumpai motor Scorpio yang telah di modifikasi dengan berbagai macam konsep, kamu jangan pernah merasa heran atau kaget.

Tapi perlu kamu ketahui, kini harga Yamaha Scorpio ini lumayan cukup mahal, ya kurang lebih sekitar Rp 12.000.000 s/d Rp 15.000.000. Itu baru harga unit nya saja belum termasuk dengan biaya modifikasi yang kamu inginkan.

Akan tetapi, jika kamu sudah mempunyai motor ini terlebih dahulu dan ingin melakukan modifikasi terhadapnya  karena ingin membuat tampilan desain pada motor tersebut terlihat lebih keren, kamu hanya mengeluarkan biaya untuk perombakan nya saja.

Yamaha Scorpio adalah salah satu motor yang sangat cocok apabila tampilan nya di rubah menjadi motor Adventure. Kenapa? Karena rangka, performa mesin, dan beberapa komponen lainnya sangat mumpuni motor Scorpio untuk di modifikasi seperti ini.

Perlu kamu ketahui, disini motor Adventure mempunyai ciri khas sendiri pada bagian tampilan nya, yaitu terlihat nampak lebih tinggi pada umumnya dan ban dari motor jenis ini agak sedikit bergerigi.

Biasanya perubahan-perubahan yang kerap dilakukan ketika sedang melakukan modifikasi motor ala Adventure ini adalah:

Ban, Headlamp, Stoplamp, Velg, Suspensi Depan & Belakang, menambahkan aksesoris seperti Box untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang, Visor dan spakbor depan yang dirubah bentuknya menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Gambar Scorpio Adventure

Modifikasi Scorpio
otomaniac.com
Modifikasi Scorpio
Halobikes
Modifikasi Scorpio
indoride.com
Modifikasi Scorpio
yamaha.co.id
Modifikasi Scorpio
pinterest

Setelah membaca beberapa konsep Modifikasi Scorpio diatas, diantaranya apakah ada yang tertarik untuk kamu terapkan terhadap Modifikasi Yamaha Scorpio yang kamu miliki?

Mungkin sekian ulasan mengenai Modifikasi Scorpio Klasik yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semua, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menentukan konsep yang tepat untuk diaplikasikan terhadap motor kesayangan kamu.

Selamat mencoba 🙂 Salam otomotif!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like