Modifikasi Motor KLX

Modifikasi Motor KLX – KLX adalah salah satu sepeda motor yang diproduksi oleh perusahaan motor sport terkenal di dunia, yaitu Kawasaki namanya. Banyak sekali sepeda motor yang dibuat oleh perusahaan tersebut, mulai dari motor 2 tak, 4 tak bahkan motor sport pun ada.

Begitu juga dengan motor klx yang dibuat oleh kawasaki, perusahaan itu sengaja membuat motor ini dilengkapi dengan tampilan design yang menarik sehingga para user pun banyak yang menggunakannya untuk dijadikan sebagai sarana transportasi.

Kenapa saya bisa mengatakan bahwa design dari motor klx ini menarik? Karena design dari motor ini pantas kita gunakan untuk melakukan kegiatan olahraga. Biasanya olahraga yang sering menggunakan motor ini ialah dengan berpetualang ke lembah-lembah bukit.

Bukan hanya itu saja, motor klx ini sengaja di design secara khusus agar bisa memberikan rasa nyaman kepada pengguna motor yang sedang mengendarainya. Tampilan body yang ramping, kerangka motor

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel yang didalamnya membahas tentang modifikasi motor klx yang bisa kalian tiru untuk diaplikasikan kepada motor klx yang kalian miliki.

Penasaran seperti apa modifikasi motor klx yang akan saya bahas? yuk langsung saja kita baca dan simak bareng-bareng artikel yang telah saya tulis dibawah ini. Selamat membaca, semoga bermanfaat ya 🙂

Modifikasi Motor KLX Supermoto

modifikasi motor klx
otomotif.kompas.com

Gaya tampilan sepeda motor dengan design supermoto sekarang ini memang sedang ramai sekali dan juga menjadi salah satu perbincangan oleh orang yang gemar dengan dunia modifikasi motor.

Model dari supermoto ini memang menarik banget, selain memiliki tampilan yang keren dan juga tempat duduk yang tinggi bisa membuat pengendara motor merasa nyaman ketika digunakan untuk sarana transportasi harian.

Itulah alasan kenapa orang-orang selalu melakukan modifikasi motor klx dengan gaya supermoto.

Lantas bagaimana cara melakukan modifikasi motor klx dengan gaya super moto? Berikut dibawah ini akan ada sedikit penjelasan tentang modifikasi yang biasa dilakukan agar motor klx bisa menjadi supermoto.

Cara Modifikasi KLX Supermoto

modifikasi motor klx
jip.gridoto.com

 

Apa aja yang perlu kalian perhatikan dalam memodif motor klx agar bisa menjadi supermoto? Berikut dibawah ini adalah rincian dalam membangun motor menjadi supermoto, silahkan dibaca dengan teliti agar mudah dalam mengerjakannya.

  • Shockbreaker depan menggunakan tipe up side down
  • Menggunakan stang protaper
  • Menggunakan swing arm yang dimiliki oleh Yamaha YZ 250
  • Menggunakan velg TK depan dan belakang
  • Mengganti handle rem dan juga kupling
  • Menggunakan knalpot racing (Merek sesuaikan dengan selera kalian)
  • Mengganti gir dan juga rantai pada bagian depan belakang (Merek sesuaikan dengan selera kalian sendiri)
  • Mengganti piringan cakram depan belakang dengan menggunakan merek TDR

Itulah beberapa komponen motor yang harus kalian rubah untuk modifikasi motor klx agar motor tersebut bisa berubah penampilan menjadi supermoto yang keren sehingga ketika sedang kalian gunakan bisa menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi.

Diatas ini hanya menjelaskan tentang bagian tampilan luarnya saja, apabila teman-teman semua berkenan untuk sekalian melakukan perubahan pada bagian dalam mesin, maka disini saya akan menjelaskan mengenai part apa saja yang perlu kalian ganti.

Modifikasi Mesin KLX

modifikasi motor klx
otomotif.tempo.co

Mesin pada motor klx sendiri sudah memiliki kapasitas yang tinggi, yaitu 150cc. Dengan besarnya kapasitas mesin itu bisa membuat akselerasi pada motor semakin cepat, apalagi kalo kita modif ulang pada bagian mesinnya pasti bisa menghasilkan hasil yang lebih bagus lagi.

Lantas apa saja yang perlu diganti dalam melakukan modifikasi mesin pada motor klx ini? Sebenernya untuk merubah mesin itu tergantung dari kebutuhan kita itu seperti apa, misal untuk mengikuti event kejuaran balap, atau hanya pemakaian sehari-hari saja?

Itu semua balik lagi kepada kebutuhan teman-teman, namun disini saya akan merekomendasikan beberapa bahan dalam membangun mesin motor klx agar tidak rawan dari kata jebol atau rusak.

  • Mengganti ukuran seher/piston (Ukuran jangan terlalu besar apabila untuk pemakaian harian)
  • Mengganti noken as racing dengan menggunakan berbagai macam merek (TDR, BRT, KAWAHARA, DAYTONA, FAITHO)
  • Mengganti gigi rasio dengan menggunakan merek faitho
  • Mengganti CDI dengan menggunakan merek BRT atau REXTOR
  • Mengganti plat kupling dan juga kampasnya
  • Mengganti karburator PE/PWL diameter 28mm
  • Mengganti pengapian seperti sepul dan kuil
  • Mengganti ukuran klep pada bagian pembuangan dan pemasukan

Itulah beberapa bagian komponen mesin yang perlu kalian perhatikan ketika sedang membuat mesin motor agar terasa lebih gahar.

Pertanyaannya apakah aman apabila kita merubah bagian orisinil dengan yang racing? Tentu saja aman untuk pemakaian harian, karena penjelasan diatas barusan menjelaskan mengenai rombakan mesin yang akan digunakan untuk sehari-hari.

Ada satu bagian paling penting yang harus benar-benar kalian perhatikan, apa itu? Yaitu penggantian oli harus tepat waktu, maksimal satu bulan sekali melakukan penggantian oli karena kapasitas mesin pun sudah di rubah.

Apabila kalian selalu rutin ganti oli tepat pada waktunya, maka jangan khawatir akan menurunnya performa dari mesin tersebut, terkecuali kalian tidak rutin mengganti oli dengan tepat waktu akan mengakibatkan kerusakan pada bagian dalam mesin, bahkan bisa jebol.

Disini, izinkan saya untuk membagikan beberapa contoh gambar mengenai modifikasi motor klx supermoto.

Gambar Modifikasi KLX Supermoto

modifikasi motor klx
youtube.com
modifikasi motor klx
winudf.com
modifikasi motor klx
modifikasiklxmotocross.blogspot.com
modifikasi motor klx
gridoto.com
modifikasi motor klx
otomotifstyle.com
modifikasi motor klx
motormurahbekas.com

Itulah beberapa contoh gambar modifikasi motor klx supermoto yang bisa kalian tiru gaya modifikasinya. Bagi teman-teman yang hendak melakukan modifikasi pada motor ini, selamat mencoba dan semoga hasilnya bisa lebih baik daripada foto yang telah saya cantumkan.

Modifikasi Motor KLX Trail Advanture

modifikasi motor klx
otomania.gridoto.com

Model sepeda motor offroad yang pada umumnya sering digunakan untuk menempuh perjalanan seperti melewati lembah-lembah bukit, medan jalanan yang terjal, berlumpur dan bebatuan saat ini memang sangat digemari oleh masyarakat yang mencintai dunia otomotif.

Maka dari itu kebanyakan orang selalu membuat motor trail dari berbagai macam bahan motor, ada yang menggunakan jupiter z, fiz r, vega r, mio dan lain sebagainya. Sedangkan saat ini kawasaki telah mengeluarkan produk terlarisnya, yaitu motor trail klx.

Pihak kawasaki sengaja membuat motor klx ini dengan design trail dan juga lebih mengutamakan pada bagian pertahanan fisik. Motor trail klx 150cc ini sengaja dibuat guna mempermudah para pengendara untuk melewati beberapa macam medan perjalanan yang sulit.

Walaupun sebenarnya harga jual dari motor klx 150cc ini bisa dikatakan cukup mahal, akan tetapi bagi orang yang mencintai hoby berpetualang dengan menggunakan motor trail tidak merasa dihalangi oleh masalah harga. Ya emang sulit kalo sudah hobi.

Motor KLX 150cc memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri, banyak juga keunggulan yang bisa kalian dapati dari motor besutan kawasaki seperti pada motor klx ini. Keunggulan yang bisa kalian dapat itu ialah seperti pada konsep design, kapasitas mesin, dan rangka yang kuat.

Selain dari keunggulan produk tersebut, ternyata ada juga kekurangan yang harus kalian terima. Salah satu kekurangan dari motor kawasaki klx 150cc ini adalah asupan atau konsumsi bahan bakar yang boros.

Ya sebenernya kalo menurut saya si itu bukan suatu kekurangan, perkara boros dari segi bahan bakar itu wajar karena kapasitas mesin yang terpasang dalam rangka motor kawasaki klx 150cc ini bisa dikatakan cukup besar.

Lantas seperti apa modifikasi motor klx trail adventure ini? Mari kita simak pada paragraf dibawah ini.

Baca Juga: Modifikasi Motor Mio M3

Cara Modifikasi KLX Trail

modifikasi motor klx
mormonletters.org

Sebenarnya motor klx adventure ini tidak usah dilakukan lagi pembaruan dari segi penampilannya, karena motor trail klx ini sudah di design secara optimal oleh pihak kawasaki dalam proses pembuatannya.

Apabila kalian tetap masih bersikeras untuk melakukan modifikasi pada motor klx ini juga tidak jadi masalah, bahkan lebih bagus. Kenapa saya bilang “bagus”? Karena modifikasi yang akan dilakukan terhadap motor klx ini dapat membuat penampilan lebih gagah dan jantan.

Untuk melakukan modifikasi motor klx trail ini agar penampilan dari motor tersebut bisa lebih menarik itu sebenarnya tidak banyak, kalian hanya cukup mengganti ban, shock, swing arm dan juga knalpot.

Berikut dibawah ini list bahan-bahan untuk melakukan modifikasi pada motor klx jenis trail:

  1. Mengganti stang dengan menggunakan merek protaper
  2. Mengganti kedua ban dengan menggunakan ban merek kenda atau sejenisnya
  3. Mengganti knalpot orisinil dengan yang racing
  4. Mengganti swing arm
  5. Mengganti shockbreaker depan dengan menggunakan tipe up side down
  6. Mengganti kedua cakram depan belakang dengan menggunakan merek brembo atau sejenisnya

Demikian mengenai komponen-komponen motor klx yang perlu kita perhatikan ketika sedang merubah penampilan dari motor tersebut.

Untuk mesin dari motor tersebut apa perlu kita restorasi juga? Sebenarnya kalo dilihat dari segi kapasitas mesin klx ini sudah cukup memumpuni, akan tetapi jikalau teman-teman belum merasa puas dengan kapasitas mesin bawaannya, kalian bisa juga ko langsung memodifnya.

Modifikasi Mesin KLX Trail 150

modifikasi motor klx
otomotif.kompas.com

Siapa si yang tidak kenal dengan motor kawasaki klx 150 ini? Tentu saja banyak yang mengenalinya karena motor besutan kawasaki ini banyak diminati oleh pengendara, terlebih orang-orang yang memiliki kegemaran dalam dunia berpetualang.

Spesifikasi mesin yang dibekali kawasaki untuk motor klx ini memiliki satu silinder dan juga dilengkapi dengan teknologi SOHC yang berkapasitas 150cc. Selain itu, motor ini menggunakan karburator keihin NCv254 serta knalpot berbahan catalityc converter yang telah teruji di emisi euro 3.

Yang namanya motor keluaran dari pabrikan walaupun pada awalnya motor klx 150 ini telah dirakit dengan berbagai macam design untuk menerjang berbagai macam medan perjalanan, akan tetapi apabila kita pakai untuk event enduro adventure nampaknya motor tersebut masih ada kekurangan dalam performa mesinnya.

Akan tetapi ada alternatif lainnya yang bisa membuat mesin untuk memiliki performa yang tinggi dan maksimal, gimana caranya? Caranya ialah melakukan modifikasi mesin pada motor tersebut.

Lantas seperti apa cara untuk merubah kapasitas mesin standar menjadi mesin yang memiliki performa tinggi? Yang harus kalian kerjakan ialah bore up cylinder. Ada berbagai macam jenis merek paketan mesin bore up yang bisa kalian gunakan.

Misal seperti:

  • CLD
  • MOTO 1
  • DAYTONA
  • FAITHO
  • TDR
  • KTC
  • BRT
  • KAWAHARA

Apabila teman-teman tidak ingin merasakan pusing dalam mengerjakannya, kalian bisa langsung membeli paketan bore up satu set, dengan seperti itu kalian hanya tinggal menerapkan pada mesin dan kemudian melakukan settingan ulang.

Baca juga: Modifikasi Vario 150

Paketan Lengkap Bore UP Mesin KLX

modifikasi motor klx
gridoto.com

Paketan bore up lengkap itu terdiri dari seher, pin, ring dan juga packing mesin. Untuk paketan bore up mesin berdiameter seher 63mm itu apabila kalian padukan dengan adanya stroke 64,4mm maka akan membuat kapasitas ruang bakar menjadi 170cc.

Mengenai harga paketannya pun bisa terbilang cukup murah, kalian hanya perlu menyiapkan uang sebesar 750 atau 900 ribu sudah bisa mendapatkannya. Untuk hasil yang lebih maksimal, teman-teman jangan lupa untuk mengganti noken as dengan ukuran 280°.

Selain itu, kalian juga harus merubah pengapian dengan cara mengganti koil dan juga cdi. Agar hasil dari modifikasi mesin pada motor klx terasa lebih maksimal lagi gunakan knalpot racing yang memiliki kualitas bahan yang bagus.

Modifikasi Motor KLX D-Tracker

modifikasi motor klx
otosia.com

Mungkin dari sebagian orang ada yang bertanggapan gini, bahwa untuk melakukan modifikasi pada motor itu tidak segampang apa yang telah dibayangkan oleh diri sendiri. Tapi sebenarnya modifikasi motor itu mudah dan hanya menggunakan beberapa sentuhan saja.

Misalkan adanya sentuhan pada bagian part-part penting yang sekiranya bisa membuat tampilan dari motor itu terlihat lebih bagus lagi dari sebelumnya. Begitu juga dengan modifikasi motor klx d-tracker ini hanya merubah beberapa bagian komponennya saja.

Yuk langsung saja kita bahas mengenai apa saja komponen yang harus kita ganti untuk melakukan modifikasi motor klx d-tracker agar memiliki tampilan wujud yang ganteng dan maksimal.

Mengganti Part Untuk Modifikasi KLX D-Tracker

Berikut dibawah ini adalah beberapa bagian komponen yang perlu kalian perhatikan ketika sedang melakukan modifikasi pada motor klx d-tracker.

  • Ganti kedua ban depan dan belakang dengan menggunakan ban khusus motor supermotor, untuk penggunaan bannya teman-teman bisa memilih sesuai dengan selera masing-masing, karena banyak sekali merek-merek ban ternama di Indonesia.
  • Ganti kedua piringan orisinil bawaan pabrik dengan menggunakan piringan cakram racing dari berbagai macam merek.
  • Membuat design untuk merubah tampilan body motor, tentukan design yang bagus agar motor itu bisa menghasilkan hasil yang maksimal.
  • Mengganti shockbreaker depan dengan menggunakan shockbreaker tipe up side down kepunyaan yamaha YZ 250cc.
  • Merubah velg standar bawaan pabrik menjadi velg racing dengan berbagai macam merek ternama, misalkan seperti TK, AHRS, TDR dan masih banyak merek-merek terkenal lainnya.
  • Ganti karet pedal gas jika itu perlu kalian ganti.
  • Ganti handle kupling, handle rem, itu juga kalo memang harus diganti
  • Mengganti swing arm

Sebenarnya selain dari keterangan diatas masih banyak sparepart lainnya yang masih bisa kalian ganti apabila itu memungkinkan untuk diganti, dalam penggantian komponen motor itu kan semuanya tergantung dari pemilik kendaraan tersebut.

Gambar Motor KLX D-Tracker

modifikasi motor klx
otomaniac.com
modifikasi motor klx
otomaniac.com
modifikasi motor klx
gridoto.com
modifikasi motor klx
trendotomotif.com
modifikasi motor klx
otorider.com
modifikasi motor klx
otomotif.kompas.com
modifikasi motor klx
kawasaki.co.th

Berbicara tentang modifikasi itu luas dan tak akan ada ujungnya, begitu juga dengan modifikasi motor klx besutan dari perusahaan kawasaki motor itu tidak akan ada habisnya, banyak orang yang sudah melakukan modifikasi terhadap motor tersebut, namun masih belum merasa puas.

Oleh karena itu untuk melakukan modifikasi motor memang harus membuat konsep dari awal, tentukan konsep seperti apa yang kita inginkan untuk diaplikasikan terhadap motor yang kita miliki.

Begitu juga dengan modifikasi motor klx, sebelum kita melakukan modifikasi terhadap motor itu, kita juga harus sudah memiliki konsep yang cocok untuk kita terapkan terhadap motor yang hendak dimodifikasi agar kita bisa merasa puas dari hasil modifikasi tersebut.

***

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini tentang modifikasi motor klx dari berbagai macam jenis kategori, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu untuk kita semua.

Apabila terdapat kesalahan pada pembuatan artikel, ada tutur bahasa yang kurang berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa buat di share juga ya 🙂

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Modifikasi Vixion
Lanjut

Modifikasi Vixion

Modifikasi Vixion – Sebelum masuk kedalam pembahasan Modifikasi Vixion disini saya akan sedikit menjelaskan seberapa penting mengenai kendaraan sepeda motor…