Honda PCX 150

Oleh: /

Honda PCX 150 adalah motor matic Maxi berbadan besar yang diproduksi beberapa tahun lalu untuk menyaingi rivalnya, yaitu Yamaha NMAX.

Pertama kali launching di Indonesia, Honda PCX 150 adalah motor Completely Built Up yang dibuat dari negara tetangga, yaitu Vietnam.

Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya permintaan pasar atas Honda PCX 15o, maka pada tahun 2018 Honda memutuskan untuk memproduksinya di Indonesia.

Banyak yang mengatakan bahwa PCX merupakan motor honda terbaru yang digemari oleh banyak orang, termasuk mamang.

Perlu diketahui, Honda PCX 150 yang diproduksi di Indonesia ini adalah generasi ketiga dan ketika pembuatannya banyak pembaruan yang diterapkan.

Ada yang tahu apa saja pembaruan demi pembaruan yang dilakukan oleh PT. Astra Honda Motor ketika memproduksinya? Penjelasannya lengkapnya ada di bawah ini.

Pertama-tama, mamang bengkel akan mengulas mengenai spesifikasi secara keseluruhan.

Spesifikasi Honda PCX 150

Honda PCX 150

Pertama, mari kita ulas spesifikasi mesinnya.

Mesin

NAMAKETERANGAN
Jenis Mesin4-Stroke, 4-Valve, eSP+
Sistem PendinginBerpendingin Cairan
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI
Isi Volume Silinder156,99 cc
Bore X Stroke60 X 55,5 mm
Perbandingan Kompresi12:1
Maksimum Daya11,8 kW (16 PS) / 8.500 rpm
Maksimum Torsi14,7 Nm (1,5 kgf.m) / 6.500 rpm
Sistem TransmisiOtomatis, V-Matic
Sistem StarterElektrik
Jenis KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Kapasitas Pelumas/Oli0,8 L

Setelah mengetahui spesifikasi mesinnya, mari kita lanjutkan ke bagian rangka dan kaki-kaki.

Rangka & Kaki-Kaki

NAMAKETERANGAN
Jenis RangkaDouble Cradle
Ban Depan110/70 - 14 M/C Tubeless
Ban Belakang130/70 - 13 M/C Tubeless
Pengereman DepanCakram hidrolik - (TipeCBS) TriplePots Hydraulic, Combined Brake System / (Tipe ABS) Anti Lock Braking System-
Pengereman BelakangCakram Hidrolik
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangDouble/Ganda

Setelah itu, mari lanjutkan ke bagian spesifikasi dimensinya.

Dimensi

NAMAKETERANGAN
Panjang x Lebar x Tinggi1.936 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda1.313 mm
Jarak Rendah Tanah135 mm
Tinggi Jok Motor764 mm
Berat Beban131 kg (tipe CBS), 132 kg (tipe ABS)
Kapasitas Tangki Bahan Bakar8.1 Liter

Ulasan terakhir dari spesifikasi Honda PCX 150 adalah bagian kelistrikannya.

Kelistrikan

NAMAKETERANGAN
Jenis Aki12 V - 5 Ah, tipe MF
Jenis BusiNGKLMAR8L-9
Power Charger5V,2,1A
Sistem PengapianFull Transisterized

Itulah data spesifikasi yang perlu kamu ketahui sebelum membeli motor ini.

Untuk selanjutnya, mari kita ulas seperti apa pengalaman mamang ketika mengendarai motor ini.

Review Honda PCX 150

Honda PCX 150

Menurut mamang sebelum membelinya, kamu harus mengetahui dulu Review Honda PCX 150.

Kenapa demikian? Karena bagi mamang mengetahui soal ulasan motor yang akan kita beli itu penting. Kira-kira seperti apa ya Review dari motor matic buatan Honda yang satu ini.

Penasaran? Simak terus ulasan di bawah ini.

Tampilan Desain PCX 150

Honda PCX 150

Ketika pertama kali mamang melihat Honda PCX 150 dari jarak dekat, kesan pertama yang dilihat adalah desain tampilannya nampak terlihat simpel dan elegan.

Ketika memproduksi motor ini, nampaknya rekan-rekan dari tim Honda mengedepankan tampilannya agar terlihat menarik.

Untuk dimensinya, motor ini mempunyai ukuran panjang 1.923 mm, kemudian lebarnya mencapai 745 mm dan jarak terendah dengan tanahnya lumayan jauh, yaitu 1.107 mm. Sedangkan untuk jarak sumbu rodanya mencapai 1.313 mm.

Dengan begitu, dimensi tersebut bisa memberikan ruang yang begitu lega agar pengemudi lebih leluasa ketika menginjakkan kakinya di bagian Comfort Foot Area walaupun di tengahnya terdapat tangki bahan bakar.

Beralih ke bagian depannya, pihak Honda sendiri menyematkan Windshield besar berwarna hitam yang fungsinya untuk menutupi area depan pengemudi.

Sedangkan di bawah Windshield-nya ada Headlamp besar yang didesain menyatu dengan lampu sein-sein. Jika diperhatikan lebih jelas, desain tersebut menyerupai huruf “V”.

Pabrikan yang berasal dari negeri Sakura ini tidak menyematkan Striping pada desain Body-nya. Kenapa? Karena kamu akan disuguhkan dengan emblem PCX yang diletakkan di bagian belakang. Tanpa disadari, ternyata hal tersebut semakin menegaskan kesan mewah pada motor ini.

Selain mengedepankan tampilan yang keren, Honda juga memikirkan bagaimana agar konsumennya merasa puas dengan desain yang diberikan.

Contohnya seperti desain di bagian Dashboard-nya. Pada bagian itu, Honda telah menyematkan fitur pengisian daya agar pengendara bisa mengisi baterai ponselnya ketika sedang melakukan perjalanan jauh.

Menariknya lagi, pada Dashboard pengisian daya tersebut telah dilengkapi oleh penutup yang fungsinya untuk mengamankan ponsel agar tidak jatuh.

Selain dari tampilan yang menarik dan kepuasan fitur, Honda juga memberikan desain kenyamanan untuk konsumennya. Hal ini bisa dilihat dari desain jok motor yang lebar dan tingkat.

Kenapa desain jok tersebut bisa memberikan kenyamanan terhadap pengendara dan penumpangnya? Ketika duduk pada jok itu, mereka tidak akan merasakan pegal-pegal. Hal ini sudah mamang buktikan sendiri.

Menurut mamang yang paling menarik dari desain Honda PCX 150 ini adalah bagian bagasinya, yang mana ukuran bagasinya bisa menampung barang bawaan sebanyak 28 liter. Dengan begitu, kamu tidak akan repot ketika membawa barang bawaan banyak.

Pembahasan terakhir dari desain Honda PCX 150 adalah bagian belakangnya, yang mana pada bagian tersebut ada Stop Lamp yang bentuknya seperti huruf “X”. Menariknya lagi, pihak Honda telah menyematkan teknologi LED pada lampu rem tersebut.

Mesin PCX 150

Honda PCX 150

Skuter Maxi buatan Honda yang satu ini menggunakan mesin SOHC dengan pendingin cairan. Isi dari volume silindernya sebesar 110 cc dan telah dilengkapi oleh teknologi eSP sehingga komponen didalamnya minim dari gesekan. Dengan begitu, tenaga yang dikeluarkannya jauh lebih responsif.

Pihak Honda menyatakan bahwa mesin motor ini mampu mengeluarkan maksimum daya sebesar 10,8 kW/8.500 RPM. Sedangkan untuk torsinya mencapai 13,2 Nm/6.500 RPM.

Dari data tersebut, kita mengetahui bahwa mesin yang digunakan pada motor ini tidak sama dengan Yamaha NMAX. Walaupun beda sedikit, Honda PCX 150 mampu bersaing dengan rivalnya yang isi volume silindernya 155cc.

Beralih ke bagian sistem bahan bakar, pabrikan Honda menyematkan teknologi injeksi PGM-FI yang berfungsi untuk mengontrol konsumsi bahan bakar dan memaksimalkan seluruh kinerja mesin.

Alhasil, tenaga yang dikeluarkannya pun tidak mengecewakan.

Suspensi & Kaki-Kaki PCX 150

Honda PCX 150

Tak hanya performa mesin saja yang diperhatikan oleh Honda, namun kenyamanan dalam berkendarapun ikut diperhatikan oleh perusahaan tersebut.

Salah satunya seperti penggunaan suspensi depan belakang yang bisa menyeimbangkan pengendara ketika melewati jalan bergelombang.

Untuk bagian depannya, Honda menyematkan suspensi berjenis teleskopik dan belakang menggunakan lengan ayun dengan dual Shock yang mampu memberikan keseimbangan serta Handling maksimal kepada pengemudinya.

Beralih ke bagian kaki-kakinya, ukuran roda depan dan belakang Honda PCX 150 berukuran14 inci dan menggunakan velg dengan tipe cast wheel.

Sedangkan bannya menggunakan jenis Tubeless yang ukurnnya 100/70-14 M/C (Bagian depan) dan 120/80-14M/C (Bagian Belakang).

Tak hanya itu, pihak Honda pun memberikan keamanan dan kenyamanan pada motor ini dengan menggunakan sistem pengereman CBS dan ABS. CBS dan ABS merupakan fitur keselamatan dalam berkendara.

Fitur & Teknologi PCX 150

Honda PCX 150

Fitur dan teknologi yang ada pada Honda PCX 150 ini menarik untuk dibahas, kenapa? Karen hal ini bisa dijadikan sebagai informasi untuk calon pembeli seperti kamu.

Penasaran seperti apa fitur dan teknologi yang ada pada motor ini? Berikut ulasannya, silahkan simak secara seksama.

  • New Full Digital Panel Meter: Merupakan fitur tampilan yang berfungsi untuk memberikan informasi seputar motor kepada pengendara. Misal seperti indikator bensin, Speedometer, Odometer, Battery Indicator, Idling Stop Indicator, Trip Meter, HSTC Indicator, Oil Change Indicator, Fuel Consumption Indicator, Jam digital dan ABS Indikator.
  • LED Headlight: Merupakan fitur Honda PCX yang berfungsi untuk memberikan penerangan maksimal ketika melewati jalan yang gelap. Menariknya lagi, lampu LED ini tidak akan menyilaukan lawan pengendara lainnya ketika sedang berlawanan arah. Tak hanya itu, ternyata adanya fitur ini bisa membuat tampilan motor terlihat semakin keren.
  • Honda Smart Key System: Merupakan teknologi canggih yang ada pada fitur motor ini. Fungsi dari fitur ini untuk mempermudah ketika pemilik sedang mencari letak posisi motor di lokasi parkir yang padat dengan kendaraan. Tak hanya itu, adanya fitur ini pemilik kendaraan tidak lagi memerlukan kunci mekanis untuk menghidupkan mesin motor. Selain itu, fitur ini sudah terintegrasi dengan Immobilizer, Anti Theft Alrm dan Answer Back System.
  • New Fuel Tank With Cap Holder: Merupakan fitur pengisian bahan yang lebih praktis. Fitur ini letak posisinya ada ditengah-tengah tempat penyandaran kaki. Jadi, jika kamu hendak mengisi bensin tidak perlu lagi repot-repot untuk membuka jok motor.
  • Comfort Foot Area: Merupakan fitur penopangan kaki yang lebar dan memanjang kedepan. Dengan begitu, pemilik kendaraan akan selalu nyaman ketika bepergian jarak jauh.
  • Bagasi Extra Large: Merupakan fitur bagasi yang lebar dan luas sehingga bisa menampung barang bawaan sebanyak 28 sampai 30 liter.
  • LED Tailight: Merupakan fitur lampu belakang yang bertekonologi LED dengan desain yang elegan. Jika dilihat lebih jelas lagi, desain lampu tersebut seperti membentuk huruf “X”. Dengan begini, tampilan Honda PCX 150 akan terlihat lebih ganteng dan keren.

Itu saja mungkin fitur teknologi yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Jika telah mengetahuinya, kamu bisa mempertimbangkan sendiri apakah jadi membelinya atau tidak.

Harga Honda PCX 150

Honda PCX 150

Setelah mengetahui seluruh spesifikasi dan review Honda PCX 150. Alangkah baiknya kamu juga harus mengetahui berapa harga Honda PCX 150 terbaru.

Perlu diketahui, Honda PCX hadir dalam dua varian. Diantaranya CBS dan ABS. Masing-masing dari varian tersebut memiliki perbandingan harga.

Berikut daftar harga Honda PCX 150 CBS dan ABS.

VARIANHARGA
Honda PCX 150 CBSRp 30,745,000
Honda PCX 150 ABSRp 34,345,000

Sekian ulasan mengenai Review Honda PCX 150. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu jadi membelinya? Tulis di kolom ya!!!

Seorang pecinta otomotif yang hobi menulis, selamat datang di website saya! Jika ada yang ingin di tanyakan terkait kerja sama pemasangan iklan/content placement, silahkan hubungi kami melalui email: mamangbengkelofficial@gmail.com

Tinggalkan komentar